Uncategorized

Apa Keunggulan Kita?

Jika tiba-tiba dilemparkan sebuah pertanyaan kepada kita, Apa yang pertama kali terlintas di kepala ketika kita mendengar nama Bill Gates? Oh, dia orang yang sangat ahli di bidang komputer sehingga menjadi orang yang sangat kaya. Apa yang kemudian kita ingat ketika mendengar nama Dahlan Iskan? Oh, beliau adalah sosok seorang pemimpin yang lain dari yang lain, sederhana, dan berpikir berbeda. Apa yang kemudian kita ingat ketika kita mendengar nama Tukul Arwana? Sudah pasti kita akan teringat lawakan-lawakannya yang lucu di acara Bukan Empat Mata. Kalau mendengar nama Agnes Monica? Sudah jelas, dia adalah penyanyi muda luar biasa Indonesia yang prestasinya sudah mendunia. Pernahkah bertanya kepada diri kita sendiri, jika orang lain mendengar nama kita, apa yang kira-kira pertama kali terlintas di pikiran mereka?

Atau coba mengetikkan nama kita di Google. Apa kira-kira yang kemudian muncul di entri pertama Google tersebut? Kalau saya, alhamdulillah yang muncul adalah tulisan-tulisan saya yang tersebar di dunia maya dan catatan aktivitas saya sebagai trainer dan motivator. Bagaimana dengan kamu? Apakah catatan pertama yang keluar? Apakah entri facebook atau twitter? Atau malah komentar dan tanggapan-tanggapan yang negatif.

Puaskah dengan diri kita yang saat ini? Saya saat ini lebih dikenal orang sebagai seorang penulis, trainer, motivator, blogger inspiratif, pengusaha muda, dan kadang-kadang, ustadz muda (hehe…). Saya tidak heran, karena memang saya sendiri memfokuskan untuk mengasah bidang-bidang tersebut karena saya memang menyukainya. Kalau saya boleh cerita, saya sudah banyak sekali membaca buku-buku dan memang melakukan latihan terstruktur sejak tahun 2007.

Kalau kata Malcolm Gladwell yang dituangkan dalam buku Outliers, dibutuhkan waktu latihan terstruktur seseorang sebanyak 10.000 jam di bidang itu agar dapat menjadi unggul, ahli, atau expert di bidang tersebut. Sama seperti tokoh-tokoh yang sudah saya sebutkan di atas, pasti banyak dari mereka yang sudah melewati atau setidaknya mendekati 10.000 jam itu untuk bisa menetapkan apa keunggulan mereka dan menjadi ciri khas unik yang melekat pada diri mereka.

Jadi, apa keunggulanmu? Apa yang kira-kira terlintas pada pikiran setiap orang jika mendengar nama kita?

Semoga bermanfaat. Ingin berkomunikasi lebih lanjut? Silakan follow @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan Destyanto

Arry Rahmawan adalah seorang yang memiliki cita - cita sebagai guru bagi pemimpin masa depan Indonesia. Saat ini berkarya sebagai dosen di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia yang sedang melaksanakan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda.

Selain beraktivitas sebagai pengajar tetap di UI dan peneliti di TU Delft, Arry juga mengisi hari-harinya dengan menjadi narasumber di berbagai instansi pemerintah, BUMN, swasta, lembaga pendidikan, serta lembaga non-profit terkait seputar pengembangan diri dan tulisan - tulisan yang ada di blog ini.

Untuk menghubunginya, silakan kontak melalui direct message LinkedIn atau Instagram

Tinggalkan Komentar