High Performance Me

Cara Mengatasi Frustasi dan Stress dengan Mudah (Writing Challenge #12)

Mengatasi Frustasi dan Stress
Written by Arry Rahmawan

Tahukah Anda Bagaimana Cara Mengatasi Frustasi dan Stress dengan Mudah?

Pernahkah Anda mengalami frustasi dan stress dalam kehidupan? Ketika banyak tugas menumpuk, atau pekerjaan tidak berjalan sesuai dengan yang semestinya. Belum lagi apabila kita memiliki masalah yang sulit untuk diselesaikan atau memiliki konflik dengan orang – orang di sekitar kita yang kita anggap penting. Atau bisa juga karena mungkin kita bingung di dalam hidup kita ini mau apa. Kita bingung bagaimana membuat hidup kita tumbuh dan berkembang. Umumnya stress dan frustasi juga bisa terjadi di saat diri kita stuck atau terhenti di suatu titik tertentu.

Lalu, saat kita sudah masuk di dalam kondisi itu, kita merasa dunia menjadi gelap. Kita bingung, bagaimana cara keluar dan bangkit. Bukannya justru bangkit, malah bisa jadi terjerumus semakin dalam dalam lingkar frustasi ini.

Adakah cara mengatasi frustasi dan stress yang sederhana namun bekerja dengan baik? Saya mendapatkan pelajaran mengatasi frustasi dan stress ini saat sedang berdiskusi dengan istri saya. Cara ini setahu saya bekerja untuk beberapa orang. Siapa tahu, cara ini juga bekerja untuk Anda.

Salah satu cara mengatasi rasa frustasi dan stress yang akan saya bahas kali ini adalah dengan terapi menulis. Banyak sekali penelitian yang sudah menunjukkan bahwa menulis merupakan salah satu cara bagaimana kita mereduksi stress dalam pikiran kita. Nah, bagaimana contoh dari terapi menulis ini yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi rasa frustasi Anda? Silakan Anda coba cara berikut ini.

Membuat Gratitude Notes atau Catatan Syukur

Saya dan istri melakukan sedikit penelitian kecil baik dari pengalaman maupun dari literatur yang menunjukkan bahwa orang yang frustasi itu disebabkan karena : tidak bersyukur dalam kehidupan mereka. Kehidupan mereka terlalu fokus untuk mencemaskan masa depan, sementara mereka sendiri lupa dengan berbagai nikmat dalam kehidupan yang ada saat ini dan yang telah lalu.

Untuk mengatasi rasa frustasi dan stress ini, saya diajari istri untuk membuat gratitude notes. Dalam catatan ini, saya mendaftar semua nikmat – nikmat yang patut untuk saya syukuri dan saya miliki saat ini. Seperti misalkan seperti ini,

Ya Allah, alhamdulillah, terima kasih Engkau telah memberikan hamba banyak nikmat di hari ini berupa,

  • Kesehatan yang prima
  • Dua mata yang bisa melihat
  • Orang tua yang penyayang
  • Harta yang dilebihkan
  • Makan yang enak dan mengenyangkan
  • Udara pagi yang segar
  • dan lain sebagainya….

Terima kasih ya Allah atas segala NikmatMu. Bantulah aku dalam menyelesaikan masalah – masalah yang ada pada diriku dengan tetap bersyukur kepadaMu…. Sesungguhnya Engkau tidak pernah menurunkan cobaan kepada hambaNya, kecuali mereka sanggup untuk menyelesaikannya.

Selain menuliskan nikmat yang bisa kita syukuri hari ini, kita juga bisa menuliskan berbagai macam nikmat dan prestasi yang telah kita dapatkan di masa lalu. Dengan hal tersebut, kita bisa menjadi seorang yang jauh lebih bersyukur bahwa ternyata nikmat yang sudah kita terima itu buanyaaaakkk sekali!

Mengubah Pola Berpikir

Masih dengan cara menulis, namun kali ini kita menuliskan hal – hal yang membuat  kita frustasi dari sudut pandang yang berbeda. Seperti misalkan Anda terlilit hutang di bisnis Anda yang menyebabkan Anda frustasi untuk membayarnya. Daripada Anda terus frustasi, cobalah tulis masalah Anda dari sudut pandang yang berbeda. Misalnya,

Ya Allah, terima kasih atas segala nikmatMu yang telah Engkau berikan kepadaku. Terima kasih telah memberikan pelajaran kepadaku tentang bagaimana mengelola hutang. Aku tahu, dengan adanya hutang ini Engkau ingin mengajariku bagaimana agar aku menjadi seorang pribadi yang tangguh. Aku tahu, dengan adanya hutang ini, Engkau ingin mengajariku apakah aku benar – benar serius menjalankan bisnisku. Terima kasih, ya Allah. Aku yakin, Engkau tidak akan pernah memberikan ujian dan cobaan kecuali hambaMu sanggup untuk melewatkannya.

Bagaimana apabila kita mengubah pola pikir kita secara sadar seperti yang kita tuliskan di atas? Rasanya akan menjadi lebih enteng dan kita menjadi bersemangat kembali. Saran saya, jika Anda memang benar – benar sedang frustasi, terapi menulis ini bekerja dengan baik untuk sebagian besar orang.

Jadi, Anda sudah tahu bukan bagaimana caranya mengatasi frustasi dan stress dengan cara sederhana? Semoga bermanfaat, ya!

Salam,

Arry Rahmawan
Personal Development Trainer & Founder CerdasMulia Instiute
Founder Young Trainer Academy
Praktisi Kewirausahaan dan Dosen Universitas Indonesia

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah seorang yang memiliki passion dalam membangun sumber daya manusia Indonesia untuk menjadi pribadi yang cerdas (mengoptimalkan talenta) dan mulia (menghasilkan banyak karya nyata). Aktivitasnya saat ini adalah sebagai seorang dosen di Universitas Indonesia dan trainer di CerdasMulia Institute.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!