High Performance Me

9 Cara yang Terbukti Ilmiah Membuat Hidup Anda Lebih Bahagia

Written by Arry Rahmawan

Bagaimana Cara Membuat Hidup Menjadi Lebih Bahagia?

Sejak kecil, kita sudah diajarkan banyak hal tentang bagaimana cara meraih kebahagiaan. Ada yang menganggap kebahagiaan akan datang saat kita bisa meraih peringkat tertinggi di kelas. Ada yang berpendapat bahwa kebahagiaan datang apabila memiliki banyak teman. Ada juga yang berpendapat bahwa kebahagiaan itu ada saat kita bisa memiliki sesuatu yang kita inginkan. Dari pemahaman yang seperti itu, tidak heran apabila sebagian besar waktu yang kita miliki untuk hidup ini digunakan untuk ‘mengejar’ kebahagiaan yang ada di luar diri kita. Misalnya, mencari uang yang lebih banyak, mencari jabatan yang lebih tinggi, mencari pengakuan yang lebih luas, atau mencari pasangan hidup yang ideal. Seolah, kebahagiaan itu belum bisa kita rasakan hari ini.

Namun, selama 25 tahun saya hidup dan mengamati orang – orang yang berhasil (khususnya mentor saya), mereka justru bukanlah orang – orang yang ‘mencari’ kebahagian. Sebaliknya, orang – orang yang berhasil, adalah mereka yang bisa ‘menghasilkan’ kebahagiaan.

They don’t find happiness, they CREATE and GENERATE happiness.

Jadi, mereka bukan hanya berharap bahwa kebahagiaan akan tiba saat kita mendapatkan ini dan itu. Mereka memutuskan untuk hidup bahagia saat ini juga. Mereka tidak menggadaikan kebahagiaan di luar diri mereka. Mereka menjadikan diri mereka sendiri sebagai ‘pembangkit’ kebahagiaan.

Di hari Minggu yang membahagiakan ini, izinkan saya merangkum 9 cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat hidup menjadi lebih happy. Silakan cek dan coba diterapkan untuk hidup Anda.

#1 : Bersyukur atas Nikmat atau Karunia yang Diberikan Tuhan

Semua riset menguatkan dan tidak ada yang membantah bahwa bersyukur atas nikmat Tuhan mampu melejitkan kebahagiaan manusia hingga berkali – kali lipat. Cobalah untuk mengingat 3 nikmat yang Anda dapatkan setiap hari dan layak untuk disyukuri. Saya biasa menerapkan hal ini ketika baru bangun tidur. Saya bersyukur kepada Allah, bahwa hari ini saya masih diberikan kesempatan untuk hidup, masih diberikan kesempatan untuk bertumbuh, dan juga diberikan kesempatan untuk berbuat kebaikan (salah satunya menulis blog ini). Saya yakin, setiap manusia memiliki banyak hal untuk disyukuri dalam hidupnya. Hanya saja, sering kali kita lebih fokus pada apa yang dimiliki dan dicapai orang lain. Jadi, saran saya jika Anda ingin bahagia, bersyukurlah atas apa yang sudah Anda miliki.

#2 – Mengingat Kebesaran dan Keagungan Allah

Saat ada dalam masalah yang membuat stress, mengingat Allah adalah salah satu jalan yang sangat dianjurkan untuk membuat diri kita bahagia. Ketika kita mengetahui bahwa ada Dzat yang jauh lebih besar dari kita, Dzat yang bisa kita mintai bantuan serta pertolongan, di saat itu pula kita memiliki harapan dan dapat memantik kebahagiaan dalam hidup kita. Cobalah untuk memperbanyak dzikir atau shalat. Sadarilah bahwa hakikat sebenarnya dalam hidup ini adalah untuk mengumpulkan bekal agar kita siap berjumpa dengan Allah. Rumah asal kita di surga, sementara dunia ini hanyalah tempat singgah sesaat saja. Bukankah begitu? 🙂

Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan berzikir (mengingat) Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram” (Qs. ar-Ra’du: 28).

#3 – Melakukan Meditasi

Banyak studi yang menunjukkan bahwa meditas dapat mengurangi stress dan rasa tertekan. Kalau saya pribadi, meditasi ini lebih saya libatkan dalam aktivitas shalat yang saya lakukan. Dengan catatan, kita benar – benar mengetahui apa yang kita baca dalam shalat. Hal itu membuat pikiran kita jauh lebih tenang dan bahagia.

#4 – Berkata dan Bertindak Antusias Selayaknya Orang Happy (Walaupun sedang tidak)

Penelitian di UC Riverside psychologist menemukan bahwa orang yang sedang negatif atau stress dapat mengubah perasaan mereka hanya dengan satu pemikiran atau ekspresi positif. Misalnya, jika kita membiasakan diri kita untuk senyum secara sadar dalam kondisi apapun, maka hal itu juga akan membuat emosi kita lebih bahagia.

Jika Anda membaca artikel ini, coba deh untuk tersenyum selama 1 menit. Anda akan merasakan ad perbedaan dalam diri Anda.

#5 – Jalan – Jalan ke Luar

Sebuah studi menunjukkan bahwa jika Anda ingin dapat mengurangi tingkat stress, Anda bisa mencoba untuk jalan – jalan ke luar. Saya sama istri biasanya sering makan bersama di luar, mencoba tempat – tempat makan yang baru. Kalau di kantor, setiap tahun ada acara tafakur alam ke air terjun di daerah puncak, Bogor. Saya biasanya ikut karena bisa membuat diri menjadi lebih tenang dan bahagia.

#6 – Mendengarkan Lagu Instrumen yang Mengharukan

Lagu – lagu ini seringkali banyak digunakan dalam training motivasi. Terlebih lagi adalah training motivasi ESQ. Secara sciencemendengarkan instrumen yang mengharukan ini dapat menyebabkan diri kita lebih happy. Karena secara tidak sadar kita dibawa untuk kontemplasi, evaluasi diri, bahkan melepaskan emosi (menangis). Hal ini membuat diri menjadi lebih bahagia.

Salah satu lagu (dari sekian banyak) yang biasa saya dengarkan adalah The Elegance of Pachelbel – Serenade.

#7 – Memiliki Tujuan Hidup yang Jelas

Seseorang yang mampu memahami untuk apa dirinya diciptakan, maka akan memiliki peluang lebih besar untuk bahagia. Hal ini dapat mengoptimalkan bagaimana diri kita menjalani hidup. Orang yang mengetahui tujuan jelas, hidup lebih bersemangat karena tahu apa yang harus mereka lakukan. Sudah banyak studi yang menjelaskan mengapa memiliki tujuan hidup yang jelas menjadikan orang lebih bahagia.

#8 – Menulis Jurnal atau Curhat Melalui Tulisan

Penelitian dari Psychcentral mengungkapkan ada banyak manfaat dari segi kesehatan bagi mereka yang senang menulis atau curhat melalui tulisan. Hal tersebut membuat kita bisa mengeluarkan segala uneg – uneg dan perasaan yang ada di dalam hati. Selain itu juga dapat membuat pikiran kita menjadi lebih jernih dalam menghadapi masalah, yang berujung pada perasaan yang bisa membuat hidup lebih happy.

#9 – Banyak Minum Air Putih

Kalau banyak orang lain mempromosikan kafein alias kopi untuk membuat hidup mereka lebih fresh dan happy, maka saya menganjurkan Anda untuk banyak minum air putih saja. Karena, tubuh kita sebagian besar terdiri dari air. Seringkali saat kita dehidrasi, menyebabkan diri menjadi lelah dan letih. Hal ini dapat menjadikan perasaan terpengaruh dan ikut tidak bersemangat. Pernyataan saya ini didukung dengan 34 bukti bahwa banyak minum air dapat membantu Anda lebih happy.

Oke, itulah dia 9 cara yang bisa Anda gunakan untuk menghasilkan kebahagiaan di dalam diri Anda. Dengan cara tersebut, Anda tidak melulu menanggap bahwa kebahagiaan ada di luar diri kita. Nikmatilah hidup dengan lebih happy.

Semoga membantu hidup Anda untuk lebih bahagia, bertumbuh, dan berdampak.

Adakah cara lain yang biasa Anda gunakan untuk membuat hidup Anda lebih happy? Silakan bagikan pengalaman Anda di kotak komentar di bawah ya.

Salam,
Arry Rahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen serta peneliti di Universitas Indonesia mengenai inovasi, kewirausahaan, dan strategi bisnis yang senang berbagi pengetahuan dan pengalaman yang dimilikinya. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!