Artikel Utama Personal Skill

11 Tips Sukses Berbicara di Depan Umum

Sekarang kurang lebih 8 tahun saya menjadi praktisi sekaligus peneliti di bidang public speaking. Sepanjang perjalanan saya menjadi seorang trainer public speaking dan juga instruktur utama Young Trainer Academy, saya banyak sekali belajar bagaimana orang ahli atau expert mempersiapkan penampilan mereka agar bisa tampil maksimal saat berbicara di depan umum.

Dalam era kompetisi global saat ini, keterampilan public speaking atau berbicara di depan umum adalah keterampilan yang wajib dimiliki oleh siapapun. Entah itu eksekutif, dosen, pengusaha, entrepreneur, mahasiswa, pelajar, bahkan dokter sekalipun. Keterampilan public speaking yang baik akan membuat kita mampu menyampaikan gagasan yang ada di kepala kita secara terstruktur bahkan membekas di hati para audience.

Berikut ini akan saya beberkan 11 tips sukses bagaimana berbicara di depan umum, yang biasa saya sampaikan dalam pelatihan Young Trainer Academy, sebuah pelatihan yang khusus ditujukan untuk mencetak pemuda yang piawai dalam berbicara di depan publik. Semoga bermanfaat!

1. Luruskan Niat, adalah prinsip public speaker yang nomor satu. Pembicara publik terbaik dan terdahsyat, berbicara bukan karena uang atau mengejar materi semata. Mereka berbicara karena ingin berbagi pengetahuan dan membuat kehidupan orang lain lebih baik. Meluruskan niat seperti ini merupakan cara sederhana namun ampuh untuk mengatasi grogi yang dialami di depan panggung.

2. Kenali Audience, sebelum kita memulai untuk berbicara di depan umum maka kita perlu mengenali dulu siapa audience kita. Kita perlu tahu preferensi usia mereka, tingkat pendidikan, proporsi laki dan perempuan, hingga minat atau interest mereka. Mengetahui audience kita dengan baik membuat kita lebih siap karena kita bisa membuat materi yang sesuai dengan audience kita.

3. Audience adalah Bintang. pembicara publik terbaik selalu menganggap bahwa bukan merekalah bintang utamanya, tetapi adalah peserta (audience). Oleh karena itu, mereka mempersiapkan yang terbaik untuk bisa memberikan manfaat sebesar – besarnya kepada peserta yang datang untuk mendengarkan mereka berbicara.

4. Chit – chat dengan peserta. Jika kita merasa grogi sebelum naik panggung, maka ada tips praktis yang bisa digunakan, yaitu chit – chat dengan peserta sebelum kita naik panggung. Chit – chat ini berguna untuk membiasakan diri kita banyak berbicara dan menghangatkan pita suara agar kita bisa tampil maksimal ketika sudah berada di panggung.

5. Yakinlah bahwa Anda Pakar. Banyak orang yang gagal berbicara di depan publik dengan baik karena mereka tidak merasa percaya diri atas apa yang mereka sampaikan. Maka, jika memang Anda diminta menyampaikan suatu hal yang bukan bidang Anda, sebaiknya tolak secara halus. Namun, jika Anda memutuskan mengambilnya maka pastikan Anda mempelajari dengan seksama topik Anda hingga Anda bisa dipercaya menjadi seorang pakar.

6. Biasakan Rehearse sebelum tampil. Saya biasa melakukan rehearse atau latihan gladi resik sebelum tampil. Jadi di sebuah ruangan kosong, saya melakukan simulasi seolah – olah saya sedang berbicara di depan banyak orang. Bahkan saya melakukan simulasi berupa games, jokes, dan cara ini membuat saya lebih pede.

7. Terima Feedback. Pembicara yang berhasil adalah mereka yang memastikan diri mereka tampil lebih baik dibandingkan dengan yang kemarin. Caranya gimana? Minta feedback atau umpan balik dari penonton, atau teman kita saat dia melihat kita tampil di depan umum. Feedback tersebut akan sangat berguna untuk memperbaiki performa kita di masa yang akan datang.

8. Lakukan Visualisasi Keberhasilan. Pembicara yang tangguh membuat visualisasi (membayangkan) bahwa presentasi yang mereka sampaikan di depan umum berhasil dengan baik bahkan mendapatkan applause yang sangat meriah dari audience. Visualisasi ini memberikan kepercayaan diri saat kita tampil di depan umum.

9. Dapatkan 20 jam pertama Anda. Anda merasa bahwa diri Anda suka grogi jika harus tampil di depan umum? Ini saran saya : segera dapatkan 20 jam pertama Anda. Pikirkan bagaimana caranya Anda bisa presentasi di depan banyak orang dengan total akumulasi 20 jam (misalkan sebulan 10x presentasi dengan durasi masing – masing 2 jam). Banyak orang bertanya kepada saya, bagaimana cara agar kita bisa berani bicara di depan umum? Jawaban saya, “biasakan diri Anda tampil di depan orang banyak. Minimal 20 jam. Setelah itu Anda akan jadi orang yang berani karena terbiasa.”

10. Berinteraksilah dengan audience. Setiap orang lebih senang terlibat secara langsung, dibandingkan hanya sekedar mendengar pembicaraan yang bisa jadi membosankan. Maka, saat Anda berbicara di depan umum, pastikan Anda juga sesekali melempar pertanyaan ke audience, mengajak mereka bermain, ice breaking, dapat menjadi sarana efektif jika presentasi Anda terlampau panjang.

11. Senyum, Sapa, Sanjung (3S). Rumus 3S adalah rumus yang biasa saya gunakan ketika membuka presentasi atau pelatihan. Pastikan kita memberikan senyuman terindah kepada audience, lalu berikan sapaan yang memukau, baru setelah itu sanjung peserta kita. Hal ini akan membuat pembukaan yang kita lakukan lebih bermakna. Ingat, 3 menit pertama adalah segalanya dalam public speaking. So, impress your audience

Sebenarnya masih banyak sekali tips dan trik bagaimana agar kita bisa sukses tampil di depan umum. InsyaAllah di lain kesempatan akan saya posting kembali beragam tips dan trik yang biasa saya share melalui Young Trainer Academy. Namun, bagi Anda yang tertarik untuk belajar langsung, silakan daftarkan diri Anda di Young Trainer Academy dengan menghubungi +6285655478810 (Hadi) atau mengisi formulir pendaftaran di sini.

Ada pertanyaan? Silakan sampaikan pertanyaan Anda lewat kotak komentar di bawah. Akan senang hati saya jawab.

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja, @ArryRahmawan

UPDATE: #YoungTrainerAcademy8 kembali diadakan di Bogor pada tanggal 13-14 Juni 2015 di Wisma Nusa Bangsa. Daftarkan diri Anda dengan mengunjungi daftar.youngtraineracademy.com

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Rahasia yang harus diketahui untuk Menjadi Pribadi Produktif

Sebagai langkah awal untuk menjadi seorang yang produktif, tentu kita perlu untuk mempelajari apa saja prinsip - prinsip dasar yang biasa dilakukan oleh orang yang memiliki produktivitas di atas rata - rata. Ebook ini akan menjelaskan kepada kamu tentang bagaimana cara menjadi seorang yang produktif dengan cara sederhana dan menyenangkan. Cukup masukkan nama dan alamat email kamu di bawah ini untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! :)

100% Aman dan Bebas SPAM. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah seorang trainer profesional di bidang pengembangan soft-skill baik personal dan interpersonal. Arry merupakan direktur utama di CerdasMulia Institute, sebuah lembaga pengembangan soft- skill profesional dan juga menjadi master trainer di lembaga tersebut. Beberapa program pengembangan soft-skill yang banyak diminati antara lain adalah Young Trainer Academy, sebuah akademi untuk anak muda yang ingin meningkatkan keterampilan berbicara di depan publik.

Sebagai trainer profesional, Arry juga rajin menulis di blognya serta beberapa buku. Salah satu bukunya yang best-seller adalah Studentpreneur Guidebook. Buku terbarunya antara lain adalah buku Sekeping Cinta yang dikerjakan hasil kolaborasi dengan trainer - trainer alumni dari Young Trainer Academy.

Selain menjadi trainer, Arry juga mengajar di Universitas Indonesia serta pembina Unit Kegiatan Mahasiswa bidang kewirausahaan, CEDS UI. Untuk mengundang sebagai pembicara, silakan hubungi manajernya, Melinda di 085640879848 atau follow @ArryRahmawan.

38 Comments

  • wah…alhamdulilillah berguna bgt
    karena mungkin sya orang introvert
    saya suka bingung+ grogi klo ngomong di dpan orang byk…

    cara menimbulkan mindset posistif waktu di depan audiense ?

    • Alhamdulillah mas kalau bermanfaat tulisan ini..

      Cara menmbulkan mindset positif yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan teknik visualisasi bahwa presentasi Anda berhasil atau bisa juga memperbanyak berdoa untuk menenangkan hati.. :)
      Tidak ada yang lebih baik jika saat itu Allah menemani mas Agus..

  • salah satu cita-cita saya yaitu ingin bisa berdiri di tengah2 khalayak umum dengan mengumandangkan hal yang positif, tapi saat persentasi di kelaspun saya sangat grogi dan suarapun mendadak tdk ada, hmmmm, semoga saja suatu saat nanti saya bisa seperti mas arry,amiinn :D

    • Pasti bisa, insyaAllah. Saya yang saat ini merupakan akumulasi dari latihan berbicara di depan umum selama 5 tahun. Suatu keahlian tertentu perlu proses untuk bisa dikuasai, jadi yang paling penting sekarang banyak berlatih dan praktik berbicara di depan umum. :)

  • Sy pengen banget bisa bicara depan umum, apalagi saat diskusi dikelas pengen banget bisa mengeluarkan apresiasi, tapi kadang2 saya sangat malu dan itu berpengaruh sm perkataan yang ingin sy keluarkan jadi kadang pikiran dan jawaban kadang tidak sesuai :( :( rasanya sedih banget :( :( padahal sy ingin sekali pintar ngomong :(

  • Artikelnya sangat bermanfaat..
    Saya sudah mencoba untuk berlatih di depan cermin, namun masih sering grogi dan tidak tahu apa yang harus dikatakan saat berbicara di depan umum.
    Bagaimana solusinya dan bagaimana metode latihan yang terbaik? Terima kasih atas jawabannya…

    • Mas Ilham,

      Berbicara di depan umum merupakan keterampilan yang tidak cukup hanya berlatih berulang di depan cermin, tetapi yang paling penting adalah “membiasakan” diri untuk tampil di depan umum sendiri.
      Untuk tampil di depan umum memang kita memerlukan persiapan, tetapi best practice menguasai keterampilan berbicara di depan umum adalah membiasakan diri untuk berbicara di depan banyak audience.

      Ambillah kesempatan untuk memberikan sambutan, berpidato, presentasi, yang mengasah terus keterampilan public speaking Anda.

      Semoga bermanfaat.

  • kehabisan kata,itu yg saya simpulkan,karena saya kagum atas skill bapak,bagaimana ya biar saya bisa ngomong dan presentasi tapi tidak terputus2 atau blenk apalagi di saat sesi tanya jawab dari audiens,ini menakutkan,,dan walaupun materi sudah siap tapi mental ini sepertinya belum siap,bgmna solusinya pak.mohon di bantu,trmksh.dua bulan ke depan saya jadi presenter di kampus untuk karya ilmiah,,,,,,mohon bantuan pak.

    • Sama seperti saya. Saya sering kali blank di tengah jalan watku ngomong di depan banyak orang.
      Tapi bedanya dengan saya, saya pada saat sesi tanya jawab, justru grogi saya hilang karena ada feedback dari audiens.
      Tidak adanya feedback dari audiens itu yang membuat saya grogi. Hal lain yang membuat saya grogi adalah ketika saya melihat beberapa orang dari audiens membicarakan sesuatu tentang diri saya, entah apa yang mereka katakan tapi sepertinya mereka sedang mengomentari & menilai performa saya. Itulah yang membuat saya jadi grogi

    • Untuk bisa memperbaiki mental dalam berbicara di depan publik adalah dengan banyak berlatih. Semakin banyak kita berlati, akan semakin tangguh mental kita. Berlatih di sini bukan hanya pada saat off stage, namun juga on stage.

  • saya justru merasa aneh dengan diri saya sendiri. Jika saya berbicara dengan bahasa Inggris, saya berani ngomong tanpa grogi meskipun bahasa Inggris saya gak terlalu bagus. Tapi kalo ngomong pake bahasa Indonesia, saya jadi grogi & sering lupa apa yg mau disampaikan.

    • Hanya tinggal dibiasakan. Kamu bisa pake cara rehearse buat mengembangkan public speaking menggunakan bahasa Indonesia.

  • Om tolong dibantu dong menurutku masalah terbesarnya itu saya sulit menyampaikan pendapat saya .Kalo dikelas saya sering bingung kalo mau menyampaikan pendapat saat presentasi bingung mau ngomong apa terus pasti ngeblank kalo saya disuruh guru saya ngomong / menyampaikan pendapat dan tiba2 saya jadi kaya orang bisu kalo ditanya pertanyaan yg jawabanya butuh penjelasan padahal saya mengerti apa yg harus saya jawab tapi saya sulit menyampaikan jawaban saya

    Tolong donk om kasih tips2 dan latian2 biar bisa menyampaikan pendapat dengan baik dan benar tolong dibantu ya om

    • Pertama yang bisa saya bantu adalah kamu bisa berlatih di depan teman kamu dalam kelompok-kelompok kecil terlebih dahulu. Jadi, sebelum kamu presentasi kamu berlatih bersama teman tentang bagaimana cara menyampaikan pendapat. Mintaa feedbacknya tentang apa yang harus kamu lakukan. Semoga bermanfaat. :)

  • Sebenanarnya cukup banyak ide ide yang tersimpan di kepala saya namun untuk menyampaikqn nya di depan forum saya kurang pede
    namun setelqy membaca tips dari bpk saya akan berusaha mencobanya

  • saya sangat setuju pak, biasanya sesuatu yang mudah kita bahas adalah dari apa yag kita sukai dan kita kuasai. kalau kita tidak menjadi pembicara atau tidak ada keinginan untuk mengusai cara berbicara di depan umum atau komunnikasi nampaknya kita akanketinggalan zaman deh.. hehe

    terimakasih pak atas refeensinya, ini sangat membantu saya. ^_^ salam saya anwar sanusi

    • Apa yang perlu dilakukan hanyalah ‘membiasakan’ diri. InsyaAllah jika kita terbiasa, maka rasa takut itu akan hilang dengan sendirinya karena kita terbiasa. :)

  • Assalamualaikum Mas

    Saya mau nanya,bagaimana caranya memperkuat cara berbicara kita sehingga terdebgar mengesankan bagi orang yang mendengarnya dan apakah dengan memiliki kecakapan berbicara berhubungan dengan masa depan kita pd saat terjun kedunia kerja??

    Mohon tanggapannya

    • Waalaikumsalam mas Subhan,

      Cara yang saya anjurkan adalah dengan banyak praktik sambil mendapatkan feedback dari audience kita.

      Sudah jelas, memiliki kecakapan berbicara akan memberikan nilai tambah bagi kita dibandingkan dengan orang lain dalam karir apapun. Kecakapan berbicara seringkali mempengaruhi seseorang untuk dipilih sebagai pemimpin atau tidak, karena salah satu syarat kepemimpinan yang baik adalah kecakapan dalam berkomunikasi.

  • Alahmdulillah akhirnya sy bisa mendpatkan cara2nya semoga bisa saya laksanakan. . .Syukron Mas Arry atas ilmunya ini sangat bermanfaat sekali. . . soalnya saya termasuk orang yg pemalu suka grogi kalau berbicara dpan orang2 tp sebagai mahasiswa saya ingin sekali pandai berbicara dan menyampaikan gagasan2 tapi susah untuk menyampaikannya, kdang sya suka nyesel, sakit hati ketika pembeljran kuliah krn saya ingin skali memberikan gagasan tpi malu krn suka grogi ga percaya diri,,.trus suka di suruh jdi Mc juga di acara keagamaan tapi berbicra sya msih rendah pdhal sya sudah sering menjdi Mc,,, Semoga saya bisa seperti Mas Arry….:)

  • Ass. pak saya mau bertanya nih saya skrg mahasiswi disalah satu perguruan tinggi. masalah saya itu adalah ketika saya ingin bertanya dan menyampaikan pendapat di dalam kelas. saya merasa minder dan sangat2 ragu dengan apa yg ingin saya tanyakan ataupun yg ingin saya sampaikan kepada teman2 terutama kpd dosen2 saya. saya takut karena ketika saya berbicara itu saya merasa ada saja kata yg tiba2 hilang dlm otak saya jd kadang2 saya langsung gagap gitu. kemudian ketika saya ingin menyampaikan pendapat saya selalu merasa kekurangan pengetahuan lalu takut untuk menyampaikan pendapat itu karena saya merasa teman2 dan dosen saya akan kebingungan dgn bahasa saya karena saya berasal dari luar daerah jakarta. jadi kadang saya memilih untuk diam saja mencari aman padahal saya ingin sekali bertanya dan berpendapat dalam kelas. mohon solusinya dari bapak. terimakasih..

  • hallo selamat malam , saya mau minta saran dari bapa. saya kan baru masuk sebagai pengurus public speaking dikampus dan kami diminta untuk mempunyai satu proker dari masing2 pengurus. tapi saya bingung saya harus mengadakan apa untuk proker saya nanti. saya berharap bapa bisa membantu saya untk mendapatkan ide nya . terimakasih selamat malam

Leave a Reply