High Performance Me

Bagaimana Menjadi Orang yang Selalu Bahagia Setiap Hari?

Written by Arry Rahmawan

Tahukah Anda, Bagaimana Cara Menjadi Seseorang yang Selalu Bahagia?

Tulisan ini terinspirasi dari obrolan ringan saya dengan rekan kerja saya sewaktu kami membahas soal – soal IELTS. IELTS adalah salah satu tes untuk menguji kemampuan bahasa Inggris kita agar bisa dianggap cukup sebagai syarat belajar di luar negeri.

Tiba saat di mana kami membahas soal IELTS bagian speaking, di mana penguji rekan saya yang sewaktu di test IELTS memberikan pertanyaan seperti ini:

Please tell me about happiness!

Wah, kalau saya ada di posisi teman saya ini, mungkin agak bingung juga ya jawabnya. Jangankan pakai bahasa Inggris, menggunakan bahasa Indonesia aja kita bingung. Hehe.. Coba deh Anda jawab, menurut Anda, apa sih happiness atau yang dimaksud dengan kebahagian itu?

Persepsi Orang untuk Bahagia

Kebahagiaan, rasa bahagia, atau perasaan senang itu sangat penting dalam menunjang produktivitas kerja. Jika tidak percaya, cobalah kita bandingkan saat pagi hari kita berangkat kerja atau memulai aktivitas dengan perasaan suntuk, marah dengan ketika kita sedang merasa bahagia. Pada saat kita merasa bahagia, hampir dipastikan bahwa kita menarik semua energi positif ke dalam diri kita. Mulai dari raut wajah yang menyenangkan untuk dilihat, perasaan semangat, hingga tindakan – tindakan yang luar biasa.

Hingga kemudian muncul pertanyaan : bagaimana caranya agar saya bahagia?

Pertanyaan ini kemudian coba saya jawab dengan membuat impian – impian di masa depan yang keren. Saya membuat target capaian, mulai dari ingin mendapat penghasilan puluhan juta, ingin bisnis bisa tumbuh di mana – mana, ingin punya sekolah, ingin memenangkan kompetisi, ingin bisa menulis buku, ingin ini, itu, dan lain sebagainya.

Hingga akhirnya hari – hari saya terasa sangat sibuk. Saya berupaya untuk mengejar nilai tertinggi untuk setiap pelajaran di mata kuliah, berusaha untuk mendapatkan pengakuan dari orang lain, berupaya mendapatkan penghasilan dua digit, sampai akhirnya saya merasa hidup ini begitu sibuk, penuh dengan target – target yang akhirnya membuat saya lelah sendiri.

Saya kemudian berpikir, apakah kebahagiaan selalu kita dapat ketika kita meraih impian yang kita tetapkan? Jika seperti itu cara kerjanya, maka akan sangat sedikit orang yang bahagia. Kenapa? Karena kita selalu dibuat khawatir dengan masa depan kita, sehingga kita melewatkan banyak momen – momen penting untuk bahagia.

Persepsi mayoritas orang untuk bahagia adalah ketika mereka mendapatkan hal yang diinginkan di masa depan. Hal ini membuat mayoritas orang lupa untuk bisa bahagia saat ini, karena selalu khawatir dengan masa depan mereka.

Hingga akhirnya, saya belajar dari istri saya, Melinda untuk bisa hidup bahagia setiap hari. Istri saya, adalah orang paling murah senyum dan memiliki antusiasme kerja paling konsisten setiap harinya. Saya banyak belajar dari istri saya tentang bagaimana cara agar kita bisa bahagia setiap hari. Inilah yang kemudian saya pelajari darinya.

Bahagia Datang Ketika Total Menjalani Hidup Saat Ini (Present)

Perencanaan untuk masa depan itu sangat penting, namun yang lebih penting lagi adalah bagaimana kita total dan fokus menjalani kehidupan kita di hari ini (present). Fokus hidup di masa sekarang (present) ketimbang mengkhawatirkan masa depan (future) merupakan cara ampuh agar kita senantiasa hidup bahagia.

Melinda banyak memberikan pelajaran kepada saya bahwa untuk masalah future, kita harus senantiasa berbaik sangka kepada Allah swt, dan mengusahakan yang terbaik untuk hidup di hari ini. Sehingga, apapun yang terjadi di masa yang akan datang, saya merasa itulah yang terbaik buat kami.

Dalam keseharian, ketika saya mengamati lebih dalam, ternyata hidup bahagia itu sederhana. Bahagia saat saya bangun tidur, disambut senyuman dan sarapan enak buatan istri. Bahagia di saat waktu dhuha saya bisa shalat dengan tenang. Bahagia saat saya bisa ke masjid. Bahagia saat saya bisa mendengar dan berbagi cerita lucu dengan kolega saya. Bahkan, saya merasa bahagia saat diberikan kesempatan untuk bisa bernapas di hari itu.

Bayangkan, apabila saya terus pusing memikirkan ketidakpastian di masa akan datang tentang nasib saya, saya akan banyak melewatkan momen – momen penting untuk bahagia. Masakan dan senyuman istri terasa hambar, pekerjaan kantor terasa biasa saja, hingga nikmat untuk diberikan kemampuan bernapas pun terasa biasa – biasa saja.

Bahagia Ada Saat Kita Mensyukuri Hidup

Hal kedua yang saya pelajari dari Melinda adalah, kita bisa menjadi orang yang bahagia setiap hari ketika kita bersyukur dalam hidup ini. Intinya, kita selalu merasa bahwa kita diberikan keberlimpahan nikmat yang luar biasa setiap hari.

Saya pernah dalam masa – masa sulit, memberikan nafkah dengan nominal yang kecil kepada istri saya. Istri saya selalu tersenyum, sekecil apapun yang bisa saya berikan. Selalu terucap rasa syukur dan terima kasih dari bibirnya. Ajaibnya, nafkah yang jumlahnya kecil itu ternyata cukup untuk memenuhi kebutuhan bulanan. Bahkan, ada sisanya. Apa yang dilakukan istri saya adalah mensyukuri atas apa yang sudah kami dapatkan dan berterima kasih kepada Allah swt. Alhamdulillah, semuanya dicukupkan, bahkan dilebihkan.

Maka dari itu kadang saya suka heran dengan teman – teman saya yang penghasilannya 3 – 4 kali lipat lebih besar dari penghasilan gabungan kami (saya dan Melinda), lalu curhat kepada kami bahwa hidup mereka tidak bahagia dan merasa serba kurang. Jika dikoreksi, mungkin mereka kurang bersyukur atas nikmat yang didapatkan.

Saya diajarkan oleh ibu saya bahwa ketika kita menjalani hidup ini, cobalah lihat ke bawah dari sisi materi. Maksudnya, agar kita selalu bersyukur dengan hidup ini kita bisa lihat orang – orang yang hidupnya lebih susah dari kita. Misal, tetangga kita sedang sakit keras dan kita hidup sehat. Di situ rasa syukur bisa muncul. Kemudian saat kita mulai foya – foya dengan gaya hidup, cobalah lihat pengemis, pengamen, atau anak – anak putus sekolah yang tidak bisa merasakan nikmat seperti yang kita rasakan. Ketika rasa syukur itu muncul, kadang sering terjadi kita ingin memberikan sedikit harta atau nikmat yang ada di diri kita kepada mereka. Di saat itulah kita merasakan kebahagiaan yang sangat luar biasa, betapa Allah swt sangat sayang kepada kita.

Bahagia Ada Saat Kita Bisa Membantu Orang Lain

Bagi Anda yang masih sulit untuk bisa hidup bahagia sehari – hari, bisa jadi hidup Anda hanya fokus kepada diri sendiri tanpa peduli terhadap orang lain. Ini dulu yang saya rasakan, ketika saya hanya fokus pada prestasi – prestasi pribadi, menjadi cerdas untuk diri sendiri, tetapi tidak bermanfaat untuk orang lain. Hingga akhirnya saya merasa hidup menjadi hampa.

Keadaan ini coba saya rubah dengan memberikan ilmu dan meluangkan waktu saya untuk membantu orang lain. Hasilnya, sangat menakjubkan. Mengalir kebahagiaan yang sangat ke dalam hati saya, ketika saya bisa membantu hidup orang lain menjadi lebih baik. Padahal, yang saya lakukan hanyalah hal sederhana.

Misalkan, ketika saya unggul di sebuah mata kuliah tertentu, saya dengan senang hati membantu teman – teman untuk bisa memahami mata kuliah tersebut. Ketika teman – teman saya itu berhasil menguasai materi, ada perasaan bahagia dan senang sekali.

Hal sederhana lain, misalkan saat saya melihat ada seorang nenek tua yang menggendong dua tas berat dan bersusah payah membawanya. Saya menawarkan diri untuk membawakan salah satunya, dan si nenek berulang kali mengucapkan terima kasih atas apa yang saya lakukan. Dari situ, saya sangat bahagia sekali.

Termasuk, ketika saya menulis blog ini. Salah satu cara yang saya lakukan untuk bahagia setiap hari adalah dengan berbagi berbagai macam hal dengan harapan bisa membantu orang lain. Bisa dengan kita berbagi harta yang kita punya, atau bisa juga berbagi ilmu. Setiap saya ingin menekan tombol ‘publish‘ untuk setiap tulisan di blog ini, saya selalu berdoa, semoga apa yang ada di blog ini bisa bermanfaat bagi pembacanya. Dan setiap artikel yang dipublikasikan dan itu bermanfaat untuk Anda, di situlah saya merasakan kebahagiaan yang sangat.

Jadi, untuk menjadi bahagia setiap hari Anda bisa melakukan 3 hal ini:

  • Fokuskan hidup di masa sekaang (present)
  • Syukuri hidup dan nikmat yang Anda miliki
  • Bantulah orang lain untuk mendapat hidup lebih baik

3 cara itulah yang saya praktikkan bersama istri untuk menjadi seseorang yang bahagia dalam hidup, setiap hari. Tidak perlu menunggu mencapai ini atau itu, karena sesungguhnya kebahagiaan itu diukur dari betapa besarnya hati dan pikiran yang kita miliki.

Semoga bermanfaat ya!

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan. Atau invite PIN BBM saya di 25A97FAF.

Bagaimana menurut Anda? Setujukah dengan pendapat saya?

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Bidang keilmuan peminatannya adalah simulasi bisnis, business model innovation, dan entrepreneurship development.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0856 4087 9848 (Melinda) atau email ke arryrahmawan@ui.ac.id.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

2 Comments

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!