High Performance Me

Bagaimana Membuat Klien Mengundang Kita Kembali Sebagai Pembicara

Written by Arry Rahmawan

Saya teringat dalam sebuah sesi diskusi ringan dengan beberapa alumni Young Trainer Academy, ada seorang alumni yang bertanya kepada saya: “Kak, bagaimana sih caranya agar kita sebagai pembicara bisa diundang kembali oleh klien – klien kita?”

Pembicara profesional, layaknya seorang entrepreneur, juga memerlukan apa yang namanya repeat order. Mendapatkan repeat order bisa berarti bahwa kita adalah pembicara yang pas dan sudah cocok dengan klien, sementara yang satu lagi menunjukkan bahwa klien puas dengan performa kita sebagai pembicara.

Saya pernah melakukan sebuah survey kecil – kecilan kepada klien yang memanggil saya berulang kali untuk mengisi topik – topik yang sama namun dengan angkatan yang berbeda. Setelah saya tanyakan dan adakan chit – chat dengan klien, berikut ini adalah beberapa hal yang membuat seseorang mengundang kita kembali untuk perform sebagai seorang pembicara.

Bagaimana Membuat Klien Mengundang Kita Kembali Sebagai Pembicara?

1. Konten yang Diberikan Orisinil dan Khas

Hal paling mayoritas yang membuat klien mengundang saya kembali adalah ternyata karena orisinalitas materi yang saya bawakan. “Kami mengundang Mas Arry lagi, karena kami belum pernah menemukan materi ini dibawakan oleh yang lainnya.” Ini menjadi sebuah pelajaran bagi saya bahwa ternyata klien akan memperhatikan materi apa yang kita bawakan. Hindari membawakan materi yang “You don’t say” atau sebenarnya orang juga sudah tahu hal tersebut. Hindari juga menggunakan materi orang lain tanpa izin, selain berdampak buruk buat reputasi, bisa jadi orang sudah pernah mendapatkan materi itu sebelumnya.

Saat ditanya apakah saya memiliki kekhasan dalam membawakan materi, maka klien akan menjawab, “sistematis”. Materi saya dikenal sistematis dan ini yang membuat klien menjadi lebih mudah paham. Ini juga menjadi poin penting di mana ternyata kita memiliki kekhasan materi dibandingkan dengan pembicara lainnya.

2. Gaya Bicara dan Teknik Delivery Menarik

Hal kedua yang paling banyak mendasari klien saya untuk mengundang saya kembali adalah menggunakan teknik delivery yang menarik – dan sebisa mungkin – tidak digunakan di tempat lain. Teknik delivery menarik bisa digunakan dengan cara – cara kreatif, seperti misalkan melakukan simulasi, permainan, drama, monolog, storytelling, dan melibatkan audience untuk beraktivitas sehingga tidak membosankan.

Beberapa teman saya sesama pembicara menambahkan teknik delivery mereka dengan standup comedy atau kemampuan melucu di depan panggung yang tentunya suasana kelas, pelatihan, atau seminar yang dibawakan menjadi sangat cair dan menghibur.

3. Dapat Menjadi Contoh Nyata Bagi Audience

Hal ketiga yang tidak kalah pentingnya adalah karena klien mengetahui bahwa sang pembicara merupakan role model, dan bisa menjadi ‘contoh hidup’ atas apa yang mereka sampaikan di atas panggung. Kemampuan menjadi role model ini membutuhkan konsistensi tinggi di mana pembicara tidak hanya sekedar ‘berbicara’ , tapi juga bisa menjadi seorang teladan yang nyata.

Itulah 3 hal yang saya pelajari baik dari klien maupun para pembicara yang selalu mendapatkan repeat order atau jadwal yang penuh di agendanya untuk mengisi seminar atau pelatihan.

Apabila Anda juga seorang yang berprofesi sebagai pembicara publik dan ingin terus – menerus mendapatkan kesempatan untuk diundang sebagai pembicara, maka ketiga hal tersebut mulai bisa Anda perhatikan.

Bagaimana menurut Anda? Ingin berkomunikasi dengan saya?

Arry Rahmawan, ST, MT
Learning Innovator
Twitter: @ArryRahmawan | Email: contact@arryrahmawan.net | IG: arryrahmawan | PIN: 25A97FAF
Mengundang sebagai pembicara: Hubungi Hotline CerdasMulia Training Center (0878-8935-5022)

—————-

Jika menurut Anda tulisan ini bermanfaat, maka SAYA JAMIN Anda akan mendapatkan manfaat lebih lewat Twitter dan BBM saya . Silakan Follow @ArryRahmawan atau Invite PIN BB saya di 25A97FAF.

—————-

Ribuan orang telah saya latih untuk mendapatkan hidup yang lebih baik. Kontak  CerdasMulia Training and Coaching (0878-8935-5022) sekarang juga untuk mengundang saya memberikan pelatihan di tempat Anda.

** Anda bisa mendapatkan buku Best Seller saya, STUDENTPRENEUR GUIDEBOOK dengan harga Jauh lebih Murah dan Jauh lebih Mudah. Caranya beli langsung di Google Play, atau di Toko Buku Online. Anda juga bisa mendapatkannya langsung di Toko Buku Besar terdekat di kota Anda.

—————-

Tidak ingin ketinggalan tulisan menarik d blog ini? Masukkan alamat Email Anda sekarang, GRATIS!
[yks-mailchimp-list id=”39312964e3″ submit_text=”Berlangganan”]

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Bidang keilmuan peminatannya adalah kewirausahaan, inovasi, dan strategi bisnis.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0856 4087 9848 (Melinda) atau email ke arryrahmawan@ui.ac.id.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!