High Performance Me

Bagaimana Mengatasi Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Pembaca tulisan saya yang berjudul Kebiasaan Berwacana, banyak kemudian yang bertanya bagaimana agar setiap ide-ide kita dapat dieksekusi sesegera mungkin. Hal paling sulit untuk merealisasikan sebuah ide umumnya adalah rasa malas yang menyelimuti diri sehingga pada akhirnya kita lebih sering menunda pekerjaan daripada mengeksekusi ide-ide kita.

Kebiasaan menunda pekerjaan ini bisa menjadi sangat ‘mengerikan’ karena akan membuat kita terbiasa untuk tidak segera melakukan aksi. Selain tingkat stress yang semakin menumpuk jika sudah mendekati deadline, kebiasaan menunda pekerjaan ini dapat menjadi reputasi buruk jika kita bekerjasama dengan orang lain yang tipenya mampu bekerja dengan cepat.

Lalu, bagaimana cara kita mengatasi kebiasaan suka menunda-nunda?

Mengatasi kebiasaan menunda ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, di antaranya adalah menuliskan apa yang harus dilakukan di hari tersebut. Menuliskan ini tidak perlu banyak-banyak, cukup 2-4 yang paling penting saja. Banyak teman atau klien saya yang tidak percaya bahwa menuliskan pekerjaan mampu mengatasi kebiasaan menunda-nunda pekerjaan mereka. Coba dulu.

Mengatasi kebiasaan menunda ini bisa juga dengan cara mencari motif mengapa pekerjaan itu harus cepat selesai untuk dilakukan. Entah dengan memberikan hadiah jika bisa dikerjakan lebih cepat daripada waktu yang ditentukan, atau bisa juga dengan memberikan hukuman kepada diri sendiri. Namun jika menggunakan cara ini ada baiknya untuk mengajak teman agar dapat ‘mengontrol’ komitmen kita dan mengingatkan kembali apabila kita lupa.

Untuk menghilangkan kebiasaan menunda, kita dapat juga melakukannya dengan memecah kecil target besar kita. Misalnya saya sedang mengerjakan sebuah proyek A, yang terlihat besar dan sulit untuk dilakukan. Proyek itu kemudian saya pecah kecil-kecil agar bisa dicicil. Ini sangat membantu agar kita bisa segera melaksanakan ide-ide yang kita hasilkan.

Satu hal baru yang bekerja buat saya adalah menggunakan cara menantang waktu. Maksudnya adalah untuk setiap pekerjaan yang akan kita selesaikan kita berikan batas atau limitasi waktu dan berusaha untuk bekerja lebih cepat dari yang ditetapkan itu. Misalnya hari ini dalam list saya harus membaca 20 halaman sebuah buku dalam waktu 10 menit, maka waktu yang digunakan tidak boleh lewat. Dibatasi seperti ini membuat apa yang saya lakukan menjadi lebih seru karena tertantang waktu. Membatasi waktu ini juga membuat kita bisa dengan cepat beralih ke hal-hal lainnya yang harus saya kerjakan.

Tulisan ini diolah kembali dari tulisan saya tentang menghindari kebiasaan menunda pekerjaan yang bisa dibaca disini.

Bagaimana menurut Anda?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

*Anda ingin request tips dan trik bisnis untuk memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi? Silakan tinggalkan komentar Anda. Temukan artikel berkualitas seputar tips pengembangan bisnis, karier dan pencapaian hidup di ArryRahmawan.net setiap harinya.Klik di sini untuk mendapat kiriman artikel langsung ke email Anda. Gratis!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan memiliki impian menjadi pendidik inovatif dan berdampak untuk memaksimalkan potensi sumber daya manusia Indonesia. Aktivitasnya saat ini adalah sebagai dosen di Universitas Indonesia, pengembang pembelajaran kreatif di SignifierGames.com, dan konseptor pelatihan inovatif di CerdasMulia Institute.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!