Guest Post: Tulisan ini ditulis oleh Muhammad Setiawan. Mahasiswa CCIT Fakultas Teknik UI 2012. Iwan merupakan Asisten Trainer di CerdasMulia Leadership and Training Center.

Mungkin teman-teman bingung tentang membaca karakter teman anda, saudara, tetangga, ayah, ibu, adik , kakak, atau KARAKTER ANDA SENDIRI !! penasaran yaa? Kita akan mengulas sedikit tentang personality plus yang semoga bermanfaat! Pemetaan ini sendiri sebenarnya merupakan teori lama, namun menurut penulis pemetaan menggunakan 4 hal ini termasuk cara paling praktis dan masih relevan dengan saat ini.

Personality plus terbagi menjadi 4 bagian :

1.      Sanguinis (populer)

2.      Melankolis (sempurna)

3.      Koleris (kuat)

4.      Plagmatis (cinta damai)

Kita bahas dari sanguinis terlebih dahulu, jadi orang yang sanguinis itu cenderung ingin disenangi orang lain, hidupnya penuh dengan warna – warni, emosinya bergejolak.

Orang yang berkarakter sanguinis mempunyai kelebihan suka bicara, antusias, ekspresif, ceria, rasa ingin tahunya tinggi , mudah berubah – ubah , berhati tulus, senang berkumpul, mudah berteman, dan menyukai orang lain, mudah memaafkan, mengambil inisiatif, spontanitas.

Dan ada juga kekurangannya yaitu suara dan tertawa keras, membesar- besarkan masalah , susah diam, mudah dikendalikan, sering minta persetujuan, konsentrasi pendek, medah berubah – ubah prioritas kegiatan kacau, mendominasi percakapan, suka menyela, egoistis, dan mengulang cerita yang sama, kepo orangnya ehehe :D

Yang kedua yaitu melankolis orang yang berkarakter melankolis hidupnya teratur, terjadwal, membentuk pola, suka fakta- fakta, data- data dan angka sering memikirkan secara mendalam, ingin serba sempurna dan teratur  sepertinya kebalikannya sanguinis deh ehehe :D

Kelebihan melankolis adalah penuh pikiran , serius dan bertujuan , terjadwal, musical dan kreatif, sensitive, mau mengorbankan diri , idealis, standart tinggi, perfectionis, terperinci, tekun, serba teratur, kalau sudah mulai harus selesai, menghindari perhatian, mau mendengar keluhan, setia, sangat memperhatikan orang lain.

Kelemahan melankolis adalah melihat masalah dari sisi negative, murung, tertekan, pendendam, merasa bersalah, citra diri rendah, tertekan pada situasi, terlalu menganalisa, dan merencanakan, sulit mengungkapkan perasaan.

Nah sekarang masuk ke yang ketiga yaitu Koleris ciri – cirinya yaitu suka mengatur orang, tidak mau jadi penonton, senang tantangan, hanya saya yang bias menyelesaikan masalah, tegas, kuat, cepat, tangkas, tidak ada yang tidak mungkin.

Kelebihan koleris yaitu seorang leader, pengambil keputusan, dinamis, aktif, sangat memerlukan perubahan, solutif, bergerak cepat, orientasi berfokus pada produktifitas, mau memimpin, punya visi.

Kekurangan koleris yaitu tidak sabar, cepat marah, sering memerintah, susah sekali santai, menyukai kontroversi, tidak suka yang bertele- tele, emosi tidak simpatik, gila kerja, sulit meminta maaf, banyak tuntutan pada orang lain.

Nah sekarang masuk ke yang terakhir yaitu Plagmatis kita bahas sedikit tentang plagmatis!!! Okee Plagmatis itu orangya paling menghindari konflik, disuruh apa saja mau, rela sakit aslkan masalah selesai, dia tidak mau menyakiti orang lain, kalem, sangat sabar, jadi pendengar yang baik. Jadi kalau mau curhat sama orang yang plagmatis aja ehehe :D

Kelebihan plagmatis yaitu mudah bergaul, santai, tenang, tegush, sabar, tidak banyak bicara, cenderung bijaksana, simpatik, baik hati, sering menyembunyikan emosi, kuat dibidang administrasi, penengah masalah yang baik, menyenangkan, humoris, peduli, mudah rukun dan damai.

Kekurangan Plagmatis yaitu khawatir, menghindari tanggung jawab, keras kepala, sulit kompromi, pendiam, pemalu, kurang berorientasi pada tujuan, sulit bergerak dan suka menunda – nunda masalah.

Nah sekian pembahasan tentan personality plus!! Jadi teman – teman bias menilai sendiri bagaimana karakter orang disekelilingmu dan dirimu sendiri.

Bagaimana menurut kamu?