Achievement

Cara Menemukan dan Mengetahui Kekuatan Diri

Cara Menemukan Kekuatan Diri
Written by Arry Rahmawan

Sudahkah Anda Menemukan dan Mengetahui Kekuatan Diri yang Sebenarnya?

Hari Minggu lalu, alhamdulillah saya berkesempatan untuk memberikan pelatihan pengembangan diri dalam Islamic Fair 2016 yang diselenggarakan oleh Universitas Dian Nuswantoro. Antusiasme peserta luar biasa, di mana yang datang ada lebih dari 200 orang. Topik yang dibahas dalam pelatihan adalah tentang bagaimana caranya agar kita bisa menemukan potensi diri kita yang sebenarnya.

Apa manfaat jika kita mengetahui potensi diri kita yang sebenarnya?

Hal paling penting yang dirasakan manfaatnya adalah kita dapat mengetahui apa fokus pengembangan diri kita, karena kita tahu di mana letak potensi dan kekuatan terbesar kita. Dengan begitu, diri kita menjadi lebih cepat berkembang. Seseorang yang mengetahui potensi dirinya akan menjadi lebih percaya diri dalam menjalani kehidupan karena mereka sudah menemukan keunikan dan kekuatan diri mereka.

Hal sebaliknya dialami oleh mereka yang tidak mengetahui apa potensi diri mereka. Mereka akan kebingungan untuk mengembangkan di mereka ke arah mana. Mereka akan banyak menghabiskan waktu untuk mencoba – coba, bahkan tidak jarang ditemukan mereka akan menjalani kehidupan yang tidak sesuai dengan potensi diri mereka yang sebenarnya. Seringkali juga ditemukan seseorang menjadi iri atau minder terhadap kemampuan orang lain. Padahal, jika kita sudah menemukan apa potensi diri kita, rasa minder itu akan hilang dengan sendirinya.

Salah satu cara mengenal potensi diri kita dengan baik adalah dengan Menemukan dan Mengetahui Kekuatan Diri Kita. Sudahkah Anda menemukan dan mengetahui apa sebenarnya kekuatan yang Anda miliki?

Saat Anda membaca tulisan saya ini, coba berhenti sejenak lalu siapkan selembar kertas dan alat tulis. Buat sebuah garis vertikal di tengah kertas tersebut sehingga membagi dua bagian, Sisi sebelah kiri beri judul ‘Kekurangan Saya’, sisi sebelah kanan diberi judul ‘Kelebihan Saya’. Anda saya berikan total waktu 30 detik, untuk mengisi kolom sebelah kiri dan kanan dengan jawaban sebanyak – banyaknya.

Yuk, kita mulai dari sekarang!

Jika sudah, silakan dilihat jawaban Anda. Jika belum, sebaiknya Anda mencoba mengerjakannya terlebih dahulu.

Jika hasil jawaban Anda di kertas tersebut lebih banyak di sebelah kiri (kekurangan saya) dibandingkan sebelah kanan, maka Anda cenderung lebih mengetahui hal – hal negatif dari diri Anda. Sebaliknya, jika sebelah kanan yang Anda isi lebih banyak atau seimbang, maka Anda cenderung sudah mengetahui apa saja kelebihan – kelebihan yang Anda punya.

Bagi Anda yang belum menemukan dan mengetahui kekuatan diri, tidak perlu khawatir. Banyak orang lain seperti Anda yang hingga saat ini belum tahu apa sebenarnya kekuatan yang ada pada diri mereka. Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi sebuah cara agar kita bisa lebih mengetahui lebih dalam apa kekuatan diri kita.

Menjadi Coach untuk Diri Sendiri

Apa yang saya bagikan kepada Anda adalah beberapa pertanyaan yang biasa digunakan dalam coaching untuk membantu seseorang menemukan potensi diri mereka. Dengan mengetahui pertanyaan ini, Anda bisa menjadi self coach untuk diri Anda sendiri. Anda bisa bertanya pertanyaan berikut ini ke diri Anda sendiri dan menemukan jawaban yang akurat untuk mengetahui kekuatan diri Anda.

Berikut ini adalah daftar pertanyaan yang bisa Anda jawab untuk menemukan dan mengetahui kekuatan diri Anda:

  1. Hal atau bidang apa di mana saya dapat dengan mudah mengerjakannya?
  2. Apa mata kuliah / pelajaran di mana saya mendapat nilai di atas rata – rata orang pada umumnya?
  3. Apa saja keterampilan yang sudah saya miliki saat ini?
  4. Keterampilan apa yang saya miliki dan tidak/sedikit dimiliki oleh orang lain (langka)?
  5. Hal atau bidang apa di mana Anda merasa sudah ‘berpengalaman’ menggelutinya?
  6. Sertifikat keterampilan apa saja yang sudah saya miliki?
  7. Apa keterampilan atau kelebihan yang diakui orang lain terhadap diri Anda?

Pertanyaan di atas dapat Anda gunakan untuk mengeksplorasi kekuatan diri Anda dengan lebih dalam, sehingga kekuatan Anda pun bisa segera ditemukan dan diasah hingga menghasilkan banyak prestasi dan karya.

Lalu, bagaimana dengan kelemahan diri? Apakah kita biarkan begitu saja?

Jawabannya adalah tidak. Sambil kita fokus mengasah kekuatan diri kita sehingga bisa meraih prestasi, sedikit demi sedikit kita juga berupaya membuat kekuatan diri kita itu menutupi kelemahan yang ada. Misalnya, ada seorang yang memiliki kelemahan untuk bisa berkenalan dengan orang – orang baru. Namun, saat ini dia memiliki kekuatan untuk berbicara di depan umum. Dengan kekuatannya itu, dia memaksa dirinya untuk bersikap ramah dan berani menyapa orang – orang baru yang belum dia kenal. Hal ini dinamakan kekuatan yang menutupi kelemahan diri.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi Anda untuk menemukan dan mengetahui apa kekuatan diri Anda yang sesungguhnya.

Salam,
Arry Rahmawan
Founder CerdasMulia Institute

* Ingin mengundang saya sebagai pembicara seminar atau training? Silakan hubungi 0856 4087 9848 (Melinda) atau Follow Twitter saya di @ArryRahmawan. Pastikan diri Anda tergabung dalam Klub Pengembangan Diri Indonesia di Facebook untuk mendapatkan tips dan trik pengembangan diri terbaru dari saya.

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah seorang praktisi inovasi, kewirausahaan, dan bisnis yang senang berbagi pengetahuan serta pengalaman yang dimilikinya. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!