High Performance Me

5 Contoh Slide Presentasi Powerpoint Tugas Kuliah yang Kreatif dan Menarik (Writing Challenge #3)

5 Contoh Slide Presentasi yang Menarik dan Kreatif dalam Tugas Kuliah
Written by Arry Rahmawan

Mungkinkah Slide Presentasi PowerPoint Kuliah dibuat Kreatif dan Menarik?

Halo sahabat pembaca setia blog ArryRahmawan.Net, sampai juga akhirnya pada tulisan saya yang ketiga dalam rangka memenuhi Writing Challenge untuk menulis selama 30 hari selama berturut – turut. Jujur saja, pada hari ini nyariiiis saja saya tidak sempat menulis (saya baru memulai menulis ini pukul 22.23 WIB). Fyuh, menjelang satu setengah jam berganti hari, tantangan harus segera dituntaskan!

Hari ini saya ingin menulis tentang aktivitas sehari – hari sebagai dosen di Teknik Industri Universitas Indonesia. Saya adalah pengampu mata kuliah Permodelan Sistem, yang ditujukan untuk mahasiswa tingkat 3 (semester 5). Inti dari mata kuliah ini adalah bagaimana agar para mahasiswa mampu membuat imitasi sistem secara valid dan terverifikasi di komputer (intinya mampu merepresentasikan sistem sebenarnya) agar kita sebagai engineer dapat membuat eksperimen atau percobaan agar kinerja sistem tersebut meningkat dan lebih produktif (sounds easy, right?)

Walaupun secara konsep terlihat sederhana, namun secara praktiknya mata kuliah ini susah – susah gampang (banyakan susahnya, hehe). Hal ini dapat dilihat saat kita mencoba untuk memodelkan sistem, kita akan sangat sering berinteraksi dengan persamaan yang bersifat matematis, hitung – menghitung, dan angka – angka. Mayoritas orang tidak menyukai ini, karena mungkin kalau banyak angka tuh di benak kita langsung berkata ini pasti njelimet alias ruwet banget.

Apa yang Saya Berikan di Kelas Permodelan Sistem?

Di kelas ini, saya bertanggungjawab untuk memberikan wawasan atau modeling skill kepada para mahasiswa. Untuk membangun kemampuan ini, saya tidak hanya mengajarkan apa yang ada di buku, tapi menantang mereka langsung untuk terjun ke lapangan agar mengetahui bagaimana membuat sebuah model dari sistem sebenarnya.

Salah satu tugas yang saya berikan adalah para mahasiswa saya minta untuk membuat model sistem antrian yang ada di berbagai macam mall di Indonesia. Mahasiswa yang bersemangat ini pun saya bagi menjadi beberapa kelompok dan mereka diberikan tugas selama 2 minggu. Ada yang mengobservasi Margo City, ada yang meneliti di Kota Kasablanka, ada yang meneliti di Senayan City, dan masih banyak lagi. Tugas mereka sederhana : menganalisis sistem kemudian meningkatkan pelayanan yang ada (misalkan mengurangi waktu tunggu antrian dalam sistem tersebut)

Selain tugas membuat model yang menurut saya cukup untuk dijadikan ‘pemanasan’ mata kuliah permodelan sistem ini, mereka juga saya challenge untuk membuat sebuah slide powerpoint yang menarik dan kreatif. Mereka diminta untuk berpikir out of the box dari desain – desain yang ada pada kebanyakan presentasi ilmiah yang pada umumnya sangat membosankan.

Di Teknik Industri UI, khususnya di laboratorium SEMS berfokus tidak hanya mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam berpikir analitis dan kritis, tetapi juga dibangun kemampuan presentasinya. Salah satu caranya adalah dengan melatih mereka menyampaikan gagasan dengan slide – slide yang menarik. Saat ini engineer tidak lagi cukup apabila hanya bisa melakukan analisis dan kalkulasi, namun juga perlu diimbangi dengan kemampuan interpersonal yang baik.

Setelah melewati 2 pekan pengerjaan tugas, berikut ini saya pilihkan 5 contoh slide powerpoint tugas kuliah paling kreatif dan menarik dari tugas tersebut,

5 Contoh Slide Powerpoint Tugas Kuliah Paling Kreatif dan Menarik

Desain Terbaik Pertama

Desain Terbaik Kedua

Desain Terbaik Ketiga

Desain Terbaik Keempat

Desain Terbaik Kelima

Presentasi Ilmiah atau Tugas Kuliah Ternyata Juga Bisa Dibuat Menarik!

Sekarang bukan jamannya lagi kita menggunakan slide yang biasa dan boring untuk keperluan presentasi ilmiah kita. Sesuatu yang ilmiah itu perlu dibuat lebih menarik agar orang senang mempelajarinya, bukan? Jujur, saya sangat senang saat mengetahui bahwa mahasiswa saya bisa mengembangkan slide yang kreatif seperti itu. Saya banyak belajar dari mereka untuk bisa membuat slide ilmiah yang lebih menarik. Karena memang itulah tantangan slide ilmiah : banyak data, banyak tabel, grafik, dan angka atau persamaan yang aneh – aneh. Namun, dengan melihat slide di atas, sangat memungkinkan bahwa presentasi ilmiah bisa dibuat lebih menarik.

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda sepakat dengan saya? Mana menurut Anda desain slide di atas yang paling bagus? Yuk silakan share pendapat Anda pada kotak komentar di bawah ya.

Semoga bermanfaat, salam CerdasMulia!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah seorang yang memiliki passion dalam membangun sumber daya manusia Indonesia untuk menjadi pribadi yang cerdas (mengoptimalkan talenta) dan mulia (menghasilkan banyak karya nyata). Aktivitasnya saat ini adalah sebagai seorang dosen di Universitas Indonesia dan trainer di CerdasMulia Institute.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!