Artikel Utama

Cara Cepat Mengetahui Kepribadian Seseorang

7

Guest Post: Tulisan ini ditulis oleh Muhammad Setiawan. Mahasiswa CCIT Fakultas Teknik UI 2012. Iwan merupakan Asisten Trainer di CerdasMulia Leadership and Training Center.

Mungkin teman-teman bingung tentang membaca karakter teman anda, saudara, tetangga, ayah, ibu, adik , kakak, atau KARAKTER ANDA SENDIRI !! penasaran yaa? Kita akan mengulas sedikit tentang personality plus yang semoga bermanfaat! Pemetaan ini sendiri sebenarnya merupakan teori lama, namun menurut penulis pemetaan menggunakan 4 hal ini termasuk cara paling praktis dan masih relevan dengan saat ini.

Personality plus terbagi menjadi 4 bagian :

1.      Sanguinis (populer)

2.      Melankolis (sempurna)

3.      Koleris (kuat)

4.      Plagmatis (cinta damai)

Kita bahas dari sanguinis terlebih dahulu, jadi orang yang sanguinis itu cenderung ingin disenangi orang lain, hidupnya penuh dengan warna – warni, emosinya bergejolak.

Orang yang berkarakter sanguinis mempunyai kelebihan suka bicara, antusias, ekspresif, ceria, rasa ingin tahunya tinggi , mudah berubah – ubah , berhati tulus, senang berkumpul, mudah berteman, dan menyukai orang lain, mudah memaafkan, mengambil inisiatif, spontanitas.

Dan ada juga kekurangannya yaitu suara dan tertawa keras, membesar- besarkan masalah , susah diam, mudah dikendalikan, sering minta persetujuan, konsentrasi pendek, medah berubah – ubah prioritas kegiatan kacau, mendominasi percakapan, suka menyela, egoistis, dan mengulang cerita yang sama, kepo orangnya ehehe :D

Yang kedua yaitu melankolis orang yang berkarakter melankolis hidupnya teratur, terjadwal, membentuk pola, suka fakta- fakta, data- data dan angka sering memikirkan secara mendalam, ingin serba sempurna dan teratur  sepertinya kebalikannya sanguinis deh ehehe :D

Kelebihan melankolis adalah penuh pikiran , serius dan bertujuan , terjadwal, musical dan kreatif, sensitive, mau mengorbankan diri , idealis, standart tinggi, perfectionis, terperinci, tekun, serba teratur, kalau sudah mulai harus selesai, menghindari perhatian, mau mendengar keluhan, setia, sangat memperhatikan orang lain.

Kelemahan melankolis adalah melihat masalah dari sisi negative, murung, tertekan, pendendam, merasa bersalah, citra diri rendah, tertekan pada situasi, terlalu menganalisa, dan merencanakan, sulit mengungkapkan perasaan.

Nah sekarang masuk ke yang ketiga yaitu Koleris ciri – cirinya yaitu suka mengatur orang, tidak mau jadi penonton, senang tantangan, hanya saya yang bias menyelesaikan masalah, tegas, kuat, cepat, tangkas, tidak ada yang tidak mungkin.

Kelebihan koleris yaitu seorang leader, pengambil keputusan, dinamis, aktif, sangat memerlukan perubahan, solutif, bergerak cepat, orientasi berfokus pada produktifitas, mau memimpin, punya visi.

Kekurangan koleris yaitu tidak sabar, cepat marah, sering memerintah, susah sekali santai, menyukai kontroversi, tidak suka yang bertele- tele, emosi tidak simpatik, gila kerja, sulit meminta maaf, banyak tuntutan pada orang lain.

Nah sekarang masuk ke yang terakhir yaitu Plagmatis kita bahas sedikit tentang plagmatis!!! Okee Plagmatis itu orangya paling menghindari konflik, disuruh apa saja mau, rela sakit aslkan masalah selesai, dia tidak mau menyakiti orang lain, kalem, sangat sabar, jadi pendengar yang baik. Jadi kalau mau curhat sama orang yang plagmatis aja ehehe :D

Kelebihan plagmatis yaitu mudah bergaul, santai, tenang, tegush, sabar, tidak banyak bicara, cenderung bijaksana, simpatik, baik hati, sering menyembunyikan emosi, kuat dibidang administrasi, penengah masalah yang baik, menyenangkan, humoris, peduli, mudah rukun dan damai.

Kekurangan Plagmatis yaitu khawatir, menghindari tanggung jawab, keras kepala, sulit kompromi, pendiam, pemalu, kurang berorientasi pada tujuan, sulit bergerak dan suka menunda – nunda masalah.

Nah sekian pembahasan tentan personality plus!! Jadi teman – teman bias menilai sendiri bagaimana karakter orang disekelilingmu dan dirimu sendiri.

Bagaimana menurut kamu?

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.
Arry Rahmawan
Halo pembaca sekalian! Perkenalkan nama saya Arry. Saya memiliki impian untuk mewujudkan Generasi Indonesia Produktif, yaitu generasi yang bersemangat untuk berkarya dalam rangka memajukan bangsa. Untuk mewujudkannya, saya mendedikasikan diri saya menjadi penulis, trainer, dan blogger di bidang peningkatan produktivitas hidup manusia. Saya tergabung sebagai dosen di Universitas Indonesia dan juga sedang berjuang bersama tim saya di CerdasMulia Institute sebagai direktur untuk membangun generasi muda yang lebih berkarakter, cerdas, dan mulia. Terima kasih telah mengunjungi blog ini. Apabila Anda ingin berkomunikasi dengan saya, feel free buat mention Twitter saya di @ArryRahmawan. Untuk mengundang saya mengisi seminar atau workshop produktivitas hidup di institusi Anda, silakan kirimkan email ke arry.rahmawan [at] gmail.com. Salam Indonesia Produktif!
You may also like
Keyakinan tentang Rezeki
Follow Your Passion is (not) easy
19 Comments
  • nurdiansyah Nov 26,2014 at 7:28 am

    selamat pagi pak.
    pak, saya salah satu orang yg mempunya sifat sanguinis, gmn caranya saya ini menghilangan dari segi negatifnya dari sefat sanguinis? mungkin itu saja pak. trksh

    • Arry Rahmawan Dec 23,2014 at 11:17 pm

      Sanguin kelemahannya adalah dominatif dan ingin menjadi pusat perhatian. Biasakan mulai menyesuaikan dan menempatkan diri sesuai dengan kondisi yang ada. Mulai belajar untuk bekerjasama dengan orang lain.

  • elisa Oct 23,2014 at 7:05 pm

    selamat malam pak :)
    saya orang yang mempunyai karakter melankolis
    apa yang harus saya lakukan untuk dapat mengubah sifat saya yang pendiam. sepertinya sulit bicara, dan kalau mau bicara cenderung mikir dlu sebelum diucapan :) trimakasih pak :)

  • Jeniv Mar 4,2014 at 6:19 pm

    Saya termasuk tipe plagmantis… :) Saya cinta damai… Hehehe

  • hadi Nov 30,2013 at 12:24 am

    ass. pak saya merupakan tipe melankolis . kenapa ya ditempat kerja saya, banyak teman2 yang mengatakan kerjaan saya lambat padahal saya udah maksimal kerja.

    makasih

  • kurnia bagus Nov 8,2013 at 9:10 am

    Assalamualaikum wr wb, pak saya ingin bertanya tentang kepribadian saya sendiri. saya selalu tidak percaya diri layaknya tidak memiliki semangat pak, saya juga sering gelisah khawatir tentang hari esok. kalau didepan teman2, saya merasa minder lemah pak. terima kasih mohon bantuannya, atas kesediaannya saya ucapkan terima kasih

  • candera Oct 29,2013 at 10:37 am

    as pak saya ingintau sipat saya suka membual atau cerita yg tidak betul tujuan agr orang percaya dan kasihan untuk membuat orang kagum bagai manapak

  • apuah Aug 16,2013 at 5:14 pm

    assalamualaikum pak,dari kategori diatas sepertinya saya termasuk kategori melankolis yang jadi masalah bagian kelemahan itu yang sering membuat saya kalah dalam mengatasi diri sendiri,apa yang harus saya lakukan untuk mengatasinya

    • Arry Rahmawan Aug 18,2013 at 11:35 pm

      Waalaikumsalam wr wb, cara mengatasi kelemahannya adalah berfokus pada kelebihan Anda. Namun, belajar juga untuk mengurangi kelemahan yang ada pada diri Anda. Misalnya jika kelemahan Anda adalah mudah tertekan, maka biasakan untuk ‘membisikkan’ diri Anda bahwa Anda optimis maka semuanya akan selesai. Tidak instan memang, namun hal itu perlu dicoba. :)

  • sumiyati Aug 16,2013 at 3:50 pm

    maaf pak,walaupun sudah di bagi menjadi 4 ciri tapi saya msh bingung menggolongkan pribadi saya pada golongan yg mana,,,,dan karakter saya juga kompleks,trmksh pak arry,

    • Arry Rahmawan Aug 18,2013 at 11:33 pm

      Tidak ada yang 100% berada di golongan tertentu. Hal di atas hanyalah penyederhanaan saja. Jika kita mau jujur, pasti ada salah satu yang dominan dibandingkan yang lainnya.

  • Aldi Rahman Untoro Aug 11,2013 at 12:57 pm

    Pak Arry, menurut yang bapak jelaskan, saya termasuk plagmatis, itu kebanyakan cocok sama saya, cara mengatasi menunda-nuda masalah gimana? hehe.. soalnya saya suka menunda-nuda sesuatu pak mohon dijawab

  • Husni Jul 21,2013 at 6:51 pm

    Selamat Malam Pak Arry Rahmawan, ingin bertanya…
    Saya termasuk orang dengan kepribadian Sanguinis akan tetapi saya tidak terlalu sangat sanguinis, seperti ciri-ciri yang disebutkan diatas, akan tetapi sebagian besar ada ciri-ciri tersebut dalam diri saya.

    Mungkin ada level lagi didalam suatu ilmu sikologi yang lebih spesifik lagi, untuk mengenali diri saya ini…
    Mohon Info2nya… terimahasih

    • Arry Rahmawan Jul 21,2013 at 9:49 pm

      Selamat malam Pak Husni, terima kasih sudah mampir ke blog ini. Semoga blog ini dapat memberikan manfaat,

      Tipe kepribadian di atas dimaksudkan agar kita dapat dengan mudah memetakan bagaimana kepribadian orang. Pada kenyataannya, tidak ada orang yang 100% murni mengambil salah satu kepribadian saja namun bisa juga terbentuk dari kepribadian lainnya. Tentu saja tidak hanya Pak Husni, namun juga saya dan juga banyak orang lainnya. Saya bertipe melankolis, namun ada juga unsur kolerisnya.

      Intinya dengan mengetahui kepribadian, kita jadi tahu mana kelebihan yang perlu dipertahankan dan mana keburukan yang harus diperbaiki. Bahkan akan lebih baik jika kita bisa seimbang dan ‘connect’ jika harus menghadapi berbagai macam tipe orang (fleksibel). Namun tetap ada yang lebih dominan, seperti Pak Husni dengan sanguinisnya.

      Dalam ilmu psikologi juga dikenal berbagai tes kepribadian lain. Empat tipe di atas adalah yang paling mudah, sisanya ada tes MBTI, STIFIn, dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat ya pak. :)

  • utami warna sari Mar 21,2013 at 5:51 pm

    maaf pak sama mau bertanya bagaimana cara agar kita dapat mengetahui lebih dalam lagi tentang diri kita secara kesuluruhan ,karna terkadang kita sulit untuk mengetahui sebenarnya siapa diri kita nah itu bagaimana cara agar kita dapat mengetahui lebih dalam dari kita sendiri ?

    terima kasih

    • Arry Rahmawan Jul 21,2013 at 9:53 pm

      Mengetahui diri kita lebih dalam bisa dilakukan dengan kontemplasi, renungan, bertanya, dan mengambil tes uji karakter atau kepribadian. Kalau misalnya kita ingin tahu sifat kita, kita bisa bertanya dari sahabat atau orang-orang terdekat kita, misalkan keluarga. Kita juga bisa mengambil uji atau tes kepribadian yang lebih ilmiah (psikotes) sehingga didapatkan dengan jelas diri kita seperti apa sebenarnya (dengan catatan mengisinya harus jujur), selanjutnya tinggal disesuaikan kelebihan dan kekurangan yang kita miliki dengan tujuan yang ingin kita capai sehingga dapat memberikan strategi yang lebih baik. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply