High Performance Me

Bagaimana Menjadi Blogger yang Konsisten Menulis?

Written by Arry Rahmawan

Kemarin malam, saya mengecek kembali beragam surat yang masuk ke inbox saya dari pembaca blog ini yang ingin berkonsultasi. Setelah saya baca – baca kembali, saya melihat banyak sekali pertanyaan yang mirip. Esensi pertanyaannya serupa, yaitu:

“Kak Arry, bagaimana ya caranya agar saya bisa menjadi seorang penulis blog yang konsisten?”

Ternyata, banyak sekali para pembaca saya yang juga blogger, namun memiliki kendala dalam menjaga ‘semangat menulis’ mereka. Bahkan, banyak juga yang langsung ‘loyo’ manakala mereka menulis di blog namun pembacanya sangat sedikit. Baru beberapa hari membuat blog, semangatnya sudah turun karena pengunjung tidak kunjung banyak dan komentar pun tidak ada.

Pada tulisan kali ini, saya hanya ingin sharing, bukan mengajari bagaimana caranya agar kita semua bisa menjadi seorang yang konsisten dalam menulis blog berdasarkan pengalaman pribadi yang saya alami.

Saya memulai sebuah blog pertama saya dari tahun 2007. Pada waktu itu, blog saya berisikan tentang hal yang berbau teknologi. Jujur pada waktu SMA, saya sangat senang bisa berbagi berbagai macam tips dan trik menggunakan sistem operasi Windows. Hingga akhirnya aktivitas blog saya terhenti pada saat menjelang ujian nasional (UN). Pada waktu itu karena fokus belajar selama setahun, blog ini pun pada akhirnya terbengkalai dan saya sudah jarang update lagi.

Hingga akhirnya ketika saya kuliah, saya baru kembali lagi memulai blog pada tahun 2012. Tepatnya pada bulan Agustus 2012. Pada waktu itu, minat saya bergeser dari teknologi menuju ke pengembangan diri (self development). Maka dari itu, lahirlah blog ini yang menampung berbagai macam pikiran saya di dunia pelatihan dan pengembangan diri. Pada waktu itu, saya hanya berniat untuk sharing dan membiasakan diri menulis. Dibaca atau tidak dibaca orang tidak masalah.

Tahukah Anda, sejak tahun 2012 itu saya bisa menciptakan rekor di mana dalam setahun saya menulis sebanyak 350 tulisan. Artinya, rata – rata saya menulis lebih dari satu artikel di hari kerja. Seiring dengan berjalannya waktu, saya mulai dikenal dan mulai banyak datang kesempatan kepada saya. Mulai dari kesempatan mengisi pelatihan, menulis buku, membuat perusahaan, dan lain sebagainya. Banyak sekali manfaat yang saya dapatkan dari blogging ini.

Sampai kemudian ketika saya mulai sering berkeliling Indonesia untuk memberikan pelatihan, saya mulai melepas aktivitas blogging saya. Saya jadi jarang sekali menulis. Anda bisa lihat arsip tulisan saya sepanjang tahun 2014 itu benar – benar sedikit. Saya sendiri heran, kok saya jadi sulit sekali mempertahankan konsistensi menulis blog? Mengapa? Tahun 2014 merupakan tahun yang kelam bagi aktivitas blogging saya (lebay banget).

Pertanyaannya, kenapa di tahun 2012 – 2013 saya bisa menulis blog dengan konsisten dan tahun 2014 saya malah sedikit sekali menulis dan merasa sulit?

Ternyata, setelah saya evaluasi semua dikembalikan pada niat kita menulis blog.

Sewaktu saya menulis blog di tahun 2012 – 2013, di sana saya berniat bahwa saya menulis blog hanya sekedar sharing terkait apa yang saya pikirkan. Saya benar – benar tulus menulis apa yang ada di sekeliling saya agar saya bisa menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain melalui blog yang saya buat.

Sementara di tahun 2014, seiring perjalanan waktu, saya menulis blog agar saya disukai orang lain. Pada waktu itu saya selalu berpikir, ‘ini bagaimana ya agar tulisan saya disukai orang? Bagaimana ya agar tulisan saya bisa mendapatkan komentar bagus? Bagaimana ya agar posting tulisan di blog saya bisa banyak di retweet oleh follower Twitter saya?’ Sampai saya akhirnya paham, hal tersebut menguras pikiran saya dan saya pun jadi malas untuk menulis lagi.

Pada akhirnya di tahun 2015, saya bertekad kembali lagi ke niat awal saya di mana saya menulis blog ini untuk berbagi dan menebar kebermanfaatan. Niat saya hanya satu : semoga pengalaman dan ilmu yang saya bagi di blog ini bisa menjadi inspirasi atau bahkan bermanfaat dalam kehidupan pembaca.

Setelah meluruskan niat itu lagi, saya merasa bisa menulis blog tanpa beban. Inspirasi mengalir sedemikian derasnya dengan ringan, dan saya pun jadi ketagihan untuk terus meluangkan waktu setiap hari untuk memperbarui blog saya.

Jadi, jika Anda ingin menjadi seorang blogger yang konsisten, saran saya sederhana : luruskan niat Anda untuk berbagi agar Anda terus menjadi diri Anda sendiri.

Bagaimana menurut Anda? Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

#UPDATE : Bagi Anda yang ingin mengasah ketermapilan berbicara di depan publik, jangan lupa ikuti program #YoungTrainerAcademy8 | 13 – 14 Juni 2015 di Bogor. Untuk informasi dan pendaftaran, silakan klikdaftar.youngtraineracademy.com atau hubungi 0856-5547-8810 (Hadi).

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Bidang keilmuan peminatannya adalah kewirausahaan, inovasi, dan strategi bisnis.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0856 4087 9848 (Melinda) atau email ke arryrahmawan@ui.ac.id.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!