High Performance Me

Berbagi Bikin Happy (Writing Challenge #15)

Written by Arry Rahmawan

Halo sobat muda, apa kabarnya hari ini? Di hari Senin pagi tadi, saya baru saja membagikan sebuah ebook lama yang saya pernah tulis di tahun 2011. Pada saat saya baca dan buka – buka lagi, wah ternyata waktu benar – benar cepat berlalu! Tidak terasa, 4 tahun sudah berlalu semenjak saya menulis buku itu. Padahal ketika dibuka lagi, rasanya baru kemarin saya menulis buku tersebut.

Buku yang saya tulis pada tahun 2011 itu berjudul asli 5 Kunci Siswa Hebat. Waktu itu, buku tersebut saya tulis sebagai buku wajib saat membawakan pelatihan bagi peserta. Pada tahun 2011, saya prihatin melihat banyaknya pemuda, pelajar, dan mahasiswa yang tidak tahu arah hidupnya, merasa frustrasi karena tidak dianggap oleh lingkungannya, merasa tertekan dengan pelajaran yang diembannya, dan masiiih banyak lagi hal – hal yang membuat saya sedih. Hingga akhirnya pada waktu itu saya memutuskan membuat buku ini, membuat pelatihannya, dan menyebarkan gagasan di dalamnya.

Hasilnya tidak sia – sia. Banyak dari pelajar yang mengalami pola pikir dalam memandang apa itu kualitas terbaik dalam hidup. Salah satu contohnya adalah pernyataan yang disampaikan oleh Maulana P Adjie, salah satu pelajar jenius yang sering mengikuti berbagai perlombaan akademik. Berikut ini adalah kutipannya,

Buku ini cukup menarik untuk dibaca, karena menawarkan sesuatu yang berbeda. Semenjak membaca buku ini, saya mulai memahami apa itu siswa hebat, dan apa itu siswa cerdas. Selain itu, pemahaman saya menegenai “anak pintar” versi Indonesia pun berubah.

Melihat berbagai macam reaksi para pembacanya, pada waktu tahun 2011 lalu saya sangat senang karena ternyata hidup saya ini berguna juga untuk orang lain, apalagi untuk adik – adik pemuda Indonesia.

Hingga pada akhirnya waktu berlalu, dan buku ini “5 Kunci Siswa Hebat” ini pun tidak lagi diterbitkan. Saya bertekad untuk terus menulis dan berbagi, hingga beberapa buku selanjutnya pun keluar. Salah satunya yang populer adalah Studentpreneur Guidebook yang mendapat banyak sekali pujian karena mengubah pola pikir anak muda sebelumnya terkait bisnis. Alasan saya menulis Studentpreneur Guidebook pun sederhana, karena pada waktu itu saya prihatin banyak anak muda yang kuliahnya berantakan gara – gara bisnis. Bahkan, tidak jarang yang sampai D.O! Jadilah kemudian saya membuat buku ini dan menunjukkan bahwa kuliah sambil bisnis itu adalah suatu hal yang sangat mungkin dilakukan!

Berikut ini beberapa pendapat di antaranya (di Goodreads mendapat rating 4.27 dari 5),

Pesan Tentang Studentpreneur Guidebook

 

Beberapa teman saya pernah ada yang tanya,

“Ry, lo ga capek apa hidup lo begitu? Nulis ini, nulis itu. Sharing ini, sharing itu, kayaknya hidup lo tuh sibuk banget. Ga pernah kelihatan santai.”

Kemudian saya bilang deh ke teman saya itu, “Eits, jangan salah. Gue begini udah dari tahun 2008 coy, dan bahkan bertahan hingga tahun 2015 ini. Kalau kita melakukan segala hal dari hati, maka pekerjaan mau seberat apapun (di mata orang lain), akan menjadi mudah untuk dikerjakan. Gue bukannya capek, malah justru happy. I don’t know, kalau kita bisa bermanfaat buat orang lain secara luas tuh rasanya gimana gitu. Ada kepuasan tersendiri yang gabisa diganti dengan uang, sebanyak apapun!” (walaupun alhamdulillah dengan berbagi itu, uang saya juga selalu terus bertambah dari arah yang tidak disangka – sangka ^^).

Akhirnya sampailah pada saat tadi pagi saya kembali membuka arsip – arsip tulisan lama saya dan saya menemukan buku digital saya 4 tahun lalu, “5 Kunci Siswa Hebat.” Saya pikir, tentu para pemuda saat ini pasti masih butuh buku ini, sama seperti para pemuda 4 tahun yang lalu. Saya paham betul, karena sewaktu saya masih remaja saya mengalami banyak rasa frustrasi dan bingung. Mulai dari memaknai hidup, membagi waktu sekolah, menjalin pertemanan dan lain sebagainya. Saya jadi ingin membagikan buku ini. Bukan menjualnya, tetapi membagikannya secara gratis!

Maka dari itu, hari ini saya me launching kembali buku saya, 5 Kunci Siswa Hebat dan agar sedikit lebih relevan, saya mengganti judulnya dengan 5 Kunci Pemuda Hebat. Namun, saya tidak membagikannya begitu saja. Selagi saya berbagi, saya juga ingin melakukan sebuah survey kecil, “Bagaimana sih kondisi pemuda Indonesia saat ini?” Survey singkat yang habis diisi selama 3 menit itu kemudian saya sebar dan saya memberikan hadiah ebook 5 Kunci Pemuda Hebat ini bagi mereka yang mengisi survey tersebut dengan baik.

Awalnya saya pikir, yang akan meminta mengisi survey tersebut sedikit. Namun, dalam beberapa waktu sudah terhitung ratusan orang mengikuti survey tersebut, dan saat ini buku tersebut sudah diunduh ratusan orang.

Wow! I’m really happy! Ternyata memang benar, berbagi itu bikin Happy!

Kamu mau juga buku 5 Kunci Pemuda Hebat ini? Tenang saja, semua pembaca akan saya berikan secara cuma – cuma buku digital seharga Rp125.000 ini. Tetapi dengan syarat, isi dulu surveynya yaaa… Sama seperti mereka yang sudah – sudah sebelumnya. Baru, setelah itu kamu bisa mengunduh bukunya dengan gratis. Benar – benar gratis! (padahal 4 tahun lalu, orang bayar mahal lho untuk mendapat buku itu, hehehe). Silakan klik tautan berikut ini untuk mengisi kuesionernya.

Alhamdulillah, senang sekali hari ini saya bisa kembali berbagi dengan sobat muda semuanya.

Kalau kamu, sudah berbagi apakah di hari ini?

 

Salam,

Arry Rahmawan
Founder CerdasMulia Institute & Young Trainer Academy
Pelatih Pengembangan Pemuda (Youth Development Trainer)

GRATIS! Ayo Gabung di Komunitas Indonesia Berpijar!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen serta peneliti di Universitas Indonesia mengenai inovasi, kewirausahaan, dan strategi bisnis yang senang berbagi pengetahuan dan pengalaman yang dimilikinya. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!