High Performance Me

5 Cara Menjadikan Ramadhan Tahun Ini Lebih Baik dari Sebelumnya

5 Cara Menjadikan Ramadhan lebih baik dari tahun sebelumnya
Written by Arry Rahmawan

Bagaimana Cara Menjadikan Ramadhan Tahun Ini Lebih Baik dari Sebelumnya?

Marhaban ya Ramadhan! Alhamdulillah, senang sekali saya bisa menyapa kembali sahabat semuanya di bulan yang mulia ini. Tanpa terasa juga, setahun telah berlalu hingga akhirnya kita semua bisa dipertemukan lagi dengan bulan Ramadhan. Bulan yang tentunya kita tunggu – tunggu karena mengandung banyak makna, pahala, dan momentum untuk perbaikan diri kita serta umat Islam seluruhnya.

Saya baru saja melihat dan mengecek arsip di blog ini di mana setahun yang lalu saya juga menuliskan tentang Tips Membuat Ramadhan Menjadi Lebih Produktif. Alasan saya menulis artikel tersebut, karena seringkali puasa Ramadhan dijadikan alasan untuk mengurangi produktivitas diri kita. Jam kerja dikurangi, karya nyata dikurangi, waktu belajar dikurangi semuanya dengan alasan karena badan lemas akibat berpuasa. Padahal, kalau meliat di zaman Rasulullah, seringkali melakukan peperangan di bulan Ramadhan. Bukan hanya menguras fisik, tetapi juga mental. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin membuat Ramadhan nya menjadi lebih produktif, silakan baca Tips Membuat Ramadhan Menjadi Lebih Produktif.

Lalu, tulisan kali ini akan membahas tentang apa?

Di hari pertama bulan Ramadhan lalu, saya ditanya oleh mentor saya. “Siapa di sini yang puas dengan capaian Ramadhan di tahun lalu?”

Ditanya seperti itu, tentu saja saya tidak mengacung. Intinya jelas : saya tidak puas dengan capaian di bulan Ramadhan lalu. Banyak amalan – amalan yang terlewat (padahal saya sudah menulis Tips Ramadhan Produktif ya, hehe..)

Saya yakin banyak diantara sahabat yang juga tidak puas dengan capaian Ramadhan lalu, dan ingin membuat amalan Ramadhan tahun ini jauh lebih dahsyat lagi dari sebelumnya. Begitu pula dengan saya, saya ingin Ramadhan tahun ini tentunya menjadi lebih baik lagi.

Saya mengutip dari Albert Einstein, yang mengatakan

Hanya orang gila yang melakukan aksi yang sama namun mengharapkan hasil yang berbeda.

Jadi akan lucu juga apabila kita ingin Ramadhan kita menjadi lebih baik di tahun ini, tetapi apa yang kita lakukan persis sama atau bahkan lebih buruk dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Maka dari itu, silakan Anda tuliskan 5 hal atau aksi berbeda untuk membuat Ramadhan Anda menjadi lebih baik tahun ini. Pastikan 5 hal ini adalah hal yang belum Anda lakukan di Ramadhan sebelumnya. 5 aksi ini, akan menjadi 5 hal pendorong perubahan untuk membuat Ramadhan Anda tahun ini menjadi lebih baik,

5 Hal Aksi Berbeda yang Akan Saya Lakukan Tahun Ini

#1 Memprogram Ulang Agenda Harian

Hal yang saya lakukan pertama kali adalah memprogram ulang pikiran saya bahwa setiap hari saya “harus” melakukan kegiatan sesuai dengan agenda harian yang telah saya tetapkan. Berikut ini adalah agenda harian saya selama bulan Ramadhan:

04.00 – 04.20 : Sahur bersama keluarga (baca : istri)
04.20 – 04.30 : Qiyamul Lail
04.30 – 05.00 : Shalat Subuh
05.00 – 06.00 : Membaca dan Tadabbur Quran
06.00 – 06.15 : Al Ma’tsurat
06.15 – 06.30 : Workout
06.30 – 07.00 : Mandi
07.00 – 08.00 : Posting Blog
08.00 – 17.00 : Bekerja dan Berkarya
18.00 – 20.30 : Buka Puasa dan Tarawih
20.30 – 22.30 : Membaca Buku atau Belajar
22.30 – 04.00 : Tidur

Dengan membuat agenda seperti ini dan memprogram pikiran untuk mengikutinya, terbukti hari – hari saya menjadi lebih efektif. Hal ini dikarenakan adanya kejelasan tentang apa yang harus dilakukan di hari tersebut. Hal ini dapat Anda terapkan juga untuk diri Anda. Silakan Anda program pikiran Anda untuk secara sadar mengikuti agenda harian yang telah Anda buat, insyaAllah hari – hari di Ramadhan Anda akan jauh lebih bernilai. InsyaAllah.

Rasulullah SAW bersabda :  “Manfaatkanlah yang lima sebelum datang lima perkara yang lain : Mudamu sebelum tuamu, sehatmu sebelum sakitmu, kayamu sebelum miskinmu, waktu senggangmu sebelum kesibukanmu dan hidupmu sebelum matimu.” (H.R. Baihaki dari Ibnu Abbas)

#2 Shalat Wajib 5 Waktu Berjamaah di Masjid

Ini adalah rencana perbaikan yang ingin saya lakukan, karena di Ramadhan yang lalu saya masih kurang memperhatikan waktu shalat tepat waktu (terutama dzuhur dan ashar). Di Ramadhan kali ini, saya mencoba untuk memperbaiki diri dengan mewajibkan shalat 5 waktu saya di masjid, atau setidaknya shalat tepat waktu.

Allah berfirman : “Sesungguhnya shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.” [Annisa’ (4):103]

#3 Menulis atau Posting Blog Setiap Hari

Seiring dengan tumbuhnya pelanggan dan pembaca blog ini, saya ingin menjadikan Ramadhan kali ini sebagai momen untuk mendisiplinkan diri dalam meng update blog saya tercinta ini. Saya pernah mencetuskan program 30 days writing challenge untuk diri saya sendiri beberapa waktu lalu, sekarang di bulan Ramadhan kali ini saya ingin mengaktifkannya kembali. Kalau di bulan Ramadhan, tidur saja dinilai ibadah, apalagi menulis blog yang bermanfaat? Hehe… insyaAllah, semoga menjadi amalan yang baik di bulan Ramadhan ini.

Rasulullah SAW bersabda, “apabila seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan,
atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631)

#4 Mengurangi Porsi Buka Puasa Bersama

Salah satu hasil evaluasi ketidakpuasan saya terhadap Ramadhan tahun lalu adalah banyaknya mendapat undangan untuk berbuka puasa bersama. Mulai dari undangan teman SMP, SMA, kuliah, dilanjutkan dengan buka bersama organisasi, pengurus komunitas, dan lain sebagainya. Terus kenapa? Bukannya malah bagus? Bukannya buka bersama juga ibadah?

Buat diri saya, tidak selalu. Karena seringkali saat mengikuti buka bersama tersebut saya kehilangan energi untuk tarawih dan bahkan ketika sampai rumah saya sudah merasa lelah.

Solusinya, di tahun ini saya mulai memilah milih untuk memenuhi undangan buka puasa bersama. Mengurangi bukan berarti menolak sama sekali, namun melihat prioritasnya. Sebagai contoh, prioritas utama adalah dari kekerabatan yang paling dekat. Misalnya buka bersama keluarga, buka bersama kantor, dan buka bersama sahabat karib. Selain itu, saya akan memilih buka bersama yang dekat dengan rumah atau dekat dengan masjid. Agar buka bersama tersebut tidak mengganggu aktivitas shalat tarawih di bulan Ramadhan.

#5 Belajar atau Membaca Buku 2 Jam per Hari

Di bulan Ramadhan ini, saya menambah perbaikan untuk membuat diri saya lebih komitmen dalam menambah ilmu pengetahuan. Saya berencana untuk belajar serta membaca buku dua jam per hari. Di agenda yang sudah saya tuliskan sebelumnya, saya mengagendakan membaca buku itu setelah shalat tarawih hingga sebelum tidur.

Alhamdulillah, demikianlah 5 program perbaikan yang coba saya lakukan tahun ini dan tidak saya lakukan di tahun sebelumnya. Anda boleh melakukan program yang sama dengan saya, untuk memperbaiki Ramadhan Anda. Atau, Anda juga boleh share melalui kotak komentar di bawah, apa saja 5 perbaikan yang ingin Anda lakukan agar Ramadhan tahun ini lebih baik dari tahun kemarin.

Jadi, apa 5 program perbaikan Ramadhan Anda untuk tahun ini?

Semoga bermanfaat untuk membuat hidup Anda lebih bahagia, berprestasi, dan berdampak nyata.

Salam,
Arry Rahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah seorang praktisi inovasi, kewirausahaan, dan bisnis yang senang berbagi pengetahuan serta pengalaman yang dimilikinya. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!