High Performance Me

5 Cara Meningkatkan Kebugaran Fisik (Writing Challenge #7)

Tips Menjaga Kebugaran Fisik
Written by Arry Rahmawan

Halo sahabat pembaca ArryRahmawan.Net, apa kabar? Ke mana weekend Anda hari ini? Kalau saya baru saja mendarat di Bogor, setelah 3 hari menghabiskan waktu yang sangat menyenangkan di Jogjakarta. Alhamdulillah, pekerjaan sebagai seorang trainer itu memang sangat menyenagkan. Selain tugasnya mulia, yaitu berbagi ilmu kepada banyak orang, saya juga berkesempatan untuk jalan – jalan ke berbagai tempat sangat asyik di Jogja. Hehe…

Tetapi, bukan cerita itu yang ingin saya bagi ke teman – teman. Hari ini saya mau sharing tentang bagaimana cara agar bisa meningkatkan kebugaran fisik kita. Loh, kok kebugaran fisik? Iya. Jadi, saya baru sadar sebenarnya bahwa jadwal keseharian saya sebenarnya cukup padat. Mulai dari aktivitas mengajar, menulis buku, melakukan kunjungan, memberikan training, hingga harus keluar kota. Wah, pokoknya aktivitasnya seabrek! Bahkan, weekend pun punya aktivitas. Salah satu contohnya adalah menulis blog ini, hehe… Saya ingin menulis tentang kebugaran fisik, karena kebugaran fisik ini adalah hal yang umumnya seringkali kita lewatkan. Bahkan, jarang juga trainer yang memperhatikan kebugaran fisik dirinya dan hanya fokus dalam menjaga pikirannya (mind).

Saya sering ngobrol dengan teman – teman sesama trainer. Tahu ga kalau sesama trainer ketemu itu ngomongin apa? Hehe.. ngomonginnya itu tentang aktivitas kita masing – masing. Kadang, ada teman – teman trainer yang sharing tentang ilmu barunya. Jangan dikiran profesi trainer itu selalu enak. Profesi trainer itu kerjaannya ga jauh – jauh dari belajar, berlatih, menerapkan, dan menyampaikan. Saya pun begitu. Semakin lama saya menjadi trainer, semakin sadar bahwa sebenarnya saya masih belum mengetahui apa – apa. Termasuk menjaga kebugaran fisik ini.

Jadi gini, saat bertemu dengan para trainer kelas top, saya selalu tercengang mengapa ya kok mereka bisa memiliki stamina fisik yang luar biasa. Ada lho trainer yang dalam sehari bisa memberikan pelatihan di 3 kota yang berbeda sekaligus. Udah gitu, dia masih bisa produktif menulis. Selain itu, dia juga punya sekolah trainer, dan masih sempat tampil di beberapa stasiun televisi. Hebatnya, kalau ketemu dengan trainer yang seperti ini mereka seperti tidak pernah terlihat lelah. Pembawaannya selalu segar dan bugar. Wajahnya pun cerah. Beda dengan para trainer kroco (baca : pemula), yang bahkan seringkali baru membawakan materi selama 2 jam saja sudah terlihat sangat lelah dan antusiasme nya menghilang. Benar – benar beda level.

Trainer pemula seringkali tertipu bahwa kita bisa membuat fisik kita bugar dengan cara menanamkan pikiran yang positif. Walaupun secara fakta hal tersebut memang kadang berhasil, tetapi tidak selalu. Hal ini dikarenakan pikiran (mind) dan fisik atau tubuh (body) adalah sesuatu yang berbeda. Dan memang ternyata benar : para trainer top ini selain memiliki pikiran yang positif, mereka pun membuat beberapa program terpisah untuk memastikan kebugaran fisik mereka terjaga. Sayangnya, cara menjaga kebugaran fisik ini biasanya dirahasiakan. Hari ini, saya akan membongkar rahasia itu. Hehehe… Ga semua sih, hanya sebagian kecil saja.

Apa yang saya bongkar hari ini adalah 5 kebiasaan hidup sehat trainer untuk menjaga kebugaran fisik mereka. Apabila 5 kebiasaan hidup ini diterapkan, maka kita akan memiliki energi dan stamina yang jauh lebih besar dibandingkan dengan sebelumnya. Apa sajakah kebiasaan ini? Yuk kita cari tahu bersama!

1 – 2 Breaks Per Hour

Orang – orang yang memiliki fisik bugar, memberikan waktu istirahat untuk diri mereka sebanyak 1 – 2 kali per jam. Maksudnya adalah, misalkan seorang trainer sedang menulis naskah buku. Maka, mereka akan membatasi diri mereka mengerjakan script selama 45 – 50 menit. Setelah itu mereka break selama 5 – 10 menit untuk stretching, melakukan walking atau jalan – jalan ringan, atau sekedar minum air putih. Hal ini untuk menjaga fokus dan stamina lebih tinggi.

Inilah yang membuat saya seringkali merasa lelah saat mengerjakan naskah buku selama 3 jam berturut – turut. Badan saya merasa pegal, lelah, dan seringkali menjadi capek. Tetapi saat mencoba cara break ini, saya malah bisa kuat mengerjakan script bahkan hingga 5 – 7 jam dalam sehari, Mantap, kan?

2 – 3 Exercise Per Week

Hal yang dimaksud Exercise di sini adalah olahraga dengan durasi yang lebih panjang. Bisa 1 – 2 jam per pekannya. Hal yang saya lakukan adalah biasanya bermain badminton setiap hari Sabtu, lalu di beberapa hari tertentu saya jalan kaki selama 30 – 45 menit. Menurut saya, olahraga yang paling murah dan kerasa paling manfaat adalah jalan kaki atau berlari. 

Dengan melakukan 2 – 3 exercise ini, saya bisa merasakan tubuh saya menjadi lebih segar dan tidak mudah mengantuk. Saya juga tidak tahu kenapa ya, hehe.. Sebelumnya tu rasanya mudah sekali mengantuk, namun setelah exercise ini saya jadikan gaya hidup, stamina saya serasa bertambah dan jadi bisa mengerjakan lebih banyak hal.

3 – 5 Meals Per Day

Secara rutin, makanlah minimal 3 – 5 kali sehari. Beuh, ga salah tuh 5 kali? Nggak. Beneran. Dianjurkan bagi kita yang ingin mendapatkan stamina lebih, makan 5 kali sehari, namun dengan porsi yang lebih sedikit dibandingkan yang biasanya kita makan. Saya pernah mengalaminya bahwa saya di satu waktu pernah makan sangat banyak, namun cuma 2 – 3 kali. Hal yang terjadi adalah saya merasa malas dan mengantuk.

Sehingga, saya membiasakan diri makan 3 – 5 kali minimal, dengan porsi yang diperkecil. Sehingga, begitu makannya masuk, langsung dibakar sebagai energi dan tidak menyebabkan penumpukan. Saya biasa makan pukul 07.00, 10.00, 12.00, 16.00, dan 19.00. Beberapa di antaranya bisa juga diganti dengan makan snack (tidak selalu makan besar).

5 – 6 Litres of Water per Day

Sewaktu saya mengkuti pelatihan peningkatan kapasitas fisik, kebiasaan ini adalah hal yang paling sulit saya ubah namun manfaatnya paling terasa dalam diri saya. Bayangkan, tadinya setiap hari saya minum air paling banyak adalah 2 liter. Sisanya biasanya saya minum teh manis atau kopi. Namun, saat saya tahu bahwa rahasia dari para trainer top adalah menjaga asupan air dalam tubuh mereka, kebiasaan itu saya ganti. Saya jadi tergila – gila dengan air putih, hehehe…

Ini serius. Coba deh dari mulai Anda membaca tulisan ini, selama seminggu ke depan Anda hanya minum air putih. Kalau perlu setiap hari itu hingga 5 – 6 liter, maka Anda akan merasakan perbedaannya. Anda akan sedikit merasakan ngantuk dan fokus Anda akan terjaga. Tidak ada lagi kopi atau minuman kemasan berpengawet. Kalau teh, bolehlah sekali – sekali, hehehehe…

6 – 7 Hours of Sleep

Saya adalah orang yang sangat terobsesi dengan apa yang namanya produktivitas, hingga dulu saya sering mengorbankan waktu tidur saya untuk mengerjakan banyak hal. Namun, yang terjadi bukannya saya bisa menyelesaikan hal makin banyak, tetapi saya malah sakit – sakitan. Bukan itu saja, sewaktu saya menerapkan sedikit waktu tidur, saya malah sering merasakan tidak konsentrasi.

Sekarang, kebiasaan itu saya ganti. Saya mulai menerapkan kebiasaan cukup tidur. Tidur pukul 22.00 – 04.00 pagi adalah waktu tidur ideal untuk saya. Ternyata memang beda. Sewaktu kita cukup tidur, maka tubuh kita akan merasakan kebugaran yang lebih baik dan kita bisa menjaga konsentrasi dalam mengerjakan aktivitas sehari – hari.

Ternyata, inilah 5 kebiasaan bagaimana orang – orang yang memiliki kebugaran fisik (tapi non – atlit atau olahragawan) melatih tubuh mereka agar dapat terus – menerus memiliki stamina yang prima. Saya juga menerapkannya dalam diri saya. Hasilnya? Luar biasa. Contohnya dalam pekan ini saja saya harus berpergian ke luar kota, mengerjakan berbagai manuskrip buku, memberikan pelatihan, menulis blog, bersilaturahmi, menguji proposal penelitian skripsi, dan masih banyak lagi. Bagi yang tidak menjaga stamina tubuhnya, mungkin akan tepar. Alhamdulillah, saya baik – baik saja. Segar – bugar bahkan… ^^. Kebiasaan di atas menurut saya bukan hanya penting untuk trainer, tetapi juga penting untuk mahasiswa, para karyawan atau eksekutif muda, dan profesi lain yang memerlukan stamina fisik yang oke.

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda memiliki kebiasaan sehat lainnya? Yuk berbagi dengan saya melalui kotak komentar di bawah.

Semoga bermanfaat ya. :)

Salam,

Arry Rahmawan
High Performance Trainer ; Founder CerdasMulia Institute
Penulis Best Seller Studentpreneur Guidebook

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah seorang praktisi inovasi, kewirausahaan, dan bisnis yang senang berbagi pengetahuan serta pengalaman yang dimilikinya. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!