Keilmuan

STUDENTPRENEUR TIPS: 6 Keterampilan yang Wajib Dimiliki Entrepreneur

#STUDENTPRENEUR TIPS merupakan rubrik artikel berseri yang saya buat khusus untuk menambah wawasan para pembaca buku terbaru saya, STUDENTPRENEUR GUIDEBOOK.  Agar mendapatkan pemahaman yang menyeluruh, sebaiknya Anda membaca habis terlebih dahulu buku STUDENTPRENEUR GUIDEBOOKKlik Di Sini untuk pemesanan.

Menjadi seorang entrepreneur seringkali dipilih karena umumnya kita ingin menjadi sukses atau kaya di atas rata-rata orang kebanyakan. Namun, kita seringkali lupa bahwa menjadi seorang entrepreneur yang tangguh memerlukan keterampilan-keterampilan kunci agar kita menjadi seorang entrepreneur yang tahan banting dan terus dapat bertahan.

Apalagi bagi yang memilih menjadi seorang studentpreneur, di mana hampir sebagian besar memulai semuanya sendiri seorang diri. Agar lebih fokus dan mengalami percepatan bisnis, tentu seorang studentpreneur perlu tahu keterampilan apa yang harus dikuasai agar membuat seorang entrepreneur menjadi berhasil. Buku terbaru saya, STUDENTPRENEUR GUIDEBOOK, intinya membahas 6 hal ini dengan lebih lengkap dan detil.

Berikut adalah 6 keterampilan wajib yang harus dimiliki seorang entrepreneur.

Kreativitas dan Inovasi

Keterampilan ini sangat perlu dikuasai bagi seorang entreprneur karena kemampuan inilah nantinya yang akan menjadikan seorang entrepreneur berbeda dibandingkan yang lain. Persaingan yang ketat seringkali membuktikan bahwa mereka yang terlambat bahkan tidak memfokuskan diri pada investasi kreativitas dan inovasi cepat atau lambat akan hancur. Dalam istilah manajemen kualitas, dikenal dengan apa yang namanya continous improvement, di mana kita perlu melakukan perbaikan secara terus-menerus. Tidak perlu dalam lompatan besar, namun perbaikan nilai tambah yang kecil saja cukup asalkan konsisten.

Kepemimpinan dan Pengembangan Organisasi

Pada awalnya, seorang entrepreneur mungkin akan sendiri. Tetapi di sinilah yang kemudian membedakan mana entrepreneur dan self-employee atau freelance: menciptakan sistem organisasi yang membuat bisnis bisa berjalan secara otomatis. Organisasi perlu dikembangkan mulai dari visi misi, posisi apa saja yang perlu untuk diisi, bagaimana kriteria orang yang capable untuk itu, dan lain sebagainya. Maka, karena pengembangan organisasi itu penting, kamu perlu menguasai ilmu tentang kepemimpinan atau leadership, suka atau tidak suka, mau atau tidak mau.

Manajemen atau Pengembangan Manusia

Saya percaya sebuah prestasi bisnis akan setara dengan kualitas sumber daya manusia yang ada di dalamnya. Maka penting untuk mengetahui teknik-teknik rekrutmen, pengembangan SDM, serta evaluasi kinerja. The right man in the right place at the right time merupakan apa yang diharapkan dari keterampilan ini.

Marketing dan Sales

Pada awalnya saat mendirikan CerdasMulia sebagai vendor pelatihan untuk remaja dan mahasiswa, saya berfokus pada pengembangan produk dan tidak terlalu memikirkan masalah pemasaran dan penjualan. Menurut saya waktu itu, produk yang tepat dan berkualitas lah yang tentunya akan dicari-cari orang.

Namun saat itu juga saya salah karena ternyata banyak kompetitor di luar sana yang gencar berpromosi dan menjual, lebih laku walaupun produk mereka secara kualitas di bawah standar kami. Ini mengingatkan saya mengapa McD memenangkan perang burger melawan Burger King (menurut saya lebih enak) karena ternyata pendiri McD, Ray Crocs adalah seorang marketer dan sales yang handal. Orang lebih banyak tahu dan pernah memakan burger McD dibandingkan Burger King.

Maka, keterampilan marketing and sales menjadi menu wajib untuk terus dikembangkan bagi seorang entrepreneur karena inilah yang menjadi ujung tombak keberhasilan bisnis.

Mengelola Keuangan

Keterampilan ini merupakan keterampilan yang gampang-gampang susah untuk dilatih karena memerlukan kedisiplinan yang tinggi. Keterampilan mengelola keuangan dimulai dengan pencatatan keuangan yang rapi dan teliti, kemudian dianalisis untung ruginya, berapa alokasi yang akan digunakan untuk investasi kembali, dan berapa yang boleh dipakai untuk konsumsi.

Saya mendapatkan pencerahan saat ditegur mentor bisnis saya dulu, karena saya berkilah bahwa berbisnis bukan untuk mencari keuntungan namun karena melakukan hal yang kita suka. Sang mentor pun menjawab, “Kalau kamu hanya sekedar suka mengajar dan menulis, mengapa tidak bekerja menjadi trainer saja? Banyak pengusaha muda berkilah mereka hanya melakukan hobi menjadi pebisnis, sehingga mereka tidak sadar bahwa mereka bekerja keras untuk menjalankan bisnis yang selalu merugi.”

Sesuka apapun dan se idealis apapun kita terhadap bisnis, realitanya bisnis yang baik adalah yang mencetak keuntungan. Banyak proyeksi bisnis yang gagal mencapai target di atas kertas hanya karena keuangannya tidak bisa dikalkulasi, tidak diawasi, atau bahkan tidak ditagih pembayarannya. Maka, suka atau tidak suka, mau dan tidak mau, keterampilan mengelola keuangan menjadi sangat penting adanya.

Operasional dan Pengembangan Sistem

Keterampilan terakhir ini adalah keterampilan untuk membangun sebuah produk atau jasa dengan kualitas yang sesuai dengan apa yang dijanjikan, membuat standarisasi, kemudian melipatgandakan pelayanan yang diberikan dengan konsisten.

Contoh sederhana: bisnis kamu adalah bisnis ayam goreng enak di Jakarta dengan penjualan 500 ayam per bulan. Bagaimana membuat penjualan menjadi 1000 per bulan? Ya, betul dengan membuka cabang di kota lain adalah salah satu contoh sederhananya. Membuka cabang tentu saja membutuhkan keterampilan menguasai operasional yang detail dan pemahaman pengembangan sistem, bukan?

Oke! Sekian dulu #STUDENTPRENEUR TIPS nya, nanti akan kita lanjutkan lagi di tulisan selanjutnya.

Pembahasan 6 keterampilan wajib seperti di atas dibahas lengkap dalam buku saya, STUDENTPRENEUR GUIDEBOOK. Klik di sini untuk memesan, atau Anda dapat membeli langsung di toko buku terdekat di kota Anda.

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

*Anda ingin request tips dan trik bisnis untuk memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi? Silakan tinggalkan komentar Anda. Temukan artikel berkualitas seputar tips pengembangan bisnis, karier dan pencapaian hidup di ArryRahmawan.net setiap harinya.Klik di sini untuk mendapat kiriman artikel langsung ke email Anda. Gratis!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Bidang keilmuan peminatannya adalah kewirausahaan, inovasi, dan strategi bisnis. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!