Inovasi dan Kewirausahaan

Apa yang Paling Diperlukan untuk Memulai Bisnis Sendiri?

Written by Arry Rahmawan

Artikel yang ditulis mengenai “Cara Memulai Bisnis Sendiri” atau “Cara Menjadi Pengusaha Muda” mungkin sudah banyak tersebar di internet. Pagi ini saya coba iseng mengetik di Google, dan hasil entrinya sungguh luar biasa banyak. Ada puluhan bahkan ratusan tips dari berbagai website yang bisa Anda baca untuk membantu Anda memulai bisnis sendiri.

Tahun 2011, saya mungkin adalah orang yang bertanya, “sebenarnya gimana sih caranya agar kita bisa bikin bisnis sendiri?”.

Saya juga pernah membaca tulisan dari Steve Pavlina pernah menulis tentang bagaimana memulai bisnis sendiri dan di sana dia banyak memberikan insight tentang apa saja yang seharusnya dimiliki oleh entrepreneur agar berhasil. Mulai dari memastikan kualitas produk, adanya permintaan pasar, proses pemasaran, sistem produksi efisien, dan lain sebagainya. Dalam tulisannya, dia mengatakan bahwa faktor – faktor kritis dari keberhasilan seorang entrepreneur diekspresikan dalam bentuk perkalian.

Maksudnya?

Jika ingin berhasil menjadi entrepreneur, maka dalam organisasi kita haruslah faktor – faktor kunci yang ada tidak boleh nol. Mulai dari produk yang bagus, tim penjualan yang tangguh, pemasaran yang keren, dan lain sebagainya. Jika salah satunya nol, maka keberhasilan itu akan nol juga. Tapi apakah benar demikian? Saya coba cek dari pengalaman saya.

Membangun CerdasMulia Institute dan SignifierGames.com sedikit demi sedikit mulai mengajarkan kepada saya apa saja sebenarnya yang paling diperlukan saat kita ingin memulai bisnis. Di perjalanan saya membangun bisnis, saya banyak sekali belajar berbagai konsep untuk menjadi entrepreneur yang berbeda – beda.

Ada yang mengajarkan kepada saya bahwa money and networking is everything. Tanpa adanya uang dan jaringan yang kuat, maka bisnis tidak bisa berkembang.

Ada yang mengajarkan kepada saya bahwa knowledge is power, di mana memiliki pengetahuan yang utuh terhadap suatu bisnis akan menjamin keberhasilan bisnis itu sendiri.

Ada lagi yang mengajarkan kepada saya bahwa just action, di mana kunci untuk bisa memulai bisnis sebenarnya adalah action sekarang juga. Tidak perlu terlalu banyak analisis ini itu, karena yang terpenting dalam bisnis adalah langsung memulai.

Lalu, banyaknya mahzab seperti ini daripada membuat bingung ya saya kerjakan saja semuanya. Sambil kemudian melihat mana yang berhasil dan mana yang tidak.

Selama perjalanan itu, saya coba iseng – iseng merumuskan apa sih sebenarnya yang PALING diperlukan untuk menjalankan bisnis?Pengalaman saya mengatakan bahwa modal uang, ilmu, jaringan, pengalaman, itu sangat penting. Anggaplah saya menjumlahkan kesemuanya dan menamakannya MODAL. Berbeda dengan yang dituliskan oleh Steve Pavlina, bagi saya untuk variabel modal itu semuanya ditambah, bukan dikalikan. Kenapa ditambah? Karena walaupun tidak ada salah satu modal, membangun bisnis tetap bisa Anda lakukan. Jadi persamaannya adalah:

Modal = uang + ilmu + pengalaman + jaringan + …..

Memulai bisnis yang kita tidak menguasainya atau tidak mengetahui ‘medan perang’ nya sama saja dengan bunuh diri. Ada sih saya berjumpa dengan beberapa orang yang mengutamakan action, namun yang saya jumpai dia selalu stuck dalam mengembangkan bisnisnya. Sekurang – kurangnya saya menyarankan kita memiliki modal ilmu sebelum memulai bisnis.

Namun perlu diingat, ingin memulai bisnis tapi menunggu semuanya sempurna yang terjadi adalah bisnis tidak kunjung terwujud. Oleh karena itu, kita perlu juga segera bertindak! Bagi saya, tindakan adalah faktor pengungkit / pangkat dari modal. Kalau modal kita besar, ditambah dengan action yang juga besar maka hasil yang akan didapatkan pun akan berlipat – lipat. Kira – kira akan menjadi seperti berikut ini,

ENTREPRENEUR SUKSES = (MODAL)AKSI

Apakah modal ditambah aksi saja sudah cukup? Atau, adakah hal lainnya? Disinilah kemudian saya menggunakan rumusan steve pavlina, yaitu faktor kali. Ada sebuah faktor kali yang seringkali terlupakan oleh entrepreneur. Banyak sekali entrepreneur yang fokus dalam penjualan atau meraih profit tetapi lupa dengan yang satu ini.

Faktor kali tersebut adalah MISSION, atau alasan mengapa kita menciptakan bisnis tersebut. Seringkali banyak dari kita yang fokus hanya untuk menjadi kaya atau mendapat profit. Tetapi tanpa misi bisnis yang kuat maka bisnis menjadi rapuh.

Mission akan menjawab why kita menjalankan bisnis tersebut.

Pengalaman saya sebagai mentor dan pendamping di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia memperlihatkan bahwa seringkali mahasiswa yang bisnisnya bertahan adalah mereka yang memiliki mission yang kuat terhadap bisnisnya. Mereka tidak menyerah, karena tahu bahwa bisnis yang mereka kembangkan berharga untuk ditumbuhkan dan dipertahankan.

Maka apabila dirangkum, untuk menjadi seorang entrepreneur Anda memerlukan 3 hal ini,

ENTREPRENEUR SUKSES = MISI x (MODAL)AKSI

Tanpa misi yang jelas, Anda akan kehilangan makna mengapa menjalankan bisnis tersebut. Tanpa adanya modal, Anda akan kesulitan untuk menumbuhkan bisnis Anda. Tanpa aksi atau tindakan nyata, Anda akan kesulitan mewujudkan bisnis yang Anda rencanakan.

Jadi, saat Anda ingin memulai bisnis pastikan Anda sudah memiliki:

  1. Misi yang kuat
  2. Modal yang hebat
  3. Aksi yang berlipat

Itulah hasil dari observasi saya selama ini ke banyak entrepreneur dan termasuk pengalaman saya pribadi. Persamaan di atas adalah persamaan universal yang berlaku di kondisi apapun. Jadi apabila Anda ingin meningkatkan performa bisnis Anda, silakan tingkatkan ketiganya sekaligus.

Oh ya, tulisan ini hanya tulisan iseng saja ya. Jadi jangan terlalu dianggap serius, hehe.

Semoga bermanfaat ya!

Salam,
Arry Rahmawan

Founder, CerdasMulia Institute
Founder, SignifierGames.com
Lecturer & Researcher, Universitas Indonesia

Silakan temukan inspirasi lainnya dari saya melalui:

Free Online Course di YouTube : Channel Arry Rahmawan
Free Kultwit di : Twitter @ArryRahmawan
Free Inspirational Quotes : Instagram @ArryRahmawan
Free Inspirational Notes : Grup Facebook

GRATIS! Ayo Gabung di Komunitas Indonesia Berpijar!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen serta peneliti di Universitas Indonesia mengenai inovasi, kewirausahaan, dan strategi bisnis yang senang berbagi pengetahuan dan pengalaman yang dimilikinya. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!