Achievement

10 Tips untuk Hidup yang Bertumbuh di Tahun 2017

Written by Arry Rahmawan

Ingin Tahu Bagaimana Caranya Membuat Hidup Bertumbuh di Tahun 2017?

Pergantian tahun baru memang merupakan momen yang paling pas untuk melakukan evaluasi apakah hidup kita bertumbuh dibanding tahun sebelumnya. Hasil evaluasi itu pasti hanya ada dua ujungnya. Gembira karena banyak sekali goals terlaksana dan hidup yang bertumbuh. Di sisi lain, ada yang sedih karena tahun 2016 lalu hidupnya stagnan, bahkan terjadi banyak kemunduran dibanding tahun sebelumnya.

Mentor saya mengatakan, salah satu ciri dari orang yang bertumbuh adalah bertambah atau meningkatnya prestasi yang dihasilkan di tahun tersebut. Bisa diukur dari capaian spiritual (iman dan ibadah yang naik), capaian finansial (uang yang semakin banyak), capaian hubungan keluarga, hingga capaian pada profesi atau bidang yang kita jalani.

Capaian profesi adalah salah satu yang mudah untuk diukur, karena semakin tumbuhnya seseorang di profesi maka dia akan semakin menjadi ahli. Pengetahuan, keterampilan, dan pengalamannya bertambah. Karena kelasnya yang naik, maka naik pula jabatannya dan juga bayarannya.

Bahkan di sebuah kesempatan pelatihan yang saya ikuti, seorang coach bertanya,

“Jika kelak sudah tua anakmu mengetikkan namamu di Google, apakah yang akan keluar? Apakah informasi di Google akan menunjukkan keahlianmu atau sebaliknya?” Haha, pertanyaan yang ga kepikiran… ^^

Sekarang mungkin kondisinya terbalik. Orang menuntut di bayar mahal, padahal kapasitasnya tidak seberapa.

Suatu saat teman saya pernah berkata ketika ngeliat demo orang minta naik gaji, “Orang tuh harus bercermin ya, jangan minta naik gaji terus kalau keahliannya sendiri gak naik kelas.” #jleb

Mewujudkan hidup yang bertumbuh memang perlu semangat, keringat, dan sahabat. Namun, semua itu worth it. Seorang yang hidup bertumbuh lah yang akan kelak dibayar mahal oleh orang lain.

Nah, berikut ini adalah 10 TIPS UNTUK MEMBUAT HIDUP BERTUMBUH di tahun 2017. Semoga bisa membantu kamu untuk menjalani hidup yang lebih bertumbuh lagi.

10-tips-hidup-bertumbuh-di-tahun-2017

Namun, berapapun ide yang kita tahu akan percuma apabila kita tidak mengeksekusinya. Maka dari itu saya buat tips ini aplikatif. Apalagi TIPS NOMOR 10 bisa langsung dieksekusi, lho. Hehe..

Semoga bermanfaat untuk menjadikan hidup yang lebih bertumbuh dari sebelumnya.

Salam,
Arry Rahmawan
High Performance Coach
Direktur CerdasMulia Institute

Silakan temukan inspirasi lainnya dari saya melalui:

Free Online Course di YouTube : Channel Arry Rahmawan
Free Kultwit di : Twitter @ArryRahmawan
Free Inspirational Quotes : Instagram @ArryRahmawan
Free Inspirational Notes : Grup Facebook

Untuk mengundang saya memberikan seminar dan training untuk memaksimalkan potensi dan performa berkarya di tempat Anda, silakan hubungi CerdasMulia Institute di 085640879848 (Melinda). Anda juga bisa mengikuti pelatihan hidup lebih produktif secara online dari saya dalam program ProductiveME! Academy Online.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen serta peneliti di Universitas Indonesia mengenai inovasi, kewirausahaan, dan strategi bisnis yang senang berbagi pengetahuan dan pengalaman yang dimilikinya. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!