High Performance Me

Apakah Passion itu Berpengaruh terhadap Kesuksesan?

Written by Arry Rahmawan

Apakah Passion Memiliki Pengaruh Terhadap Kesuksesan Hidup Anda?

Pertanyaan sederhana tentang apakah passion berpengaruh terhadap kesuksesan hidup ini saya dapatkan dari Saskia, beberapa malam lalu. Saskia adalah alumni Young Trainer Academy angkatan 1 dan merupakan salah satu alumni termuda di angkatan tersebut. Walaupun usianya masih sangat muda, menurut saya Saskia adalah seorang yang memiliki pemikiran yang jauh di depan orang di usia sebayanya.

Salah satunya adalah pertanyaannya tentang passion. Dia bertanya via WhatsApp hal yang sebenarnya simpel, “Kak, apakah passion itu memiliki pengaruh terhadap kesuksesan hidup seseorang?”

Menurut Anda, kira – kira apakah passion itu penting dalam mendukung kesuksesan seseorang?

Bagi saya pribadi, adanya passion merupakan sebuah anugerah bagi kita untuk bisa terus bekerja dengan suka cita, tidak jenuh, dan tanpa kenal lelah. Mengapa? Karena dengan passion, kita bekerja sambil melakukan hal yang kita cintai. Bahkan, tidak dibayar pun seringkali bukan sebuah persoalan utama.

Namun, saya sering menemukan orang yang menjadi malas bekerja dengan alasan ‘tidak / belum menemukan passion‘.

Passion memang merupakan salah satu hal yang mendukung kita untuk sukses, namun bukanlah satu – satunya kunci utama. Saya menemukan, bahwa orang – orang sukses justru adalah mereka yang senantiasa bersyukur dan antusias. Entah mereka menemukan passion nya atau tidak, namun yang pasti mereka selalu berpikir besar dengan mengatakan pada diri mereka bahwa saya harus meninggalkan karya yang bermanfaat di dunia ini. Dengan kata lain, mereka tidak serta merta memikirkan passion mereka, tetapi mereka berpikir tentang kontribusi nyata untuk membuat dunia ini menjadi lebih baik. Mereka antusias untuk membantu orang lain dan membuat dunia menjadi tempat lebih baik untuk dihuni.

Saya adalah salah satu penggemar Steve Jobs (founder Apple). Walaupun dia sering berkata bahwa ikutilah kata hati dan passion yang kita miliki, namun bila dicermati lebih dalam kita dapat menemukan mengapa kemudian Apple bisa begitu revolusioner,

You’ve got to put something back into the flow of history that’s going to help your community, help other people …

so that 20, 30, 40 years from now … people will say, this person didn’t just have a passion, he cared about making something that other people could benefit from.

Saya pun menyadari, selama lebih dari 3 tahun saya mengasuh blog ini, passion bukanlah satu – satunya kunci untuk membuat blog ini tetap bertahan dan bahkan dikunjungi ribuan orang per harinya. Memang, salah satu passion saya adalah menulis blog. Namun, yang membuat blog ini bertahan adalah karena saya ingin dapat memberikan karya terbaik saya untuk kebaikan banyak orang.

Untuk tulisan – tulisan saya yang lainnya tentang passion, berikut ini adalah beberapa artikel pilihan saya untuk Anda:

Semoga bermanfaat ya!

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan atau invite PIN BBM saya di 25A97FAF. Kalau menurut Anda pribadi, apakah passion berpengaruh terhadap kesuksesan seseorang?

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Bidang keilmuan peminatannya adalah kewirausahaan, inovasi, dan strategi bisnis.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0856 4087 9848 (Melinda) atau email ke arryrahmawan@ui.ac.id.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!