High Performance Me

11 Cara Ampuh Menghilangkan Stress dengan Cepat

Cara Ampuh Menghilangkan Stress dengan Cepat
Written by Arry Rahmawan

Bagaimana Cara Ampuh Menghilangkan Stress dengan Cepat?

Mungkin itulah pertanyaan yang sering ada di kepala kita saat mengalami apa yang namanya stress. Di era informasi dan persaingan yang sangat ketat seperti saat ini, setiap orang di Indonesia, bahkan di dunia seringkali rentan menghadapi stress. 

Stress bisa disebabkan oleh banyak faktor. Mulai dari merasa tidak yakin atas kemampuan diri sendiri, mendapatkan cobaan yang sangat berat, khawatir akan masa depan, atau ketakutan tertinggal dari berbagai macam persaingan.

Saya pun pernah mengalami stress, bahkan tidak jarang hingga saat ini. Terutama ketika menghadapi deadline kerja, melakukan suatu kesalahan tertentu, memiliki konflik dengan orang – orang yang saya cintai, dan bahkan rencana yang tidak berjalan sesuai dengan semestinya.

Stress itu sangat manusiawi dan semua orang pasti pernah mengalaminya. Kita memang tidak bisa mengendalikan seberapa besar tingkat stress yang akan datang ke dalam diri kita di kemudian hari. Namun, kita bisa mengendalikan diri kita untuk menyikapinya. Bahkan, jika tahu caranya, kita bisa menghilangkan stress itu dengan sangat cepat.

Ketika saya sedang mengalami stress, biasanya saya suka melakukan berbagai macam tips yang saya dapatkan di buku – buku atau seminar pengembangan diri yang pernah saya ikuti. Beberapa cara ada yang berhasil, sementara yang lainnya tidak.

Hari ini, saya ingin berbai kepada sahabat semuanya tentang SEMUA cara yang biasa saya lakukan untuk mengatasi stress ketika menyerang. Cara – cara ini adalah pengembangan dari tulisan saya sebelumnya, tentang Mengatasi Stress dan Frustrasi dengan Mudah. Di tulisan tersebut, saya memberikan 2 cara utama untuk menghilangkan stress dan rasa frustrasi. Di kesempatan kali ini, saya ingin menambahkan 11 cara lainnya yang biasa saya gunakan dan IT WORKS dalam menghilangkan stress saya dengan cepat.

Penasaran dengan cara – caranya? Silakan lakukan beberapa tips berikut ini,

Cara Menghilangkan Stress #1 : Shalat dan Berdoa

Sebagai seorang muslim, saya sangat beruntung karena ibadah shalat dan berdoa yang saya lakukan selalu dapat menenangkan hati saya. Ketika saya stress, saya ingin sekali menyegerakan shalat, atau melakukan shalat sunnah. Intinya, saya ingin berkomunikasi lebih intens dengan Allah SWT, sambil menceritakan segala macam hal yang terjadi dalam hidup saya. Saat shalat ini pula kemudian saya merasakan betapa kecilnya diri saya, dan betapa besarnya Allah SWT yang mampu menyelesaikan berbagai macam masalah.

Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan berzikir (mengingat) Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram” (Qs. ar-Ra’du: 28).

Saya mendapati diri saya dapat jauh lebih tenang pada saat saya mengetahui arti dari apa yang saya baca dalam shalat. Jadi memang untuk mendapatkan manfaat shalat yang lebih besar, kita harus benar – benar mengetahui apa arti dari setiap yang kita baca dalam shalat. Bagi Anda yang ingin belajar artinya, silakan klik tautan berikut ini.

Ketika saya shalat dan mengetahui artinya, hati saya menjadi lebih tenang dan tentram. Saya merasakan komunikasi yang lebih dalam kepada Allah SWT, bahkan bisa hingga saya menangis karena mengingat kesalahan – kesalahan yang telah lalu dan menjadikan saya bersyukur karena masih diberi kesempatan untuk memperbaikinya saat ini.

Cara Menghilangkan Stress #2 : Meditasi atau Menyendiri

Hal yang biasa saya lakukan berikutnya ketika stress datang adalah melakukan meditasi atau menyendiri di tempat yang tenang. Biasanya, saya melakukannya di kamar, diiringi dengan musik atau instrumen suara alam yang menenangkan.

Sambil memejamkan mata, saya berkata dengan suara berbisik, “lepaskan, lepaskan, lepaskan…”

Maksudnya adalah saya membayangkan bahwa aura stress sedang saya keluarkan, sambil membayangkan berbagai macam momen yang membuat saya lebih bersyukur bahwa saya sudah diciptakan ke dunia ini.

Cara Menghilangkan Stress #3 : Membaca Al Quran dan Artinya

Ketika stress, memang secara prinsip yang saya lakukan adalah mengadu ke Dzat yang Maha Besar untuk meminta pertolongan. Termasuk, membaca surat cinta dari Nya yang terkumpul di dalam Al Quran. Biasanya, setiap hari saya membaca minimal 1 juz Al Quran.

Cara lain yang biasa saya lakukan, adalah berdoa “ya Allah, tunjukkanlah solusi dari masalah yang sedang hamba hadapi ini.”, kemudian saya membuka Al Quran secara random. Ajaibnya, di setiap saya membuka Quran itu, seringkali saya menemukan jawaban dari setiap pertanyaan – pertanyaan saya.

Teknik itu diajarkan oleh istri saya, Melinda yang sering bercerita ketika stress itulah yang dia lakukan. Awalnya saya mencoba karena rasa penasaran saja. Ehhh… ternyata betul juga apa yang disarankan oleh istri saya.

Sahabat bisa juga mencoba cara yang saya dan istri saya lakukan ini.

Cara Menghilangkan Stress #4 : Memelihara Hewan

Memelihara hewan, adalah salah satu cara untuk melepaskan stress. Beberapa waktu yang lalu, saya bersama istri membeli ikan badut (ikan yang mirip di film finding nemo) yang lucu badannya belang – belang itu. Ikan badut ini adalah ikan air laut, yang kemudian saya beli untuk melihat dia berenang – renang kesana kemari.

Setiap saya pulang kerja, entah kenapa saya selalu ingin melihat ikan – ikan itu. Memberinya makan, melihatnya bergerak aktif dan lincah, dan memandangnya dari luar akuarium. Saya dan istri senang aja ngeliatnya.

Setiap orang tentu memiliki pilihan berbeda untuk memelihara hewan. Ada yang kucing, burung, kura – kura, dan ikan. Terserah Anda, tapi jika mau tips ini bisa dicoba.

Cara Menghilangkan Stress #5 : Curhat Kepada orang yang Dipercaya

Beruntung saya dulu memiliki banyak sahabat yang bisa saya percaya, karena saat saya merasakan stress yang tidak tertahankan biasanya saya akan cerita ke sahabat – sahabat saya tentang apa yang saya alami. Ada yang kemudian mensupport, berusaha membantu, ada yang mendoakan, atau bahkan rela mengorbankan waktunya untuk mendengarkan curhat kita.

Pernah beberapa waktu lalu saya kehilangan macbook air yang berisikan berbagai macam data penting selama 5 tahun. Berbagai data bisnis, data pelatihan, data pekerjaan saya, semuanya hilang. Ludes! Hal yang membuat saya stress adalah banyak deadline yang harus saya penuhi dalam waktu dekat dan data – datanya belum di backup!

Akhirnya, saya cerita pada beberapa orang masalah saya. Tidak disangka, ada sekitar 3 – 4 orang sahabat saya yang menawarkan untuk meminjamkan macbook mereka! Saya terharu, ternyata masih banyak yang perhatian sama saya… ^^

Walaupun pada akhirnya tidak ada laptop yang saya pinjam, tetapi berbagi cerita itu begitu meringankan perasaan. Namun, kita juga harus siap ketika sahabat kita yang curhat maka kita mau mendengarkan mereka.

Cara Menghilangkan Stress #6 : Bermain Game

Cara ampuh lain untuk menghilangkan stress yang saya lakukan adalah bermain game. Ya, biasanya saya bersama teman – teman meluangkan waktu khusus untuk bermain game PES (Pro Evolution Soccer 2016) di Playstation 4. Saya bersyukur di tempat kerja saya, disediakan PS4 (mungkin untuk mengantisipasi terjadinya stress kali ya, hehehe). Kalau saya sedang di rumah, saya biasa bermain game – game strategi, seperti rise of nations atau age of empires 3. Permainan yang menurut saya sangat menyenangkan.

Namun tetap, kita harus membatasi waktu bermain kita. Intinya jangan berlebihdan dan membuat tugas – tugas lainnya terbengkalai. Bermain harus kita jadikan salah satu aktivitas untuk mendongkrak produktivitas kerja.

Cara Menghilangkan Stress #7 : Istirahat dan Tidur

Ketika saya sedang banyak pikiran, biasanya saya mengistirahatkan diri terlebih dahulu dari aktivitas yang ada. Bahkan, jika diperlukan saya tidur terlebih dulu. Biasanya tidur siang, selama setengah – 1 jam (power nap). Setelah bangun tidur, selain pikiran menjadi lebih fresh, biasanya kita memiliki ide – ide baru untuk menyelesaikan masalah yang ada.

Seringkali pikiran kita menjadi tumpul untuk memikirkan ide dan solusi karena sudah terlalu besar beban pikiran yang ada. Hal yang perlu kita lakukan adalah melakukan penyegaran kembali (refresh) pikiran kita, salah satunya dengan tidur.

Cara Menghilangkan Stress #8 : Berolahraga

Berolahraga dapat meningkatkan hormon endorphine, yang membuat kita dapat tidur lebih baik. Dengan tidur yang lebih baik dan nyenyak, tingkat stress kita pun menjadi lebih kecil.

Sewaktu saya menyelesaikan Thesis S2 saya dulu, saya merasakan betul manfaat dari berolahraga terhadap tingkat stress yang saya miliki. Saat di kampus setiap pekan selalu berkutat dengan jurnal, paper, menulis buku thesis, mencari data, dan selalu khawatir dengan penilaian para penguji, saya meluangkan waktu akhir pekan saya untuk berolahraga badminton dengan teman – teman SMA saya.

Cara ini sangat efektif untuk mengurangi tingkat stress saya. Apalagi, biasanya setelah puas berolahraga, kita berkumpul dan makan enak di restoran sambil cerita berbagai kenangan SMA atau aktivitas saat ini masing – masing.

Berolahraga, adalah salah satu tips menghilangkan stress yang saya rekomendasikan untuk Anda.

Cara Menghilangkan Stress #9 : Menghindari Smartphone dan Social Media

Ini adalah cara ampuh namun kalau kelamaan bisa membuat orang bertanya – tanya. Hehehe… Cara ampuh yang biasa saya lakukan untuk mengurangi stress saya adalah dengan menghindari smartphone dan social media yang saya punya untuk sementara waktu. Hal ini berguna untuk menenangkan pikiran sejenak, agar bisa memberikan respon terhadap kehidupan dengan lebih baik.

Kelemahannya, jika kita menggunakan cara ini terlalu lama, orang bisa menyangka kita “menghilang.” Sahabat saya, sebut saja namanya Awal pernah menggunakan cara ini selama 1 minggu. Tentu saja, orang yang berkepentingan dengan dia jadi bertanya – tanya dia ada di mana. Bahkan, ada orang yang khawatir dan posting di akun socmed nya bahwa Awal tiba – tiba hilang dan tidak bisa dihubungi. Semua yang kenal dengan Awal pun kemudian mencarinya.

Ternyata, dia tidak kemana – mana. Awal hanya ingin menghilangkan suntuk dan stress nya. Itu saja.

Cara Menghilangkan Stress #10 : Membiasakan Tersenyum dan Bersyukur

Saya pernah belajar dari pak Tung Desem Waringin, bahwa kita bisa memanipulasi emosi dalam diri kita dengan mengubah struktur fisik tubuh kita. Misalnya, saat kita merasa lemas dan ngantuk, kita bisa mengubah postur tubuh dari yang tadinya senderan, menjadi tegak, tulang belakang lurus, dan dada sedikit membusung. Dengan perubahan posisi tubuh ini, tiba – tiba rasa semangat itu pun muncul.

Hal yang sama juga biasa dilakukan untuk menghilangkan gugup saat berbicara di depan umum. Ketika sedang gugup, pak Tung juga mengajarkan untuk melakukan apa yang namanya injak – injak bumi. Yaitu kita loncat – loncat, injak – injak bumi sambil berkata saya bisa, saya bisa, saya bisa! Perubahan posisi fisik ini, masuk dan memompa kondisi emosi menjadi lebih bersemangat dan positif.

Begitu juga dengan stress, kita bisa mengaturnya dengan memasang wajah tersenyum dan bersyukur. Sekarang, cobalah pasang wajah ekspresi normal Anda adalah tersenyum. Secara ajaib, Anda akan merasa bahwa perasaan Anda lebih baik.

Tidak percaya?

Coba silakan dicoba sendiri. Anda cukup memasang wajah sedikit senyum sebagai ekspresi normal Anda. Maka, Anda akan merasakan bahwa perasaan Anda jauh lebih baik dari sebelumnya.

Cara Menghilangkan Stress #11 : Menata Kembali Pikiran

Pada akhirnya, biasanya stress terjadi karena kita tidak mampu mengendalikan pikiran kita. Banyak di antara kita yang sebenarnya tadinya normal dan biasa – biasa saja, menjadi stress karena berpikir tentang kekhawatiran – kekhawatiran yang belum tentu terjadi. Perasaan was – was yang berlebih, semakin memperkuat diri kita untuk merasa stress.

Maka dari itu, biasakan diri kita untuk memasukkan banyak hal positif ke dalam diri, agar terekam ke alam bawah sadar kita. Sehingga, ketika kita menghadapi tantangan dan musibah, “suara pikiran” yang muncul adalah suara pikiran yang menyemangati, bukan yang justru malah menjatuhkan.

Cara yang bisa dilakukan antara lain : memperbanyak membaca buku biografi orang berhasil, menonton film yang inspiratif dan menyemangati, berteman dengan mereka yang berprestasi, dan bersahabat dengan orang yang mendukung impian kita.

Oke sahabat, semoga cara ampuh menghilangkan stress ini bisa bermanfaat untuk Anda. Saya juga pernah menuliskan tentang 9 Cara Membuat Hidup Lebih Bahagia, yang semoga bisa membantu Anda melipatgandakan kebahagiaan Anda saat ini.

Salam,
Arry Rahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah seorang praktisi inovasi, kewirausahaan, dan bisnis yang senang berbagi pengetahuan serta pengalaman yang dimilikinya. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

1 Comment

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!