High Performance Me

29 Cara Efektif Mengatasi Writer’s Block

Written by Arry Rahmawan

Bagaimana Cara Efektif Saat Kita Mengalami Writer’s Block?

Sebagai seorang trainer sekaligus penulis, bukan hal yang aneh jika saya sering mengalami apa yang dinamakan Writer’s Block. Writer’s Block adalah sebuah kondisi di mana kita mengalami kebuntuan dalam menulis dan kita tidak tahu lagi apa yang harus kita tuliskan karena kita merasa bahwa ide di kepala sudah habis.

Pernah mengalami hal yang serupa?

Sejak saya memulai menulis blog pertama kali, hingga menerbitkan buku Studentpreneur Guidebook dan Sekeping Cinta, bahkan hingga saat ini, saya masih sering mengalami Writer’s Block. Apalagi saat saya menghitung bahwa di blog ini sudah terdapat sekitar 720 lebih artikel, seringkali sebelum melakukan update di blog ini, saya bertanya, “mau menulis tentang apa ya?”

Padahal, saya sudah berkomitmen setidaknya saya akan (atau harus) menulis 2 – 3 artikel secara rutin di blog ini setiap minggunya. Alhamdulillah, saya mengetahui beragam cara kreatif untuk bisa melawan writer’s block tersebut, sehingga selalu dapat memunculkan tulisan – tulisan yang fresh untuk Anda. Hal ini juga yang membuat blog sederhana saya ini tidak bosan – bosannya dikunjungi oleh pembaca, hehe..

Lalu, bagaimana cara mengatasi writer’s block tersebut?

Berikut ini saya kumpulkan 29 tips nya untuk Anda agar bisa mengatasi writer’s block dalam menulis. Semoga bermanfaat ya!

Catatan : Artikel ini terdiri atas 3 bagian. Untuk melanjutkan membaca bagian berikutinya, silakan klik tanda panah yang ada di bawah artikel ini.

29 Cara Efektif untuk Mengatasi Writer’s Block

Cara #1 : Mendaur Ulang Tulisan – Tulisan Lama

Pernah menulis sesuatu sebelumnya? Jadikan tulisan itu inspirasi untuk membuat tulisan berikutnya. Misalkan tulisan saya ini, adalah tulisan ‘daur ulang’ dari tulisan saya sebelumnya yang berjudul 5 Tips to Beat Writer’s Block yang saya tulis 3 tahun lalu. Bedanya, pada tulisan ini saya menambahkannya jadi 29 cara, hehe.. Simple kan?

Cara #2 : Membuat Tulisan tentang Akun Twitter Terbaik

Banyaknya akun Twitter di dunia maya kadang membuat pertanyaan bagi banyak orang : “mana ya yang bagus dan harus gue follow?” Pertanyaan itu adalah sebuah peluang untuk menulis sebuah artikel blog. Contohnya adalah tulisan saya tentang 20 Akun Twitter Recommended untuk Pelajar dan Mahasiswa. Anda bisa membuat tulisan tentang akun Twitter di bidang lain, misalnya pengembangan diri, beasiswa ke luar negeri, dan sebagainya.

Cara #3 : Membuat Kurasi tentang Tulisan Orang Lain

Tulisan ini sifatnya mengumpulkan berbagai macam artikel terbaik yang ditulis orang lain. Kalau cara sebelumnya yang direkomendasikan adalah akun Twitter, kalau cara ini yang direkomendasikan adalah link blog atau situs orang lain. Misalnya saya pernah melakukan kurasi dari website topmanagementdegrees.com yang dapat Anda lihat di sini. Contoh lainnya, bisa Anda lihat di sini.

Cara #4 : Mengambil Inspirasi dari COMMENT BOX

Comment box dan inbox email merupakan salah satu tempat favorit saya untuk menggali ide tulisan. Sebagai contoh, saya pernah mendapatkan komentar seperti berikut dari pembaca,

Bagaimana jika kita belum menemukan passion, masih mencari-cari?
sebenarnya saya suka semua hal, namun setelah semua saya jalani sepertinya ini bukan passion saya. Jadi semua hal yang saya pelajari hanya setengah-setengah tidak totalitas. Apakah saya harus memaksakan diri fokus di satu bidang yang itu adalah passion saya dan mengerjakanya secara totalitas.
Semacam orang yang multi tallent.

Dari tulisan tersebut, saya membuat beberapa tulisan, seperti:

Cara #5 : Mengundang Orang Lain untuk Menulis (Guest Blogging)

Jika kita bingung ingin menulis apa, bagaimana bila kita mengundang orang lain untuk berkontribusi di blog kita? Saya mengundang orang terdekat, yaitu istri saya untuk mengirimkan tulisan juga ke blog ini, hehe. Walaupun sebenarnya di punya blog sendiri. Saya juga mengundang beberapa trainer muda di CerdasMulia Institute untuk menulis di blog ini. Salah satunya yang populer adalah Cara Cepat Mengetahui Kepribadian Seseorang.

Cara #6 : Menulis tentang Infographic

Jika sedang stuck, saya mencoba mengakalinya dengan posting infographic yang menurut saya bisa bermanfaat untuk pembaca. Beberapa posting di mana saya menyertakan infographic di dalamnya adalah Tips Sukses Menghadapi Wawancara Kerja, dan Social Media dalam Menghancurkan Produktivitas Kita

Cara #7 : Menuliskan Posting Vlog atau Video Blog

Ini adalah cara yang baru saya lakukan selama 3 bulan terakhir. Jika memang kita stuck dalam menulis, kenapa kita tidak mencoba untuk membuat video? Berikut ini adalah beberapa contoh Vlog yang saya buat:

Cara #8 : Bertanya di Social Media atau Langsung dengan Audience

Dulu saya pernah posting di Facebook, kira – kira kata-katanya seperti ini,

Sahabat, adakah impian atau target yang saat ini sedang coba Anda kejar? Jika ada, apa target / impian tersebut?

Ternyata, dengan posting ‘iseng’ tersebut, saya mendapatkan jawaban “saya sedang galau, kak. Karena sebentar lagi mau presentasi proposal skripsi.”

Di situ kemudian saya menemukan sebuah momen. Aha! Saya harus menulis tips tentang cara sukses menghadapi presentasi proposal skripsi. Akhirnya, jadilah sebuah tulisan dengan judul “Cara Membawakan Presentasi Proposal Skripsi yang Baik.”

Cara #9 : Menuliskan Inspirasi dari Membaca Buku

Dulu mentor saya pernah berkata, ‘jika kamu ingin sukses menjadi penulis, maka kamu harus banyak banyak banyak membaca.’. Menurut saya, nasihat itu memang benar. Karena, ketika saya mengalami writer’s block, saya bisa menggunakan informasi yang pernah saya baca sebagai bahan tulisan. Misalnya tulisan saya yang berjudul, “Apa yang Sebenarnya Kita Inginkan”.

Cara #10 : Menuliskan Hasil Eksperimen terhadap Pembaca Atau Diri Sendiri

Saya pernah membuat sebuah program dengan nama 30 Days Writing Challenge untuk membuat diri saya kembali menjadi seorang penulis produktif di blog (disingkat #30DWC). Eksperimen yang tadinya saya coba terapkan untuk diri saya ini, malah ‘menular’ ke pembaca saya yang lain. Hal itu kemudian saya jadikan bahan tulisan untuk posting yang berjudul, “Dari Penikmat Menjadi Pencipta”

Cara #11 : Menuliskan Review Buku / Film / Produk

Salah satu cara favorit untuk bisa mengatasi writer’s block untuk menulis blog adalah menuliskan review terhadap buku atau film yang baru saja saya tonton. Tentunya, dalam menuliskan review ini saya menggunakan perspektif dan bahasa saya sendiri, agar lebih terlatih dalam menulis. Contohnya adalah posting saya yang berjudul “Belajar dari Film 3 Idiots”, yang saya tulis kurang lebih 4 tahun lalu.

Catatan : Untuk melanjutkan membaca bagian berikutinya, silakan klik tanda panah NEXT yang ada di bawah artikel ini.

 

GRATIS! Ayo Gabung di Komunitas Indonesia Berpijar!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen serta peneliti di Universitas Indonesia mengenai inovasi, kewirausahaan, dan strategi bisnis yang senang berbagi pengetahuan dan pengalaman yang dimilikinya. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

1 Comment

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!