Pengembangan Diri

9 Cara Bangkit dari Keterpurukan Cinta

Written by Herman Yudiono

Kata orang, putus cinta berjuta rasanya. Tidur tak bisa nyenyak, makan pun tak berselera. Mood pun merosot ke titik yang terendah. Tak ada satu pun aktivitas yang menarik dilakoni. Hanya ingin menangis dan melamuni masa lalu. Ketika sudah mengalami hal-hal seperti ini artinya Anda sudah berada dalam kondisi terpuruk karena cinta.

Tapi ingat, putus cinta dan patah hati tidak lantas membuat hidup Anda kiamat. Hidup masih harus terus berjalan dengan atau tanpa kehadiran dia. Dunia tidak selebar daun kelor kok.

Yang harus Anda lakukan adalah berusaha move on dan tidak membiarkan larut ke dalam masa lalu. Bagaimana caranya? Berikut 9 cara bangkit dari keterpurukan cinta yang bisa Anda terapkan.

1. Menyibukkan Diri dengan Hal Positif

Jangan biarkan kesedihan menguasai diri Anda terus menerus. Biarkan masa lalu menjadi masa lalu. Biarkan masa lalu hanya menjadi bagian dari cerita kehidupan Anda.

Carilah kesibukan yang positif. Karena kesibukan akan membantu Anda untuk mulai melupakan kenangan indah yang pernah dijalani bersama mantan.

Mengikuti kursus bisa menjadi salah satu alternatif dalam mendapat kesibukan baru. Bisa kursus bahasa asing atau kursus memasak.

Apa pun kesibukan yang dilakukan yang penting bisa membuat hati Anda senang dan bahagia setiap hari. Dengan kesibukan positif ini, selain bisa mulai melupakan mantan, Anda pun bisa mendapat manfaat bagi Anda sendiri.

2. Jauhi Semua yang Berkaitan dengan Mantan

Cara berikutnya untuk bangkit dari keterpurukan cinta adalah dengan memberi jarak dengan semua hal yang berkaitan dengan mantan. Jauhkan benda-benda seperti foto-foto atau semua pemberian yang Anda simpan selama ini.

Simpan semua benda itu ke dalam satu dus lalu tutup dengan rapat. Kemudian taruh di tempat yang tidak akan pernah Anda datangi lagi.

Selain itu, jangan pernah berusaha mengintip keseharian mantan melalui media sosial. Karena ini hanya akan membuat Anda semakin sulit melupakan dia. Bahkan ketika tahu dia sudah punya pasangan baru, hati Anda bakal lebih terluka lagi, bukan?

3. Curhat Kepada Sahabat

Anda pasti punya sahabat yang bisa menjadi tempat curahan hati. Sahabat yang selalu menjaga semua rahasia tentang diri Anda.

Bicarakan semua keluh kesah yang ada di hati Anda kepada dia. Tumpahkan semuanya jangan sampai ada yang  tersisa. Kalau harus menangis, menangislah. Jangan ditahan.

Dengan membicarakan apa yang menjadi ganjalan di hati Anda kepada sahabat, akan membantu meringankan beban yang menganjal. Ketika sudah lebih ringan Anda pun bisa mulai menjalani hidup baru yang lebih menyenangkan tanpa dibebani kenangan masa lalu.

4. Ikhlaskan Keadaan yang Sudah Terjadi

Jangan pernah berpikiran bahwa kebahagiaan Anda hanya bisa didapat ketika bersama sang mantan. Ada banyak hal dalam kehidupan yang juga bisa membuat Anda bahagia. Bahkan mungkin lebih membahagiakan daripada berada di samping mantan.

Karena itu, cobalah mengikhlaskan apa yang sudah terjadi. Menerima kenyataan hidup akan lebih meringankan daripada terus memikirkan hal yang sudah terjadi.

Jadikan perpisahan ini untuk menjadi motivasi Anda mendapatkan pencapaian hidup.  Seperti melanjutkan kuliah S2 atau mendapatkan kenaikan jabatan. Dengan demikian, Anda bisa lebih bangga dengan diri sendiri dan bangkit dari keterpurukan cinta.

5. Menyenangkan Diri Sendiri

Beri waktu untuk menyenangkan diri sendiri. Boleh jadi selama Anda berhubungan dengan mantan, waktu Anda lebih banyak dihabiskan berdua. Karena mungkin sang mantan sering tidak setuju ketika Anda ingin melakukan hal tersebut.

Kini saatnya untuk melakukan hal-hal yang sebelumnya sulit dilakukan. Mulai dari mengunjungi tempat makanan favorit yang selama ini terkendala selera mantan.

Boleh juga melakukan travelling ke tempat-tempat yang memang sangat ingin Anda kunjungi. Melakukan spa dan pijat juga akan membantu pikiran dan badan Anda lebih rileks sehingga bisa bangkit dari keterpurukan cinta.

6. Berolahraga

Salah satu aktivitas yang cukup ampuh dalam mengurangi rasa sedih akibat putus cinta adalah dengan berolahraga. Pasalnya, olahraga akan meningkatkan hormon serotonin. Hormon ini bisa memunculkan rasa bahagia dengan cepat sehingga sangat membantu Anda dalam mempercepat proses melupakan mantan.

Ada banyak pilihan olahraga ringan yang bisa dilakukan. Seperti joging, bersepeda, atau sekadar jalan kaki. Boleh juga melakukan olahraga berat yang membantu Anda meluapkan emosi seperti Muaythai.

7. Mulai Menulis

Jadikan kesedihan Anda sebagai motivasi untuk mulai menulis. Menulis merupakan salah satu terapi yang dilakukan untuk mengeluarkan semua keluh kesah dan kesedihan Anda. Jika memang belum terbiasa, Anda bisa mulai melakukannya dengan menulis di semacam diary atau jurnal.

Buat Anda yang sudah cukup terampil dalam menulis, kenapa tidak menjadikan kisah asmara Anda menjadi sebuah novel?

Tumpahkan semua yang ada dalam pikiran dan hati Anda agar bisa dijadikan sebuah cerita yang cukup panjang untuk dijadikan novel. Tentu saja dengan ditambah imajinasi Anda agar kisah dalam novel Anda lebih menarik dan bisa diterbitkan.

8. Temukan Teman Baru

Dengan berubahnya status Anda menjadi single alias jomblo, maka Anda sebenarnya punya banyak waktu dan kebebasan untuk melakukan apa pun yang ingin Anda lakukan.

Maka itu bersosialisasilah. Lakukan hang out bersama teman-teman atau keluarga. Temukan teman-teman baru saat Anda sedang berkumpul.

Bisa jadi Anda akan bertemu dengan teman baru yang punya minat dan hobi yang sama. Mungkin juga Anda akan menemukan satu komunitas baru yang mengasyikan.

Alhasil, Anda akan punya kesibukan baru yang menyenangkan dan membantu untuk bangkit dari keterpurukan cinta. Mantan boleh pergi dan menghilang, tapi teman-teman dan sahabat akan selalu ada untuk Anda.

9. Jatuh Cinta Lagi

Tidak ada larangan untuk jatuh cinta lagi setelah putus dengan mantan. Karena itu jangan terlalu lama menutup hati Anda. Dengan menutup hati Anda terlalu lama, artinya Anda membiarkan diri untuk terus terlarut dalam masa lalu. Mulailah move on dan buka hati Anda untuk kehadiran orang lain.

Tentu jangan terburu-buru juga. Lakukan dengan santai dan smooth. Jadikan pengalaman dengan mantan sebagai sebuah pelajaran hidup untuk mendapatkan sosok yang lebih baik.

Dan ingat, ketika sudah mendapatkan yang baru jangan pernah membanding-bandingkan dengan mantan. Lupakan masa lalu Anda dan jalani masa depan dengan kekasih baru.

Penutup

Sebuah kutipan bijak bisa menjadi penambah motivasi bagi Anda untuk bangkit dari keterpurukan cinta. “Pain makes you stronger, tears make you braver, and heartbreak makes you wiser. So thank the past for a better future.”

Berterimakasihlah kepada masa lalu dan patah hati yang Anda rasakan saat ini. Betapapun sakitnya yang dirasakan semuanya justru akan membuat Anda lebih kuat, lebih berani, dan lebih bijak dalam menghadapi masa depan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

GRATIS! Ayo Gabung di Komunitas Indonesia Berpijar!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Herman Yudiono

Herman Yudiono adalah mantan karyawan yang menjadi full time blogger sejak Oktober 2011. Selain menulis, blogger asal Sumedang yang tinggal di Makassar ini memiliki passion pengembangan diri. Ia berbagi tips, strategi, dan motivasi pengembangan diri di blognya TipsPengembanganDiri.com.

1 Comment

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!