High Performance Me

Belajar Kreatif dari Sebuah Wortel

Ada sebuah catatan paling mendasar yang selalu saya ingat saat seseorang memutuskan untuk menjadi pengusaha: orang tersebut haruslah kreatif dalam menciptakan nilai tambah dan value yang akan diberikan kepada klien atau konsumennya. Bahkan, dia juga harus berpikir di luar kebiasaan untuk menciptakan nilai yang tidak terpikirkan oleh orang lain.

Sebagai contoh, sebuah wortel.

Berapa harga yang dipatok untuk mendapatkan sebatang wortel mentah? Baik, anggaplah misalnya Rp1000,00 (biasanya tergantung besar). Sekarang, menurut Anda, berapa harga tertinggi yang bisa dihasilkan dari sebatang wortel?

Baik, sekarang menurut Anda, dari sebuah wortel yang harganya Rp1000,00 , berapa sebenarnya harga tertinggi yang bisa dihasilkan sebuah wortel?

Ada yang menjawab Rp6000,00. Ya, itulah jus wortel.

Ada yang menjawab Rp15.000,00. Ya, jadilah sebuah keripik wortel

Ada yang menjawab Rp25.000,00. Ya, jadilah kerajinan tangan dari wortel.

Ada yang menjawab ratusan ribu hingga jutaan?

Saya mendapatkan materi ini saat sesi sharing dengan Pak Agung Waluyo dari Ciputra University. Siapa orang yang berpikir bahwa sebuah wortel bisa menjadi Clarinet? Ya, benar-benar sebuah clarinet yang bisa memainkan nada dan musik!

Tidak percaya? Simak videonya seperti berikut ini:

Bagaimana menurut Anda? Unik bukan?

Benar-benar kreatif dan seperti itulah seorang pengusaha bekerja. Membuat sebuah nilai tambah dari sebuah hal yang mungkin biasa-biasa saja. Kalau kata Pak Ci, seorang pengusaha adalah mereka yang mampu mengubah sampah menjadi emas.

Ide gila apa yang mengalir di kepala Anda setelah membaca tulisan ini? Yuk silakan share pada kotak komentar di bawah.

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Bidang keilmuan peminatannya adalah kewirausahaan, inovasi, dan strategi bisnis.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0856 4087 9848 (Melinda) atau email ke arryrahmawan@ui.ac.id.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!