Achievement Campus Life Diary Keilmuan Pengembangan Diri

Buku Terbaru! Bermain untuk Belajar: Bagaimana Merancang Permainan Sebagai Media Pembelajaran yang Efektif

Written by Arry Rahmawan

Hari ini adalah salah satu hari yang membahagiakan buat saya, karena pada hari ini alhamdulillah – atas izin Allah – saya beserta rekan di laboratorium Systems Engineering, Modeling, and Simulation (SEMS) Universitas Indonesia menerbitkan sebuah buku yang berjudul “Bermain Sambil Belajar: Merancang Permainan Sebagai Media Pembelajaran yang Efektif.”

Buku yang kami mulai tulis sejak Desember 2017 lalu, akhirnya terbit juga. Oh ya, ngomong – ngomong ini buku “Bermain untuk Belajar” ini buku tentang apa, sih?

Secara umum, buku “Bermain untuk Belajar” adalah buku yang saya tulis untuk membantu memutus rantai pengajaran di kelas yang membosankan, menjemukan, dan tidak berkesan sama sekali. Coba kita bayangkan, selama kita mengenyam pendidikan di bangku sekolah dan kuliah, bagaimana kesan dan pengalaman yang kita dapatkan di dalam kelas?

Mayoritas dari kita tentu akan teringat betapa proses belajar mengajar di kelas itu mayoritas membosankan, bahkan menakutkan. Teringat bagaimana guru memanggil nama kita satu per satu, untuk kemudian menguji pemahaman kita dengan menjawab soal yang ada di depan kelas. Kalau benar, dapat nilai tambahan. Kalau salah, siap – siap dihukum, hehe.

Nah, selama 3 tahun terakhir ketika saya diterima sebagai dosen di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia, saya mencoba untuk menjawab pertanyaan, “apakah proses knowledge transfer di dalam kelas bisa ditingkatkan efektivitasnya, namun dengan cara yang lebih menyenangkan?” Jadi, selain proses belajar mengajar di kelas mampu memberikan pemahaman yang utuh kepada mahasiswa, bisakah proses tersebut juga memberikan kesan positif, menyenangkan, dan menginspirasi mahasiswanya?

Saya bersyukur, jawaban tersebut saya temukan saat ditempatkan sebagai peneliti di Systems Engineering, Modeling, and Simulation (SEMS) Lab, Universitas Indonesia. SEMS Lab adalah lab unggulan di Teknik Industri yang khusus berkecimpung dalam bidang rekayasa sistem, pemodelan, dan simulasi. Sebagai salah satu peneliti di sana, saya akhirnya menemukan bahwa untuk membuat proses belajar mengajar lebih efektif dan menyenangkan, maka salah satu cara yang digunakan adalah dengan menggunakan simulation games, atau permainan simulasi.

Yap, Anda tidak salah baca. Memang salah satu cara untuk membuat proses belajar mengajar semakin asyik dengan menggunakan permainan simulasi. Mengapa? Permainan simulasi yang menarik dan kompetitif tentunya akan meningkatkan motivasi pemain untuk berlomba meraih nilai tertinggi, sehingga akan mencoba untuk memahami konsep utuh permainan tersebut. Kedua, permainan simulasi mayoritas mewakili kompleksitas sistem yang sebenarnya, sehingga para pemain dapat belajar dan membandingkan efek dari keputusan – keputusan yang mereka ambil, sehingga dapat meningkatkan pemahaman mereka dengan lebih baik terhadap konsep tertentu. Namun dalam perguruan tinggi, di mana konsep yang diajarkan itu sedemikian rumit, apakah juga bisa menggunakan permainan? Bukankah permainan itu justru berbanding terbalik dengan belajar? Jangan – jangan, kalau mahasiswa justru malah asyik bermain, mereka malah tidak belajar – belajar dan malah gagal fokus.

Inilah yang kemudian dibahas dalam buku “Bermain untuk Belajar”, sebuah panduan lengkap untuk dosen, guru, dan praktisi profesional yang ingin tahu bagaimana sebuah permainan simulasi itu justru bisa mendukung efektivitas transfer wawasan dan pemahaman konsep yang lebih baik. Di buku ini juga dijelaskan secara lengkap dan juga sistematis bagaimana cara agar kita dapat merancang permainan sebagai media belajar. Untuk membedakan permainan ini dengan jenis permainan hiburan lain, kami menggunakan istilah Serious Simulation Game (SSG)., yaitu sebuah permainan simulasi yang memang sengaja dirancang bukan untuk tujuan utama hiburan, namun untuk tujuan utama belajar.

Di buku ini kami memberikan langkah.- langkah praktis bagaimana mengembangkan permainan SSG mulai dari nol. Selain itu, kami juga membagikan pengalaman kami dalam merancang dan menggunakan permainan yang kami buat di lab SEMS. Beberapa contoh permainan simulasi untuk pembelajaran yang kami buat, antara lain adalah OMG! (Operations Management Game), sebuah permainan papan yang digunakan sebagai media pembelajaran mahasiswa untuk mengetahui konsep dasar operations management.Kami juga berpengalaman dalam membuat permainan untuk mempelajari Project Management, yang dinamakan dengan PMG. Dengan beberapa contoh langsung yang kami ceritakan di buku ini, kami harap dapat membantu pembaca untuk mempraktikkan langsung apa yang ada di buku ini.

Berikut ini adalah info detil mengenai buku Bermain Sambil Belajar,

Judul: Bermain untuk Belajar – Merancang Permainan Sebagai Media Pembelajaran yang Efektif
Penulis: Akhmad Hidayatno, Arry Rahmawan Destyanto, Mohammad Rizky Nur Iman
Kategori: Pendidikan
ISBN: 978-602-371-636-4
Terbit: Oktober 2018
Halaman: 326, BW: 320, Warna: 6
Harga: Rp75.400,00

Deskripsi:

Seringkali kita berpikir bahwa bermain dan belajar adalah dua hal yang tidak bisa disatukan. “Jangan main terus nak, lebih banyak lah belajar agar mendapatkan nilai yang tinggi di sekolah,” mungkin itu adalah ucapan yang pernah dilontarkan orang tua Anda ketika dulu masih duduk di bangku sekolahan. Namun, ternyata hal tersebut tidaklah selalu benar. Bermain game ternyata juga dapat digunakan sebagai media belajar. Salah satu game populer tentang membangun dan menata kota, SimCity, ternyata digunakan oleh sekolahan (kelas 6-8) di Amerika Serikat sebagai media pembelajaran. Platform yang bernama SimCity Edu tersebut mengajak pelajar untuk memahami berbagai permasalahan di kota dan cara menanggulanginya dengan bermain game tersebut. Ini merupakan salah satu kasus di mana Anda tidak harus memilih antara bermain dan belajar, karena keduanya didapatkan dalam satu pengalaman. Selain menyenangkan, menggunakan game sebagai media belajar juga memilki efektifitas pembelajaran yang cukup tinggi. Akan tetapi, tidak semua game dapat digunakan sebagai media belajar. Diperlukan perancangan game secara khusus agar dapat digunakan secara efektif sebagai media belajar. Dalam buku ini, kami akan sedikit berbagi pengalaman kami dalam merancang game sebagai media belajar. Memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun, kami banyak belajar tentang perancangan game yang efektif. Pengalaman kami tersebut kami kumpulkan dalam metode perancangan game sebagai media belajar yang kami namakan ‘Sigma Game Principles’. Buku ini akan memandu langkah-langkah dalam metode tersebut agar Anda pun dapat merancang game.

Untuk memesan, silakan klik langsung tautan http://s.id/BuBook

Salam,
Arry Rahmawan

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0856 4087 9848 (Melinda) atau email ke arryrahmawan@ui.ac.id. Anda juga dapat terkoneksi langsung dengan Arry Rahmawan melalui beberapa jalur media sosial berikut ini:

Free Online Course di YouTube : Channel Arry Rahmawan
Free Kultwit di : Twitter @ArryRahmawan
Free Inspirational Quotes : Instagram @ArryRahmawan
Free Inspirational Notes : Grup Facebook

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Bidang keilmuan peminatannya adalah simulasi bisnis, business model innovation, dan entrepreneurship development.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0856 4087 9848 (Melinda) atau email ke arryrahmawan@ui.ac.id.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!