High Performance Me

Cara Mudah untuk Melakukan Fitness di Rumah

Cara Mudah Fitness di Rumah
Written by Arry Rahmawan

Ingin tahu bagaimana cara mudah untuk melakukan fitness?

Salah seorang guru saya yang juga seorang trainer pernah mengatakan, “sehat atau tidaknya seseorang bisa dilihat dari postur dan proporsionalitas tubuhnya.” Semakin proporsional tubuhnya, maka semakin sehatlah dia. Saya pernah dievaluasi dan mendapat masukan, sebagai seorang trainer saya diminta untuk menaikkan sedikit berat badan lagi agar lebih proporsional. Salah satu cara yang biasa guru dan teman – teman saya lakukan untuk memperoleh badan yang ideal adalah dengan membiasakan diri dan yang utama meluangkan waktu untuk fitness.

Banyak dari kita yang tahu akan pentingnya fitness atau olahraga. Selain bentuk badan yang ideal, olahraga juga merupakan salah satu yang mengatur sirkulasi energi dalam tubuh kita sehingga kita menjadi orang yang sehat. Sekurang – kurangnya, ada 3 hal yang mempengaruhi kesehatan kita yaitu adalah eat (makan), move (gerak), dan sleep (tidur). Kalau salah satunya kurang, maka tubuh kita pun akan lemah. Tapi walaupun kita tahu pentingnya olahraga, jarang dari kita yang rutin untuk mendisiplinkan diri. Apalagi yang kerjanya banyak duduk di kantor, wah makin jarang aja tuh olahraga.

Kalau fitness di gym atau jogging ke luar rumah masih dirasa merepotkan, ada teman saya yang merekomendasikan cara mudah agar kita bisa tetap berolahraga dan fitness bahkan saat ada di rumah. Caranya adalah pakai aplikasi di Android. Jadi kita kaya punya personal trainer yang mengajarkan kita berbagai gerakan fitness untuk kita lakukan secara mandiri. Selain lebih sehat, kita juga bisa berhemat.

Aplikasi android yang saya gunakan adalah 30 Day Fitness Challenge. Ini adalah aplikasi android yang bagus menurut saya. Karena dalam aplikasi ini, kita bisa memilih teknik fitness mulai dari yang mudah sampai dengan yang sulit, sesuai dengan kemampuan kita.

Untuk tahap awal dan ga biasa fitness, jangan kebanyakan gaya dulu deh. Coba aja yang easy plan dulu. Dijamin walaupun gerakannya terkesan sederhana, tapi lumayan juga bikin napas megap – megap (ya mungkin karena ga biasa gerak kali ya, hehe).

Setelah memilih plan, kita kemudian ‘dipaksa’ untuk fitness dengan gerakan – gerakan tertentu yang secara ilmiah sudah terbukti dan teruji membuat tubuh menjadi lebih fit. Tidak perlu khawatir untuk alat – alat fitness, karena sebagian besar gerakan yang ada di aplikasi ini ga pakai alat khusus. Panduannya juga lengkap, plus timer juga jadi tinggal ngikutin aja. Misalnya nih, gerakan plank yang terlihat sederhana. Pernah saya kira gerakan plank ini mudah. Saya coba 2 menit plank, lengan saya rasanya udah lemes banget.

Aplikasi ini juga memaksa kita untuk fitness setiap hari selama 30 hari ke depan. Aplikasi ini punya reminder setiap hari yang akan ngajakin kita fitness. Jadi kaya punya asisten gitu. Kalau sudah selesai, maka nanti akan ada checklist nya.

Dengan aplikasi ini, saya banyak sekali terbantu untuk membuat badan lebih fit terutama kalau ga sempet untuk olahraga yang lebih butuh waktu dan uang. Saya sarankan untuk Anda yang ingin mulai olahraga ringan agar lebih sehat namun tidak punya banyak waktu luang, bisa mencoba aplikasi ini. Tentunya jika bisa, kita tetap mendisiplinkan diri untuk 1 – 2 kali sepekan melakukan olahraga yang lebih berat.

Anda ingin cara lain untuk meningkatkan kebugaran fisik? Silakan baca tulisan saya lainnya tentang 5 Cara Meningkatkan Kebugaran Fisik di sini.

Apakah Anda memiliki tips lainnya tentang cara mudah untuk melakukan fitness? Yuk silakan bagikan tipsnya di kotak komentar di bawah.

Salam CerdasMulia!

Arry Rahmawan
Personal Development Coach
Direktur CerdasMulia Group

Silakan temukan inspirasi lainnya dari saya melalui:

Free Online Course di YouTube : Channel Arry Rahmawan
Free Kultwit di : Twitter @ArryRahmawan
Free Inspirational Quotes : Instagram @ArryRahmawan
Free Inspirational Notes : Grup Facebook

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah seorang yang memiliki passion dalam membangun sumber daya manusia Indonesia untuk menjadi pribadi yang cerdas (mengoptimalkan talenta) dan mulia (menghasilkan banyak karya nyata). Aktivitasnya saat ini adalah sebagai seorang dosen di Universitas Indonesia dan trainer di CerdasMulia Institute.

1 Comment

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!