Public Speaking

Cara Mengatasi Gugup Saat Berbicara di Depan Umum

Bagaimana Cara Efektif untuk Mengatasi Gugup Saat Berbicara di Depan Umum?

Saya teringat beberapa tahun lalu, tepatnya sekitar tahun 2010 – 2011, di mana pada waktu itu ketika saya diminta untuk berbicara di depan umum, deg – degannya minta ampun. Walaupun saya terbiasa berbicara dengan orang lain, namun untuk berbicara di depan umum rasanya lebih sulit dan rasa groginya juga jauh lebih besar.

Pernah suatu waktu saya berbicara dengan nada suara yang bergetar, saking gugupnya. Pernah juga mic yang saya pegang untuk berbicara terlihat bergetar tanda saya sedang gemetar. Dalam kondisi gugup paling ekstrim, saya pernah keluar keringat dingin dan rasanya ingin pingsan saja waktu berbicara di depan umum itu.

Pernah mengalami hal yang sama dengan saya?

Saya yakin, setiap orang pernah mengalaminya karena itu sangat wajar! Tugas kita selanjutnya adalah bagaimana caranya agar kita bisa menaklukkan rasa gugup tersebut, bukan kita yang justru ditaklukkan oleh rasa gugup yang kita alami.

Untuk menemukan cara mengatasi gugup saat berbicara di depan umum ini, saya berupaya semaksimal mungkin untuk belajar dari ahlinya, mengikuti seminar, dan bereksperimen dengan diri saya sendiri, mana yang paling berpengaruh untuk diri saya dalam mengurangi rasa gugup saat berbicara di depan umum.

Akhirnya, saya temukan 3 prinsip utama yang menjadi senjata andalan saya untuk mengurangi gugup saat berbicara di depan umum. Dengan 3 prinsip utama yang saya terapkan, alhamdulillah rasa gugup saya jauh lebih berkurang. Jika tadinya berbicara di depan belasan orang saja saya sudah sangat gugup, sekarang bahkan berbicara di depan ratusan bahkan ribuan orang sudah tidak segugup dulu. Profesi yang saya geluti sekarang pun adalah profesi dosen dan trainer, di mana dua profesi yang seringkali menuntut kita untuk tidak gugup ketika bicara di depan umum.

Cover Photos UNJ

Saya ketika berbicara di depan ratusan orang

Lalu, apa sajakah 3 prinsip yang saya temukan dan gunakan untuk mengatasi rasa gugup saat berbicara di depan umum tersebut?

Saya sudah meringkasnya dalam sebuah online course yang bisa Anda akses secara gratis. Jika Anda membuka tulisan ini dari blog saya langsung, Anda dapat menyaksikannya di bagian awal blog ini.

Jika Anda membukanya melalui newsletter via email, Anda dapat menyaksikan online course cara praktis mengatasi gugup saat berbicara di depan umum dengan klik link berikut ini.

Semoga bermanfaat untuk membuat keterampilan public speaking Anda meningkat.

Apakah Anda memiliki cara lain yang efektif untuk mengurangi rasa gugup saat berbicara di depan umum? Silakan bagi caranya melalui kotak komentar yang tersedia.

Untuk berkomunikasi dengan saya, silakan follow Twitter saya di@ArryRahmawan atau like Fanspage saya Arry Rahmawan.

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen serta peneliti di Universitas Indonesia mengenai inovasi, kewirausahaan, dan strategi bisnis yang senang berbagi pengetahuan dan pengalaman yang dimilikinya. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!