High Performance Me

Bagaimana Memulai untuk Menulis dan Menerbitkan Buku?

Written by Arry Rahmawan

“Kak arry, saya mau tanya, gimana caranya kita kalau mau menulis dan menghasilkan buku kak ? ketika saya mau menulis saya bingung kak harus memulainya dari mana, minta sarannya kak . terima kasih.” (Nor Khasanah – Salatiga)

Terima kasih buat Khasa atas pertanyaannya. Ini adalah sebuah pertanyaan bagus, dan mewakili banyak sekali pertanyaan penulis pemula yang sedang ingin menerbitkan buku. Sebenarnya bagaimana sih cara kita untuk memulai sebagai penulis lalu kita bisa menerbitkan buku?

Jujur, pertanyaan ini adalah hal yang sama dan saya tanyakan juga beberapa tahun yang lalu. Saya selalu bertanya karena ingin menjadi seorang penulis, dan ingin bisa menjadi penulis. Lalu, saya harus bagaimana ya?

Berikut adalah tips dan trik yang bisa kamu ikuti,

Pertama, Buat Writing Habit.

Jika memang kita serius untuk menjadi seorang penulis, maka menurut saya hal yang paling dasar untuk dimiliki adalah kebiasaan menulisTanda di mana kebiasaan menulis (writing habit) itu sudah tertanam di dalam diri kita adalah ketika kita merasa aneh dan janggal apabila kita tidak menulis, bahkan dalam satu hari pun. Kita tidak lagi menulis di waktu luang, namun juga meluangkan waktu untuk bisa menulis.

Bagaimana caranya membuat writing habit? Kalau saya adalah dengan membuat blog, salah satunya adalah blog ini. Dulu, untuk memulai writing habit, saya menulis di blog ini nyaris setiap hari. Saya hanya libur di hari Sabtu dan Minggu. Membiasakan disiplin menulis membuat tulisan kita menjadi lebih baik sedikit demi sedikit. Saya juga beberapa kali meluangkan waktu untuk menulis CerdasMulia Young Trainer Circle.

Setelah kita memiliki writing habit, barulah kita bisa mencoba untuk membuat sebuah buku.

Kedua, Ciptakan Konsep dan Alur

Saat kita sudah siap menulis buku karena memiliki writing habit yang kuat, maka selanjutnya kita pilih topik apa yang ingin kita tulis, kita buat konsep apa yang ingin kita sampaikan dan kita buat alurnya. Membuat alur dalam sebuah buku bisa dengan cara membuat outline atau daftar isi nya terlebih dahulu baru kemudian membuat cerita di dalamnya sesuai dengan apa yang ada dalam outline tersebut.

Membuat outline ini akan membantu kita untuk dapat tetap menulis sesuai dengan apa yang kita rencanakan. Pun seandainya seiring perjalanan menulis tiba – tiba kita kepikiran ide – ide baru, kita dapat tetap fokus karena sudah memiliki outline nya terlebih dahulu.

Ketiga, Cicil Naskah per Hari

Setelah outline sudah jadi dan oke, maka selanjutnya adalah kita mencicil naskah yang akan kita buat berdasarkan outline tersebut. Saya merekomendasikan Anda untuk mencicil naskah sebanyak 4 – 6 halaman per harinya. Bisa dengan cara 2 halaman di pagi, siang, atau sore hari, atau jika mau dirapel juga tidak apa – apa. Bebas!

Lakukan cara tersebut setiap hari secara konsisten, maka Anda bisa memiliki naskah buku dengan konsep asli dari diri Anda dalam waktu dua bulan atau kurang.

Bagaimana menurut Anda? Ingin berkomunikasi dengan saya?

Arry Rahmawan, ST, MT
Entrepreneur | Trainer | Writer
Twitter: @ArryRahmawan | Email: contact@arryrahmawan.net | IG: arryrahmawan | PIN: 25A97FAF
Mengundang sebagai pembicara: Hubungi Hotline CerdasMulia Training Center (0856-4087-9848)

—————-

Jika menurut Anda tulisan ini bermanfaat, maka SAYA JAMIN Anda akan mendapatkan manfaat lebih lewat Twitter dan BBM saya . Silakan Follow @ArryRahmawan atau Invite PIN BB saya di 25A97FAF.

—————-

Ribuan orang telah saya latih untuk mendapatkan hidup yang lebih baik. Kontak  CerdasMulia Training and Coaching (0856-4087-9848) sekarang juga untuk mengundang saya memberikan pelatihan di tempat Anda.

** Anda bisa mendapatkan buku Best Seller saya, STUDENTPRENEUR GUIDEBOOK dengan harga Jauh lebih Murah dan Jauh lebih Mudah. Caranya beli langsung di Google Play, atau di Toko Buku Online. Anda juga bisa mendapatkannya langsung di Toko Buku Besar terdekat di kota Anda.

—————-

Tidak ingin ketinggalan tulisan menarik d blog ini? Masukkan alamat Email Anda sekarang, GRATIS!
[yks-mailchimp-list id=”39312964e3″ submit_text=”Berlangganan”]

 

GRATIS! Ayo Gabung di Komunitas Indonesia Berpijar!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen serta peneliti di Universitas Indonesia mengenai inovasi, kewirausahaan, dan strategi bisnis yang senang berbagi pengetahuan dan pengalaman yang dimilikinya. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!