Inovasi dan Kewirausahaan

Cara Memperkuat Eksekusi untuk Mewujudkan Ide Bisnis

Written by Arry Rahmawan

Punya Banyak Ide Bisnis, namun Lemah dalam Eksekusi?

Beberapa waktu yang lalu, saya janjian ketemu dengan seorang teman yang sedang kuliah di salah satu kampus public relation terkemuka di Jakarta. Di pertemuan tersebut, teman saya cerita sedang mendapatkan tugas untuk mewawancarai seorang entrepreneur dan menuliskan liputan terkait inspirasi yang didapatkan.

Pertemuan berlangsung cair karena memang saya kenal dekat dengan teman saya ini. Setelah sesi wawancara selesai, seperti biasa tentu dilanjutkan dengan makan – makan serta cerita banyak hal.

Mulai dari cerita tentang masa waktu sekolah dulu, kehidupan kuliah, hingga bagaimana nanti menghadapi pasca kampus. Teman saya pun bercerita tentang keinginannya untuk juga ikut menjadi seorang entrepreneur, kurang lebih sama seperti yang saya jalani.

Dia bercerita tentang gagasannya untuk menghubungkan para komika (pemain stand up comedy) dengan para event organizer yang sedang mencari pengisi acara lewat apps. Waktu itu, saya berpikir itu ide yang bagus. Pembicaraan berlangsung dengan gagasan dan rencana detil dari teman saya. Strategi – strategi untuk menghasilkan dia ceritakan dengan antusias, seolah sangat yakin bahwa bisnis tersebut akan menjadi sangat besar.

Beberapa bulan kemudian, terlihatlah hasil dari gagasannya. Saya pun coba mengontak kembali teman saya tersebut untuk menanyakan progress nya dalam menjadi entrepreneur. Coba tebak, berapakah keuntungan yang dia dapatkan dari gagasan tersebut?

Jawabannya, TIDAK ADA.

Loh, kenapa tidak ada? Karena memang teman saya ini tidak pernah mewujudkan ide – idenya tadi.

Ide bisnisnya hingga saat ini tidak juga launching.Ide – ide bisnis itu hanya sebatas rencana dan strategi. Beragam alasan pun muncul, mulai dari tidak memiliki waktu karena tugas kuliah yang bejibun, hingga tidak memiliki modal untuk mewujudkannya.

Apa yang dialami teman saya ini hampir seringkali saya temui juga di mahasiswa. Ketika saya melakukan pendampingan sebagai mentor di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis (DIIB) UI, banyak sekali mahasiswa yang sebenarnya mencetuskan ide bisnis yang bagus. Beberapa di antaranya bahkan sudah mempersiapkan strategi yang detil dan sudah dikucurkan modal, namun karena poor execution, apa yang sudah direncanakan tersebut tidak kunjung terwujud juga.

Dan Norris, penulis buku the 7 Day Startup mengatakan bahwa Anda tidak akan pernah belajar tentang apa itu entrepreneurship hingga Anda launching dan menjalankan bisnis Anda. Saya setuju sekali dengan pendapat tersebut, karena memang tanpa meluncurkan bisnis sesungguhnya kita tidak belajar apapun. Ya sekedar hanya mengumpulkan teori di otak.

Lalu, apakah berencana dan berstrategi sebelum meluncurkan bisnis tidak boleh? Boleh, hanya saja perlu diperkuat juga dengan eksekusi. Lalu bagaimana cara memperkuat eksekusi agar kita dapat mewujudkan ide – ide kita?

Cara 1 – Memberikan Batas Waktu Maksimal 30 Hari

Sewaktu saya memberikan pelatihan Business Model Innovation untuk sebuah Bank di Jakarta, sang direktur utama mengatakan kepada saya bahwa pada tanggal 3 September akan datang, mereka sudah akan meluncurkan inovasi model bisnis mereka dan semangat itu ditularkan kepada seluruh anggota tim yang ada di ruangan tersebut. Atmosfernya beda, ketika saya melihat hanya

Saya banyak sekali belajar di saat itu bahwa ketika memiliki gagasan, maka kita juga wajib memiliki batas waktu kapan itu akan diwujudkan. Saya dan tim di CerdasMulia Institute, umumnya menantang diri kami untuk mewujudkan gagasan tersebut dalam jangka waktu tidak lebih dari 30 hari.

Salah satu gagasan yang terwujud karena memberikan batas waktu ini adalah ide dari istri saya untuk meluncurkan produk edukasi islami untuk anak usia dini. Ide tersebut disetujui. Produk edukasi itu ada yang berbentuk buku, mainan, dan juga kartu. Tim dipush untuk menghasilkan hal tersebut dalam waktu 30 hari, dan akhirnya berhasil diluncurkan.

Selang beberapa saat kemudian, produk – produk AlkindiKids pun kemudian ludes diborong oleh ibu – ibu muda yang ingin memberikan mainan edukasi untuk anaknya. Tidak hanya itu, banyak ibu – ibu yang juga memberikan rekomendasi ke komunitasnya sehingga peminatnya pun menjadi banyak.

Untuk pemesanan mainan edukasi islami, silakan hubungi 085640879848 via WhatsApp atau SMS.

SmartCard AlkindiKids untuk anak usia dini

SmartCard AlkindiKids untuk anak usia dini

Bayangkan apabila ide ini tidak dieksekusi, berapa besar peluang kebaikan dan keuntungan yang bisa didapatkan?

Cara 2 – Potong Ide Besar Jadi Aktivitas Kecil

Cara efektif lainnya untuk memperkuat eksekusi terhadap ide bisnis kita adalah dengan memotong ide besar yang ingin kita wujudkan menjadi aktivitas – aktivitas kecil untuk ditindaklanjuti.

Salah satu contohnya adalah ide pengembangan online course ProductiveME! Academy Online di CerdasMulia Institute. Pada waktu itu, sempat terjadi perdebatan apakah tema pelatihan tentang produktivitas hidup akan laris untuk anak muda.

Saya pun teringat, belajar bisnis tidak akan ada tanpa meluncurkan produknya. Ide untuk mewujudkan ProductiveME! Academy Online pun disetujui. Gagasan awalnya, akan ada lebih dari 20 video dan belasan worksheet yang harus dibuat. Maka dari itu kami pun mulai memotong kecil – kecil aktivitas apa yang harus kami lakukan agar tidak terlalu besar.

Aktivitas kecil itu dimulai dengan membagi apa saja modul per modul yang harus dibuat. Kemudian worksheet apa yang harus dibuat di setiap modulnya, lalu render dan upload video tersebut hingga kemudian diluncurkan menjadi online course ProductiveME! Academy Online.

Setelah diluncurkan, ProductiveME! Academy Online saat ini sudah memiliki hampir 1.000 member teregistrasi yang berisikan anak – anak muda yang ingin hidupnya lebih produktif.

Program ProductiveME! Academy Online yang bisa diakses di http://productive.cerdasmulia.net

Program ProductiveME! Academy Online yang bisa diakses di http://productive.cerdasmulia.net

Bayangkan apabila program ini tidak dieksekusi, berapa banyak peluang kebaikan dan keuntungan yang hangus?

Semoga apa yang saya tuliskan hari ini bermanfaat untuk sahabat semua yang sedang berusaha untuk menguatkan eksekusi dalam mewujudkan ide hebatnya. Baca juga tulisan saya tentang “Apa yang Paling Diperlukan untuk Memulai Bisnis Sendiri?”

Salam,
Arry Rahmawan

Founder, CerdasMulia Institute
Founder, SignifierGames.com
Lecturer & Researcher, Universitas Indonesia

Silakan temukan inspirasi lainnya dari saya melalui:

Free Online Course di YouTube : Channel Arry Rahmawan
Free Kultwit di : Twitter @ArryRahmawan
Free Inspirational Quotes : Instagram @ArryRahmawan
Free Inspirational Notes : Grup Facebook

GRATIS! Ayo Gabung di Komunitas Indonesia Berpijar!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen serta peneliti di Universitas Indonesia mengenai inovasi, kewirausahaan, dan strategi bisnis yang senang berbagi pengetahuan dan pengalaman yang dimilikinya. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!