High Performance Me

3 Cara Memperoleh Keterampilan Bisnis

Written by Arry Rahmawan

photo AdvertMenjadi seorang pengusaha yang berhasil merupakan dambaan setiap orang. Selain bisa memberikan manfaat banyak untuk masyarakat, memiliki banyak karyawan, memiliki penghasilan di atas rata – rata, seorang pengusaha yang berhasil juga umumnya memiliki kebebasan secara waktu dan finansial.

Menjadi seorang entrepreneur merupakan pilihan menarik bagi Anda, karena saat ini sangat mudah untuk memulai usaha tanpa harus memiliki modal uang yang cukup banyak. Modal bisa berupa pengetahuan, pengalaman, bahkan koneksi yang dimiliki. Saya pun membangun CerdasMulia dan Young Trainer Academy kalau boleh jujur benar – benar dimulai dari modal uang awal nyaris nol.

Lalu, bagaimana cara agar kita bisa belajar ilmu bisnis dengan cepat? Bagaimana agar kita bisa menguasai teknik – teknik paling berhasil dalam memulai sebuah bisnis?

3 Cara Memperoleh Keterampilan Bisnis

Saya dan teman – teman di TDA Kampus sering sekali mengadakan sebuah pertemuan rutin untuk menghadiri sebuah seminar – seminar tentang bisnis dan kewirausahaan. Saya juga sering sekali banyak membaca buku – buku bisnis untuk mengetahui bagaimana kiat – kita menjalankan bisnis yang unggul.

Namun saya menyadari bahwa untuk bisa menjadi seorang pebisnis yang berhasil tidak hanya diperlukan pengetahuan yang melimpah, tetapi juga skill bisnis yang mumpuni. Pertanyaannya, di manakah kita bisa mendapatkan skill bisnis tersebut?

Rich Feller, seorang konsultan karir memberikan hasil penelitiannya dalam sebuah buku Knowledge Nomads abd the Nervously Employed, mengatakan bahwa sekurangnya ada 3 cara yang bisa diperoleh untuk memperoleh skill dalam bisnis,

10% Skill Bisnis diperoleh dengan cara membaca 20% Skill Bisnis diperoleh dengan belajar dari pengalaman orang lain 70% Skill Bisnis diperoleh dengan cara menghadapi berbagai macam tantangan secara nyata

Saya mempraktikkan ini dan ternyata memang ada benarnya. Sebagai contoh, saya memiliki beberapa buku bisnis yang mengajarkan saya tentang bagaimana caranya ‘menjual’ produk atau jasa yang kita miliki dalam 2 hari atau kurang. Dari situ saya memiliki banyak sekali pengetahuan baru tentang bagaimana menjual sesuatu, namun pengetahuan itu belum tentu bisa membuat saya terampil.

Saya pun memiliki beberapa teman yang sangat jago dalam menjual, dan dari dia saya belajar banyak hal tentang bagaimana cara memasarkan dan menjual barang. Pengalamannya sungguh sangat berharga buat saya, dan saya memiliki keyakinan dan kepercayaan diri yang lebih tinggi dibandingkan sebelumnya untuk bisa menjual. Tetapi apakah saya sudah terampil? Belum tentu, karena saya belum mencobanya di lapangan.

Akhirnya dari hasil pembelajaran lewat buku dan juga pengalaman orang lain, saya menantang diri saya untuk bisa menjual tiket pelatihan Young Trainer Academy Batch 2 sebanyak 70 buah dalam waktu 1 pekan. Dari tantangan ini, saya benar – benar jauh lebih merasa belajar tentang keterampilan bisnis dan menjual. Saya benar – benar berpikir keras, menggabungkan semua pengetahuan yang saya punya baik dari buku dan pengalaman orang lain tersebut, sehingga saya bisa mencapai tantangan itu. Pada kenyataannya di lapangan, saya harus membuat banyak improvisasi (yang tidak saya dapatkan di buku ataupun seminar pengalaman orang), agar target tersebut bisa tercapai. Inilah yang mungkin dimaksud oleh Rich Fellar, bahwa kita akan jauh lebih menguasai suatu keterampilan tertentu apabila bentuknya adalah tantangan, tidak hanya belajar dari buku ataupun pengalaman orang lain.

Jadi kesimpulannya, apabila selama ini Anda ingin menjadi seorang pebisnis yang tangguh, namun masih berkutat belajar hanya dari buku, teori, seminar, dan pengalaman orang lain, maka maksimal Anda akan menguasai keterampilan bisnis sebesar 30%. Di manakah Anda bisa mendapatkan 70% keterampilan sisanya? 70% keterampilan sisanya bisa Anda dapatkan dengan menghadapi tantangan – tantangan bisnis secara nyata di lapangan.

Bagaimana menurut Anda? Ingin berkomunikasi dengan saya?

Arry Rahmawan, ST, MT
Peneliti dan Praktisi Entrepreneurship
Twitter: @ArryRahmawan | Email: contact@arryrahmawan.net | IG: arryrahmawan | PIN: 25A97FAF
Mengundang sebagai pembicara: Hubungi Hotline CerdasMulia Training Center (0878-8935-5022)

—————-

Jika menurut Anda tulisan ini bermanfaat, maka SAYA JAMIN Anda akan mendapatkan manfaat lebih lewat Twitter dan BBM saya . Silakan Follow @ArryRahmawan atau Invite PIN BB saya di 25A97FAF.

—————-

Puluhan ribu orang telah saya latih untuk mendapatkan hidup dan pertumbuhan bisnis yang lebih baik. Kontak  CerdasMulia Training and Coaching (085717529985) sekarang juga untuk mengundang saya memberikan pelatihan di tempat Anda.

** Anda bisa mendapatkan buku Best Seller saya, STUDENTPRENEUR GUIDEBOOK dengan harga Jauh lebih Murah dan Jauh lebih Mudah. Caranya beli langsung di Google Play, atau di Toko Buku Online. Anda juga bisa mendapatkannya langsung di Toko Buku Besar terdekat di kota Anda.

—————-

Tidak ingin ketinggalan tulisan menarik d blog ini? Masukkan alamat Email Anda sekarang, GRATIS!
[yks-mailchimp-list id=”39312964e3″ submit_text=”Berlangganan”]

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Bidang keilmuan peminatannya adalah kewirausahaan, inovasi, dan strategi bisnis. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!