Thursday , 24 July 2014
Kabar Terkini
Home » Bisnis dan Kewirausahaan » Blog Writing » Bagaimana Cara Terbaik Mengalahkan Google Panda

Bagaimana Cara Terbaik Mengalahkan Google Panda

Teknik SEO dalam mengurus sebuah blog memegang peranan yang sangat penting. Membuat situs kita ada di halaman pertama mesin pencari untuk sebuah kata kunci pencarian tertentu, tentu saja membuat blog kita lebih berpeluang mendapatkan kunjungan dan traffic yang besar. Traffic ini dalam bisnis bisa berarti penjualan yang meningkat dan brand yang lebih populer untuk ditanamkan di benak konsumen.

Misalnya blog ini sendiri menempati halaman pertama dengan kata kunci, ‘kunci sukses bisnis’ yang cukup banyak dicari oleh orang. Begitu pula dengan ‘komunitas tangan diatas’, di mana menjadi satu-satunya blog personal yang masuk ke halaman pertama. Jujur saya biasa-biasa saja dalam menanggapi SEO, sampai kemudian ada yang bertanya, mengapa setiap judul yang saya tembak selalu (nyaris) masuk ke halaman pertama Google?

Orang-orang begitu ribut dengan peringkat blognya yang turun karena Google melakukan update algoritma dengan nama Google Panda. Walaupun saya tidak mengamati SEO secara rutin, namun ada sedikit tips dari saya terkait bagaimana mendapatkan halaman pertama dan mengalahkan Google Panda yang lucu ini.

Setelah melakukan sedikit riset dan mendapat masukan dari Lewis Jacobs, salah seorang peneliti internet, inti untuk mengalahkan Google Panda itu simpel: buatlah sebuah situs atau blog dengan konten yang menarik dan original.

Ternyata Google Panda dibuat dengan fokus mencari berbagai macam artikel yang terduplikasi di dunia maya, mencoba menurunkan mereka yang membajaknya, dan menaikkan mereka yang memiliki konten aslinya. Seems fair? I think yes, it is. Ini juga yang sering menjadi kekesalan saya dulu sewaktu masih mengurus sebuah blog tips trik komputer. Waktu itu sering sekali beberapa artikel saya dicatut oleh orang tanpa permisi dan yang lebih menyesakkan lagi saat dicari dengan kata kunci yang bersangkutan ternyata malah blog dia duluan yang muncul!

Jadi kesimpulannya tidak perlu panik-panik banget lah sama yang namanya Google Panda kalau memang tulisan dan content yang kita tawarkan adalah asli. Memang lebih enak kok kalau content yang kita berikan memang asli dari kita sendiri. Tidak merampok sembarang content di tempat lain. Tips lainnya adalah coba cek kembali beberapa link mati yang tidak berjalan di blog kita. Kemudian pastikan tidak ada halaman kosong di blog kita.

Saatnya memberi makan Google Panda dengan tulisan-tulisan berkualitas. Saya adalah orang awam dengan SEO, namun yang saya lakukan selama ini adalah menulis original content, dan membiarkan Google Panda mengangkatnya secara organik.

Bagaimana menurut Anda?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

*Anda ingin request tips dan trik bisnis untuk memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi? Silakan tinggalkan komentar Anda. Temukan artikel berkualitas seputar tips bisnis, pemasaran, dan motivasi bisnis di ArryRahmawan.net setiap harinya.Klik di sini untuk mendapat kiriman artikel langsung ke email Anda. Gratis!

About Arry Rahmawan

Arry Rahmawan merupakan pelatih dan pembicara publik di bidang pengembangan potensi, kewirausahaan, dan life skills. Menamatkan pendidikan formal S1 Teknik Industri Universitas Indonesia dengan kekhususan rekayasa sistem, pemasaran industri, dan service excellence. Saat ini mengenyam pendidikan S2 di Jurusan yang sama dengan kekhususan dinamika bisnis dalam organisasi. 6 buah buku telah ditulisnya, dan buku terakhirnya berjudul Studentpreneur Guidebook (GagasMedia) merupakan buku best-seller nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Konsultasi Gratis
Pesan kamu sudah dikirim! Terima kasih :)



2 + 6 =