Life Skills

Belajar Manajemen Waktu dari Nabi Muhammad SAW

Written by Arry Rahmawan

Belajar Manajemen Waktu dari Nabi Muhammad SAW

Hari Senin lalu, seluruh umat muslim (khususnya di Indonesia) merayakan dan memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Seorang Nabi yang sangat luar biasa dan merupakan salah satu orang yang paling berpengaruh sepanjang zaman. Hal itu bukan tanpa alasan, karena memang kita dapat belajar banyak hal dari Nabi Muhammad SAW selama beliau hidup.

Pelajaran – pelajaran penting yang kita dapatkan tidak hanya berlaku pada masa beliau hidup, tetapi juga berlaku sepanjang zaman. Salah satunya adalah manajemen waktu. Manusia modern, seringkali berupaya untuk menemukan apa sih formula terbaik untuk memanfaatkan waktu selama hidup. Itu pula yang coba saya cari dan saya ajarkan di ProductiveME! Academy Online. Tapi ternyata, sungguh nabi Muhammad sudah banyak mengajarkan kepada kita bagaimana memanfaatkan waktu dengan baik sejak 1400an tahun yang lalu.

Bagaimana cara nabi mengatur waktunya yang bisa kita tiru agar hidup kita semakin baik? berikut ini adalah beberapa caranya.

Pembelajaran #1 : Bangun Di Awal Waktu

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Rasulullah SAW adalah orang yang tidak pernah meninggalkan waktu pagi untuk beribadah dan melakukan aktivitas penuh manfaat. Bangun lebih awal dan mengingatkan bahwa sebenarnya waktu yang berkah itu ada di pagi hari.

Dari sahabat Shokhr Al Ghomidiy, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

اللَّهُمَّ بَارِكْ لأُمَّتِى فِى بُكُورِهَا

Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.”

Menariknya, banyak orang – orang sukses yang mengikuti ajaran ini.

CEO Apple, Tim Cook dikenal karena kebiasannya bangun pagi, yakni pukul 03.45. Sesaat setelah bangun, ia mengecek dan mengirim e-mail selama satu jam, berolahraga di gym, pergi ke Starbucks untuk minum kopi sambil kembali mengirim e-mail, lalu pergi ke kantor.

CEO Pepsi, Indra Nooyi biasa bangun pagi pada pukul 04.00. Tidak hanya itu, Nooyi selalu mulai bekerja di kantornya pada pukul 07.00. Bagi Nooyi, tidur harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. “Tidur adalah nikmat yang diberikan Tuhan. Ini adalah nikmat yang tidak pernah saya sia-siakan,” ujar Nooyi.

Mengetahui hal ini, tentu bangun pagi adalah kebiasaan dari orang – orang sukses di dunia. Maka bagi kita yang belum sukses, apakah masih berani bangun siang? Ini juga sekaligus menjadi pengingat untuk diri saya pribadi.

Pembelajaran #2 : Disiplin Terhadap Jadwal

Rasulullah SAW mengajarkan umat untuk pandai mengatur waktu dengan disiplin menegakkan waktu shalat. Jadwal itu adalah jadwal yang tidak bisa diganggu gugat. Saat adzan berkumandang, maka langsung shalat di awal waktu dan berjamaah di masjid. Apa dampaknya? Shalat itu ternyata mengikuti ritme aktivitas kerja seseorang. Shalat ibarat sebuah charger yang ngecas kembali semangat manusia untuk berkarya dan bekerja atas namaNya.

Dari Ibnu Mas’ud rodhiiyallahu ‘anhu, beliau berkata, Rasulullah bersabda :
Sebaik-baik amal adalah shalat di awal waktu.
(HR. Tirmidzi dan Hakim)

CEO terbaik tidak pernah melewatkan waktu mereka untuk disiplin bermeditasi agar memiliki hidup yang seimbang. Misalnya Oprah Winfrey, yang mempromosikan meditasi sebagai salah satu gaya hidupnya.

“Cobalah untuk bermeditasi dan bernafas secara teratur. Mendengar dengan baik, menghargai setiap momen yang ada dan bangun koneksi dengan sesama” –Oprah Winfrey, CEO OWN Network.

Rasulullah SAW sudah mengajarkannya 1400 tahun yang lalu dan itu jauh lebih dahsyat dari meditasi, yaitu shalat tepat waktu.

Pembelajaran #3 : Aspek Hidup Seimbang

Semasa riwayat hidup Rasulullah, waktu senantiasa digunakan untuk hal berikut ini:

  1. Pengembangan Spiritual
  2. Pengembangan keluarga dan sosial
  3. Pengembangan kapasitas pribadi

Kalau dalam bahasa modern, Ary Ginanjar Agustian mengartikan dengan istilah Spiritual Quotient (SQ), Emotional Quotient (EQ), dan Intellectual Quotient (IQ). Ketiga hal tersebut menyangga bagaimana manusia bisa sukses dan bahagia dalam hidupnya. Rasulullah sudah mencontohkannya 1400 tahun yang lalu.

Dengan spiritual yang tinggi, kita selalu dapat memaknai bahwa hidup ini tidaklah lebih dari sekedar untuk beribadah kepada Allah SWT

Dengan emotional quotient yang tinggi, kita dapat meningkatkan empati, tenggang rasa, dan juga akhlak mulia saat berhubungan dengan orang lain.

Dengan intellectual quotient, kita dapat meningkatkan kapasitas pribadi sehingga dapat memecahkan masalah kompleks dan melahirkan solusi – solusi inovatif.

Itu semua sudah diajarkan dan bisa kita terapkan dalam kehidupan kita agar hidup dapat menjadi lebih seimbang dan waktu pun semakin optimal.

Itulah 3 pembelajaran tentang manajemen waktu yang bisa saya bagikan kepada sahabat pembaca blog arryrahmawan.net. Semoga dengan peringatan maulud nabi, kita tidak terjebak hanya melakukan ritual rutin saja tetapi juga bisa menerapkan nilai – nilai yang beliau ajarkan dalam kehidupan kita sehari – hari.

Semoga bermanfaat untuk membuat hidup Anda lebih bermakna, berprestasi, dan berdampak dari sebelumnya.

Salam,
Arry Rahmawan
Personal Development Trainer
Direktur CerdasMulia Institute

Silakan temukan inspirasi lainnya dari saya melalui:

Free Online Course di YouTube : Channel Arry Rahmawan
Free Kultwit di : Twitter @ArryRahmawan
Free Inspirational Quotes : Instagram @ArryRahmawan
Free Inspirational Notes : Grup Facebook

Untuk mengundang saya memberikan seminar manajemen waktu dan produktivitas hidup di tempat Anda, silakan hubungi CerdasMulia Institute di 085640879848 (Melinda). Anda juga bisa mengikuti pelatihan manajemen waktu online dari saya dalam program ProductiveME! Academy Online.

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Bidang keilmuan peminatannya adalah simulasi bisnis, business model innovation, dan entrepreneurship development.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0856 4087 9848 (Melinda) atau email ke arryrahmawan@ui.ac.id.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!