High Performance Me

10 Hal Kenapa Blogging Itu Mengasyikkan

Written by Arry Rahmawan

Saya ingat sekali pertama kali memulai aktivitas blogging pada saat saya masih duduk di kelas XI SMA, tahun 2007. Pada waktu itu saya benar-benar belajar membuat sebuah blog dengan menggunakan blogspot. Jujur saja waktu itu teknologi blogging belum sehebat sekarang. Dulu saya masih dipaksa untuk belajar dengan menggunakan kode-kode HTML yang untungnya saya suka. Sampai akhirnya saya terus mencari-cari jatidiri saya dalam blogging yang akhirnya mengantarkan lahirnya Blog Kak Arry yang umurnya masih beberapa bulan ini.

Hari gini belum punya blog? Ya, mungkin buat beberapa orang blogging itu hanya untuk orang-orang yang punya bakat menulis, tapi ternyata yang namanya blog itu ibarat kita memiliki rumah di dunia maya. Punya blog tidak melulu harus mengdepankan bakat menulis, tetapi juga kreativitas. Kalau ada yang bertanya apa sih asyiknya nge-blog dan apa gunanya untuk diri kita, tentu jawabannya sangat banyak sekali! Jika kita memang komitmen untuk menjadi seorang blogger yang produktif, berikut ini adalah catatan saya tentang 10 hal kenapa blogging itu mengasyikkan. Tulisan ini merupakan kutipan dari naskah buku saya, Asyiknya MobileBlogging yang diterbitkan tahun 2008 secara terbatas.

1.       Merangsang Keterampilan Menulis

Tentunya dengan memiiki sebuah blog, potensi-potensi skill menulis dan kreativitas saya bisa berkembang. Mungkin awalnya hanya iseng-iseng menulis hal-hal yang kecil dan kurang penting. Namun lama-kelamaan kamu akan merasakan bahwa menulis itu asyik. Tulislah apapun di blog secara konsisten. Siapa tahu, awal takdir kamu menjadi seorang penulis besar berawal dari tulisan-tulisan ringan kamu di blog.

2.       Memperluas Jaringan

Ini juga penting lo! Blog yang kamu buat nanti itu kan akan dipublikasikan di internet. Nah, tentunya semua orang dari penjuru Indonesia (bahkan dunia) bisa mengkomentari apa yang kamu tulis. Kamu bisa menjalin relasi dan koneksi dengan sesame blogger yang biasanya suka blogwalking atau jalan-jalan dari satu blog ke blog yang lain. Uniknya, kamu bisa ikut gathering para blogger yang lebih kita kenal dengan event PestaBlogger! Ini adalah event tahunan yang rutin dilaksanakan sebagai ajang kenalan dan menjalin koneksi sesama blogger, menarik bukan?

3.       Menginspirasi Pembaca

Apakah kamu tahu bahwa blog yang baik adalah yang bisa menginspirasi dan mempengaruhi pembacanya? Nah, dengan media blog, kamu juga bisa melakukan hal itu. Tulislah hal yang menarik dan menjadi inspirasi bagi pembaca blog kamu. Pasti senang kan rasanya mendapatkan komentar positif seperti, “Wah, artikelnya sungguh sangat inspiratif… Saya jadi terinspirasi untuk bisa menjadi lebih baik lagi!”

4.       Ajang Promosi Produk dan Mencari Uang!

Serius nih? Iya! Beneran! Blog bisa digunakan sebagai sarana yang efektif untuk memasarkan produk, dengan catatan blog tersebut banyak pengunjungnya agar promosi yang ditampilkan bisa lebih efisien. Blog juga bisa digunakan sebagai ajang mencari uang. Mulai dari media memasang iklan online, sampai dijadikan e-store alias toko elektronik! Seringkali sebuah blog yang sudah sangat popular mendapatkan penawaran dari pemasang iklan untuk menempatkan iklan di blognya dengan bayaran yang WOW!!

5.       Media Berbagi Pengalaman

Punya pengalaman yang unik? Curahkan dan bagi pengalamanmu itu ke semua orang! Pengalaman menarik tentunya untuk diceritakan dong agar manfaatnya lebih terasa. Ceritakan pengalamanmu mulai dari naik gunung, menemukan resep masakan baru, jalan-jalan keliling dunia yang membuat orang lain yang membaca ngiler, hehe… Siapa tahu ada penerbit yang melirik dan menawarkan untuk menerbitkan blogmu menjadi sebuah buku.

6.       Blog sebagai Sarana Aktualisasi Diri

Blog juga bisa  digunakan sebagai sarana aktualisasi diri loh! Dengan blog kita bisa menceritakan siapa sebenaranya diri kita. Kita bisa menempatkan CV kita dan mempromosikan diri kita di blog tersebut bahwa kita adalah orang yang memiliki kompetensi di bidang tertentu. Siapa tahu nanti ada orang yang menawari kita pekerjaan, dan kita tidak perlu mencari pekerjaan lagi. Akan lebih menarik lagi bila blog tersebut memiliki karya tulisan-tulisan yang menunjukkan bahwa kita memang orang “kompeten” di suatu bidang. Dengan blog pula kita bisa menjadi orang yang popular baik di dunia maya maupun dunia nyata (tentunya apabila kita memiliki “gebrakan-gebrakan” dalam blog kita).

7.       Menambah Wawasan

Blog itu tidak melulu diisi dengan hal bebas ‘suka-suka gue’, tetapi juga bisa diisi dengan hal-hal berat seperti hasil riset, hasil eksperimen dan penelitian, atau hasil memodifikasi sesuatu. Atau bisa juga kita menulis di blog kita sesuatu yang memang membutuhkan referensi seperti artikel ilmiah. Nah, tentunya dengan aktivitas blogging ini wawasan kamu semakin bertambah bukan. Atau ingin menulis artikel social politik yang sedang menjadi isu hangat? Tentunya hal ini juga akan membuka wawasanmu menjadi lebih luas sebagai seorang blogger.

8.       Menumbuhkan Kebiasaan dan Keteraturan Menulis

Nah, ini manfaat blog yang sangat bagus menurut saya. Dengan melakukan aktivitas blogging secara rutin, maka kita akan dibiasakan menulis secara teratur. Maka dari itu, blogger sejati akan merasa amat sangat aneh apabila dalam jangka waktu tertentu tidak menghasilkan suatu tulisan sedikitpun. Dan hal ini bisa dimulai dari aktivitas blogging yang santai. J

9.       Belajar Menghargai Karya Tulis Orang Lain

Manfaat blog yang lain salah satunya adalah menumbuhkan sifat untuk menghargai karya tulis orang lain. Menjadi seorang blogger ada etikanya loh. Dengan menjadi seorang penulis blog, ada etika tertentu yang harus kita patuhi, seperti dilarang “copas (copy-paste)”, atau seandainya ada penulis baik yang memperbolehkan, maka kita harus mencantumkan nama pengarang dan URL tulisannya. Apabila kita ketahuan menyalin utuh tulisan orang lain tanpa etika maka siap-siap saja dituduh menjadi “plagiator” dan akan mendapatkan sanksi moral yang cukup “ngena” juga karena nama kita bisa menjadi kotor di dunia maya. Umumnya masalah ini diatur dalam 3 licenses, Copyright, Creative Commons, dan CopyLeft.

10.   Menjadikan Diri Sendiri Orang yang Up-to-Date

Mungkin secara lebih spesifik, dengan adanya blog, kita bisa mensosialisasikan event-event penting dan informasi penting untuk kalangan tertentu. Bahkan blog juga bisa dijadikan ajang open recruitment untuk organisasi-organisasi tertentu. Tentunya hal ini juga berpengaruh bagi kita, karena dengan sering menulis blog, kita akan menjadi orang yang up-to-date terhadap segala macam situasi dan kondisi yang ada di sekitar kita.

Nah, jadi tunggu apalagi? Buat yang sudah memiliki blog, silakan terus, terus, dan teruslah menulis dan berkarya! Ambil manfaat maksimal dari sebuah blog! Buat yang belum punya blog, ayo segera daftar! Ingat ya, saya merekomendasikan untuk daftar di Blogspot (http://blogger.com) atau di WordPress (http://wordpress.com).

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen serta peneliti di Universitas Indonesia mengenai inovasi, kewirausahaan, dan strategi bisnis yang senang berbagi pengetahuan dan pengalaman yang dimilikinya. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!