Friday , 24 October 2014
Home » Menjalankan Bisnis » 4 Cara Membangun Excellent Team Building

4 Cara Membangun Excellent Team Building

Masih liputan pembelajaran dari Jepang (semoga pembaca tidak bosan ya, hehe..). Kali ini saya akan membahas tentang Team 1 di Student Exchange Forum ini. Seperti yang diketahui, dalam satu tim kita dicampur yang terdiri dari 12 orang dari 4 negara (jadi masing-masing 3). Jadi yang namanya tim di sini bukan tim per negara, namun setiap tim ada perwakilan negara masing-masing.

Menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bisa menjadi satu tim dengan mahasiswa/i cerdas dari Thailand, Vietnam, dan Jepang. Tantangan terbesar yang dihadapi adalah kami harus menyatukan pendapat untuk kemudian merumuskan suatu kebijakan terkait pemecahan masalah lingkungan yang nantinya dipresentasikan. Bandingkan, 4 negara berkumpul jadi satu dengan bahasa Inggris khas logat lokal masing-masing, disertai beragam latar belakang, dan pengalaman di bidang lingkungan. Luar biasa. Team 1 diakui menjadi tim paling solid (strongest friendship team) selama mengikuti forum ini. Berikut saya share 4 cara membangun excellent team building yang dilakukan team 1.

VISION

Semua anggota team 1 memiliki visi yang sama dalam mengikuti forum ini. Visi ini kami rumuskan bersama dan visi kami sederhana: berkontribusi di bidang lingkungan saat kami sudah di negara kami masing-masing, tetap menjalin persahabatan antar 4 negara, dan menjuarai study case competition yang diberikan (berupa presentasi). Memiliki visi yang sama inilah menurut saya sangat penting dimiliki oleh sebuah tim dan dipahami oleh anggotanya. Team 1 alhamdulillah komitmen terhadap visi ini dan akhirnya kami tetap solid sampai akhir.

MEMORIZE

Saat baru berkenalan, tim kami sudah masing-masing mengingat nama dan mempelajari latar belakang kami masing-masing (yang umumnya tersebar di internet). Sehingga pada saat kami bertemu, kami sudah akrab karena sudah bisa saling mengngat nama masing-masing anggota dan memiliki topik pembicaraan yang tidak pernah habis untuk dibahas. Hal ini sangat membantu merekatkan seluruh anggota tim dalam mencapai visi bersama. Kalau kata Dale Carnegie, ‘salah satu bentuk penghargaan terbesar yang bisa diberikan kepada orang lain adalah dengan memanggil namanya dengan benar.’

LISTEN

Ini adalah bagian yang saya suka. Setiap anggota dari team 1 adalah seorang pendengar yang baik. Seorang pendengar yang akan mendengar perkataan member yang lain hingga selesai. Tidak ada yang sok pintar di sini, namun semuanya mampu untuk memberikan gagasan dan juga mendengarkan dengan sangat baik. Mendengarkan pembicaraan orang lain menurut saya adalah sebuah skill yang sangat penting di era saat ini di mana setiap orang sudah merasa dirinya sangat pintar. Mendengar di sini bukan hanya sekedar mendengar (hear), tetapi juga menyimak (listen).

RESPECT

Mungkin kami belum mengenal lama satu sama lain, tetapi kami mampu untuk saling respect akan gagasan setiap member satu sama lain. Sebagai contoh, saat saya dan Thao dari Vietnam mengusulkan untuk membuat sebuah acara Team Building berupa party kecil pada malam sebelum diskusi tentang study case, dan semuanya pun respect dengan ikut bermain Truth Game bersama. Begitu juga saat Phat (Vietnam) dan Rista yang mengusulkan bentuk presentasi dengan drama musikal yang heboh, semua member menerimanya dan akhirnya kita menjadi juara ketiga (3rd honorable mention in presentation).

3rd Honorable Mention in Presentation

Actually, I really missed you Guys! Berawal dari team building yang sederhana, kita berhasil melewati berbagai macam rintangan dan menyelesaikan berbagai macam kasus dengan baik sehingga kita mendapatkan juara ketiga! ^^

Apakah Anda pernah punya pengalaman tentang bagaimana membentuk tim (team building)? Ayo segera di share ya pada kotak komentar di bawah.. :)

Ingin berkomunikasi lebih lanjut dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

 

About Arry Rahmawan

Arry Rahmawan merupakan pelatih dan pembicara publik di bidang pengembangan potensi, kewirausahaan, dan life skills. Menamatkan pendidikan formal S1 Teknik Industri Universitas Indonesia dengan kekhususan rekayasa sistem, pemasaran industri, dan service excellence. Saat ini mengenyam pendidikan S2 di Jurusan yang sama dengan kekhususan dinamika bisnis dalam organisasi. 6 buah buku telah ditulisnya, dan buku terakhirnya berjudul Studentpreneur Guidebook (GagasMedia) merupakan buku best-seller nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Konsultasi Gratis
Pesan kamu sudah dikirim! Terima kasih :)



8 + 7 =