Life Skills

3 Kunci Membawakan Public Speaking yang Efektif

Bagaimana Caranya untuk Membawakan Public Speaking yang Efektif?

Hari Selasa lalu, saya membawakan sebuah online course di Klub Pengembangan Diri Indonesia mengenai public speaking. Topik tersebut dipilih setelah saya bertanya kepada member, apa masalah atau hal – hal yang belum mereka pahami. Jawabannya beragam, namun mayoritas member mengusulkan agar dibuat sebuah materi mengenai bagaimana public speaking yang efektif.

Ketika membicarakan public speaking efektif, maka kita tidak lagi membicarakan bagaimana agar kita tidak gugup ketika berbicara. Namun, public speaking efektif adalah bagaimana caranya agar audience yang mendengarkan kita mendapat inspirasi atau momen ‘AHA!’. Kalau bahasa Inggrisnya mungkin ini : ‘I get IT!’

So, jika Anda sudah merasa bisa dan mampu untuk berbicara di depan publik tanpa rasa gugup maka tugas belajar Anda belum selesai. Apa yang perlu Anda pastikan selanjutnya adalah apakah audience menangkap pesan yang Anda sampaikan atau tidak. Ini yang seringkali dilupakan orang. Mereka menganggap bahwa mampu berbicara di depan umum saja sudah cukup. Padahal, jika audience yang hadir tidak mendapatkan pesannya, maka bisa dikatakan public speaking yang kita lakukan menjadi sia – sia.

Lalu, bagaimana sih caranya agar kita bisa berbicara di depan umum dengan efektif?

Untuk menjawab itu, saya sudah menyiapkan sebuah online course mengenai 3 kunci untuk membawakan public speaking yang lebih efektif. 3 kunci tersebut saya simpulkan dari pengalaman saya selama 7 tahun menjadi seorang pembicara publik, 2 tahun menjadi dosen, serta rangkuman berbagai macam seminar yang saya ikuti serta buku yang saya baca.

Anda dapat menyaksikan online course tersebut langsung di blog bagian atas tulisan ini.

Jika Anda ingin belajar lebih banyak lagi tentang public speaking, saya juga telah menulis beberapa artikel yang mudah – mudahan bermanfaat untuk Anda,

Public Speaking adalah tentang Praktik

Bertahun – tahun saya mempelajari public speaking, sebenarnya teori – teori yang ada ya itu – itu saja. Tinggal bagaimana kita mengasah teori kita tersebut dengan praktik nyata yang langsung di lapangan. Semakin banyak praktik, semakin besar pula kesempatan Anda untuk memperbaiki cara berbicara Anda. Oh ya, minta juga umpan balik (feedback) dari audience atau expert di bidang public speaking agar keterampilan berbicara Anda semakin terasah.

Semoga bermanfaat untuk membuat hidup Anda bermakna, bertumbuh, dan berdampak. Jik video tersebut bermanfaat untuk Anda, silakan Anda share di social media Anda agar orang lain juga merasakan manfaatnya.

Salam,
Arry Rahmawan

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Bidang keilmuan peminatannya adalah kewirausahaan, inovasi, dan strategi bisnis.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0856 4087 9848 (Melinda) atau email ke arryrahmawan@ui.ac.id.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!