High Performance Me

Cara Membuat Ide Menjadi Kenyataan

Cara Mewujudkan Ide Menjadi Kenyataan
Written by Arry Rahmawan

Bagaimana Caranya Agar Ide Kita Menjadi Kenyataan?

Saya seringkali merasa takjub dengan teman – teman saya di social media yang memberikan update terbaru atas apa yang mereka lakukan. Tidak semuanya membuat takjub sih, tapi ada beberapa yang dengan kreativitasnya membuat saya geleng – geleng kepala.

Misalnya teman saya M. Alfatih Timur yang mendirikan KitaBisa.com. Sebuah situs crowdsourcing yang menurut saya mungkin bisa dibilang paling berpengaruh di Indonesia. Orangnya masih muda dan hanya memiliki gagasan sederhana di mana banyak orang baik di negeri ini yang bersedia membantu proyek orang baik pula. Dia buat sebuah penghubung orang – orang baik ini, ketika ada yang ingin membuat proyek kebaikan memberi kesempatan pada orang baik lainnya untuk bisa membantu. Jadilah kitabisa.com.

Dari gagasan sederhana itu, dia mendapat penghargaan sebagai salah satu sociopreneur paling berpengaruh versi majalah FORBES. Majalah FORBES loh! Ga main – main!

Saya yakin, tidak sedikit orang yang mungkin memiliki gagasan yang sama. Bahkan termasuk kita. Mungkin, kita pernah punya ide sekedar lewat yang sama dengan kitabisa.com itu. Kita pernah melihat ada orang baik yang ingin membuat proyek kebaikan, namun terbatas dana. Kita berpikir, seandainya saja ada sesuatu yang memudahkan mereka.

Namun, ke mana ide itu sekarang? Bisa jadi kita sudah melupakannya.

Dan bahkan bukan cuma itu, masih banyak ratusan ide – ide lain yang mungkin belum sempat kita wujudkan, tetapi sudah kita lupakan atau kita bunuh dengan mudahnya.

Banyak di antara kita yang mungkin punya ide cemerlang ingin menulis novel, cerpen, atau cerita – cerita yang asyik.

Banyak di antara kita yang mungkin punya ide bikin blog yang bagus, menarik, dan bisa membuat orang tahan berlama – lama di blog tersebut.

Banyak di antara kita yang mungkin punya ide untuk membuat program, komunitas, atau bisnis yang mungkin akan sangat laris apabila diluncurkan.

Namun, seringkali yang terjadi ide – ide tersebut hilang, terlupakan, dan tidak pernah diwujudkan.

Saya baru saja kemarin membaca sebuah buku tulisan Scott Belsky tentang Making Ideas Happen. Intinya di buku itu menjelaskan, bagaimana sih caranya agar kita bisa mewujudkan segala ide yang bermunculan di kepala kita? Karena sesungguhnya tantangan terbesar kita di era informasi ini bukanlah menghasilkan ide yang keren.

Tantangan terbesar kita di era ini yang sebenarnya adalah bagaimana mewujudkan ide – ide yang ada.

Lalu, bagaimana sih caranya mewujudkan ide yang ada di kepala kita? Ada 3 hal yang perlu diperhatikan:

Pertama adalah fokus eksekusi. Ketika kita mendapatkan ide – ide baru, coba kita catat terlebih dulu. Terlepas kapan kita akan melaksanakannya, yang penting tercatat dulu. Dari ide – ide tersebut, kemudian kita pilih mana yang ingin difokuskan. Fokuskan pengerjaannya yang bisa diwujudkan dalam 1 – 3 bulan. Setelah itu kita buat breakdown aktivitas kecil – kecil harian yang bisa kita ‘cicil’ agar kita bisa mewujudkan ide tersebut.

Kedua adalah community force, atau kekuatan komunitas. Maksudnya adalah apabila kita memiliki ide, maka libatkanlah orang lain untuk mewujudkan ide tersebut bersama – sama. Ide itu akan sangat sulit apabila dikerjakan sendirian. Carilah teman yang bisa melengkapi diri kita. Misalnya, jika diri kita adalah seorang eksekutor atau doers, maka libatkan orang yang banyak memiliki impian dan mimpi – mimpi kreatif (dreamer). Dengan melibatkan orang lain yang merupakan pelengkap diri kita, maka peluang terwujudnya ide kita akan semakin besar.

Ketiga adalah leadership capability, atau kapasitas kepemimpinan diri kita. Pada akhirnya, memang diri kitalah yang menentukan apakah kita dapat mewujudkan ide tersebut atau tidak. Kemampuan kita memimpin diri sendiri, seperti mengatur waktu, berani mengambil risiko, ulet, gigih, dan disiplin menjadi kunci penting agar kita dapat mewujudkan ide – ide kita.

Semoga tulisan kali ini dapat membantu Anda untuk mewujudkan ide – ide brilian yang banyak melintas di kepala Anda.

Bagaimana menurut Anda? Setujukah dengan pendapat saya di atas? Silakan berikan masukan atau komentar melalui comment box di bawah.

Salam CerdasMulia!

Arry Rahmawan
Self Development Coach
Direktur CerdasMulia Group

Silakan temukan inspirasi lainnya dari saya melalui:

Free Online Course di YouTube : Channel Arry Rahmawan
Free Kultwit di : Twitter @ArryRahmawan
Free Inspirational Quotes : Instagram @ArryRahmawan
Free Inspirational Notes : Grup Facebook

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen serta peneliti di Universitas Indonesia mengenai inovasi, kewirausahaan, dan strategi bisnis yang senang berbagi pengetahuan dan pengalaman yang dimilikinya. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!