Sunday , 26 October 2014
Home » Pengembangan Diri » Cara Sederhana Menjadi Penulis Hebat

Cara Sederhana Menjadi Penulis Hebat

Entah perasaan saya saja atau gimana, rasanya akhir-akhir ini profesi sebagai penulis atau blogger menjadi sebuah pilihan karir yang ‘kece’. Berbeda dengan dulu, banyak orang yang bilang bahwa menjadi penulis tidak memiliki masa depan yang jelas. Bayarannya sedikit, dan tidak mungkin menjadi kaya raya.

Sebenarnya tergantung tujuannya sih. Menurut saya, orang yang menulis karena ingin kaya akan sangat rentan kehilangan semangat. Namun, orang yang memang menulis dari hati, ingin berbagi manfaat dan karya, justru akan menghasilkan materi luar biasa yang tidak terduga.

Dalam sebuah seminar kepenulisan, saya pernah ditanya oleh peserta. Apa sih yang membedakan seorang penulis hebat dengan penulis yang biasa-biasa saja? Berikut ini akan saya berikan dua cara sederhana untuk menjadi penulis luar biasa yang saya dapatkan seorang penulis hebat.

Saya mengutip sebuah kalimat dari Stephen King, “If you want to be a writer, you must do two things above all others: read a lot and write a lot.”

Saya sependapat dengan kalimat di atas. Jika kita ingin menjadi penulis, maka lakukanlah dua hal: banyak membaca serta banyak menulis. Banyak dari kita yang ingin menjadi penulis, namun malas membaca, apalagi menulis.

Memang benar ada teknik lain agar kita bisa menjadi seorang penulis hebat, namun dua hal di atas adalah teknik yang paling mendasar. Pertama, banyak membaca. Seorang penulis hebat umumnya adalah seorang yang sangat rakus membaca. Saya terinspirasi dari salah satu guru saya, Pak Sapto Waluyo. Beliau adalah seorang jurnalis dan penulis produktif. Hebatnya lagi beliau selalu tahu apa yang saya tanyakan dan nyambung dengan segala topik diskusi. Baik yang sedang hangat ataupun isu-isu lama. Banyak membaca memperkaya wawasan dan sangat membantu untuk menjadi penulis yang hebat.

Selanjutnya adalah banyak menulis! Ya, tuliskanlah apapun yang terlintas di kepala kita. Saran saya, untuk tahap awal tuliskanlah dulu apa adanya. Tidak perlu pusing memikirkan editing atau tata bahasa, apalagi EYD. Paling penting adalah bagaimana kita bisa mengkomunikasikan gagasan kita melalui tulisan tersebut. Terus berlatih dan berlatih. Sebaiknya alokasikan waktu khusus untuk menulis setiap hari, entah itu di atas kertas, menulis diary, blogging, atau mengirimkan artikel ke media massa.

Saya sendiri saat ini selalu mengagendakan untuk membeli buku atau membaca 3 buku baru selain buku kuliah dan mengalokasikan waktu 2 jam per hari untuk membaca. Menurut saya itu pun masih kurang karena saya sadar semakin saya membaca, semakin banyak hal yang saya tidak tahu. Apalagi jika sudah menggunakan media internet di mana informasi dan wawasan sedemikian berlimpah! Saya juga membiasakan menulis setiap hari di blog ini, bahkan walaupun hari libur sekalipun.

Alhamdulillah walaupun belum jadi penulis sukses, namun saya senang dengan berbagai respon terhadap tulisan-tulisan saya baik yang ada di blog ini ataupun di media massa. Berawal dari tulisan saya yang random dan benar-benar antah-berantah, sekarang tulisan saya justru sangat dinikmati oleh pembaca. Banyak yang mengirimkan email ucapan terima kasih karena terinspirasi oleh tulisan saya. Saya pun semakin terlecut untuk terus belajar menghasilkan karya-karya tulisan yang lebih baik lagi ke depannya.

Sekaligus memperingati momen tahun baru hijriyah, mari kita sama-sama berdoa semoga kita diberikan usia dan diridhoi untuk mengisi usia kita dengan karya yang jauh lebih baik daripada karya-karya kita di tahun sebelumnya. Selamat tahun baru hijriyah 1434 H! :)

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda memiliki tips lain untuk bisa menjadi seorang penulis hebat?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

 

About Arry Rahmawan

Arry Rahmawan merupakan pelatih dan pembicara publik di bidang pengembangan potensi, kewirausahaan, dan life skills. Menamatkan pendidikan formal S1 Teknik Industri Universitas Indonesia dengan kekhususan rekayasa sistem, pemasaran industri, dan service excellence. Saat ini mengenyam pendidikan S2 di Jurusan yang sama dengan kekhususan dinamika bisnis dalam organisasi. 6 buah buku telah ditulisnya, dan buku terakhirnya berjudul Studentpreneur Guidebook (GagasMedia) merupakan buku best-seller nasional.

77 comments

  1. Benar sekali mas Arry….di butuhkan kesabaran, banyak latihan dan juga menerima masukan/kritikan orang lain. kalo bisa saya bisa bagi info mas Arry, jika ada teman-teman yg ingin tahu cara menulis skenario film sudah ada guide yg komplit di bahasa Indonesia. klik saja nama saya, terima kasih.

  2. Terima kasih ya atas kunjungannya. Silakan bagi para blogger yang tertarik untuk menulis scenario film bisa klik langsung link TINTA SCREENPLAY. :)

  3. aku sangat ingin menjadi penulis dairy tentang kisah cintaku dengan mantan pacarku yang berbeda agama

  4. benar sekali pak saya juga pengen mencoba , tpi sulit nya pd hal membaca dan menulis ttpi sya lebih senang mendengar

  5. Pengen banget jadi penulis profesional, saya sudah menulis beberapa cerpen dan banyak puisi, tapi takut mempublikasikanya.
    Dan lagi kemana saya harus mempublikasikannya.

    • Wah bagus kalau sudah menghasilkan karya.. Anda bisa memulainya dengan membuat sebuah blog sederhana, atau mempublikasikannya di notes FB Anda dan kemudian tag sahabat Anda untuk memberikan masukan.

  6. alhamdulillah nih kang ada kemauan jadi seorang penulis .. tapi ga PD bakalan bagus . ya mungkin pemula bnyak kesalahan . ragu dan ragu yang terlintas di benak .. mulai menulis blog hasil sendiri baru kemarin kang . mudah mudahan tambah lebih baik lagi :)
    minta tips pemula jadi penulis dong kang :)

  7. Tips menjadi pemula sederhana saja, yaitu kita berani meminta masukan dan berani menerima kritik. Kita tidak PD bisa jadi karena selama ini kita begitu takut orang akan ngejek tulisan kita. Namun, justru dari situlah mental kita bisa terbangun dan kita bisa lebih PD dalam menulis. Feel free.. :)

  8. wah, kapan kapan saya akan undang mas diseminar di kampus AMIKOM, untuk membawakan tema enterpreanur jiwa mahasiswa ..
    makasih mas ilmu yang dishare, ..

  9. Adinda Mutiara Purnama

    Assalamualaikum Wr Wb

    Selamat malam Pak Arry, saya reader baru yang tidak sengaja datang ke blog anda karena topik ini ada sangkut pautnya dengan dunia penulis jadi saya tertarik untuk membacanya. Setelah saya baca postingannya, memang benar jika ingin jadi penulis kita harus banyak membaca dan banyak menulis. Guru saya pun yang mengajar Bahasa Indonesia juga berbicara seperti itu. Mengapa ? Karena pada dasarnya, Menulis itu tidak lepas dari bacaan dan tulisan. Untuk itu saya berterima kasih sekali kepada Bapak Arry karena mau memberikan tips kepada semua blogger maupun reader :D

    • Waalaykumsalam wr wb,
      Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini ya. Ya, sudah beberapa bulan ini saya juga fokus menulis tentang bagaimana menumbuhkan kebiasaan dan juga cara menulis. Alhamdulillah responnya baik. Betul sekali apa yang disampaikan karena memang pada dasarnya yang namanya menulis tidak bisa dilepaskan dari aktivitas membaca. Semakin banyak kita membaca, sebenarnya pada saat itu pula kita juga belajar menulis dengan melihat gaya bahasa penulisnya. Oleh karena itu ada baiknya untuk segera berlatih menulis sekarang juga, walaupun itu sedikit.

      Sama-sama, senang jika tulisan ini bisa bermanfaat.

  10. salam sejahtera pak :)
    saya masih pelajar SMA kelas 12, tapi passion saya dalam menulis cukup besar. kelas 10 saya menulis skenario dan menjadi sutradara teater di sekolah saya, kelas 11 saya menulis skenario dan menjadi sutradara film dan pujiTuhan mendapat prestasi tingkat provinsi. saya juga gemar menulis puisi. saya ingin menjadi penulis dan ingin menerbitkan beberapa tulisan saya sendiri. banyak orang yang meremehkan saya menjadi penulis tidak menjanjikan dihari depan. boleh saya tahu bagaimana caranya menerbitkan buku sendiri? dan bagaimana cara menanamkan motivasi kepada diri sendiri? terimakasih pak :)

    • Hai Risti, salam sejahtera. Cara menerbitkan buku sendiri kamu bisa cek ke beberapa website yang menyediakan jasa tersebut seperti nulisbuku.com atau leutikaprio.com, di sana kamu bisa tahu apa saja yang bisa dilakukan untuk menulis buku sendiri.

      Cara menanamkan motivasi kepada diri sendiri adalah dengan membuat menulis bukan aktivitas untuk mencari uang, namun kita menulis dengan cinta. Karena kita cinta, maka tulislah sebanyak-banyaknya, sebagus-bagusnya. Kalau kita menulis karena cinta, uang pasti akan mengikuti. Jika kita menulis karena uang, jika uangnya tidak dapat maka kita akan lemas dan malas untuk menulis. Selamat mencoba ya, semoga tulisannya semakin dahsyat!

  11. Assalamualaikum Wr Wb.
    selamat pagi pak arry.
    saya adalah salah satu mahasiswa uin suska riau.”
    saya ingin menanyakan bagaimana caranya membuat tulisan itu menarik atau enak untuk dibaca.
    saya dari kecil sangat suka menulis puisi, lagu..namun saya engk pd untuk nunjukin keorang hasil tulisan saya.

    • Waalaikumsalam wr wb,
      selamat pagi mas Ari.
      Caranya adalah dengan banyak membaca buku atau tulisan yang memang menurut banyak orang itu menarik, kemudian kita pelajari bagaimana cara si penulis menulis tulisan tersebut. Kemudian coba kita praktikkan langsung dengan menulis setiap hari dan jangan lupa untuk meminta kritik-saran dengan orang-orang yang memang lebih ahli dalam menulis dibandingkan diri kita. :)

  12. bukan karena uang, tapi karena cinta..thanks pak kata2nya salam jempol :)

    • Iya betul, sesuatu yang dilakukan karena kita mencintainya maka kita akan mengerjakannya dengan sepenuh hati. Sama-sama, terima kasih sudah berkunjung dan salam jempol! :)

  13. assalamualaikum wr.wb
    Saya salah satu mahasiswi dari UIN sunan kalijaga,,,senang sekali bisa mengunjungi blog bapak yang penuh dengan inspirasi untuk dapat menulis dan mengukir kata yang menarik,
    Saya ingin bertanya pak Ary,,, saya belum bisa untuk membuat jurnal, setiap saya coba, pasti tidak menarik dan orang-orang mengatakan itu belum bisa masuk ke jurnal,
    Mohon tipsnya pakk… agar menulis ilmiah yang baik dan benar, Terimakasih pak Arry

    • Waalaikumsalam wr wb, maksudnya jurnal di sini adalah jurnal ilmiah? Jurnal ilmiah untuk dikatakan sebuah jurnal yang layak terbit seringkali membutuhkan revisi bertahun-tahun lamanya. Bahkan bagi profesor papan atas pun, naskah pertamanya harus mengalami revisi berkali-kali.

      Saran saya, latihlah terus bagaimana menulis menggunakan kosakata baku. Pelajari format penulisan jurnal, dan minta masukan dari orang yang berkompeten dalam menulis jurnal terkait jurnal yang kita buat. Semoga bermanfaat dan selamat menulis!

  14. sebenarnya ada banyak cara untuk menjadi penulis terkenal. Kedua hal tersebut diatas memang penting tapi tanpa adanya faktor ketiga yaitu KONSISTENSI menjadi penulis hebat akan berakhir menjadi mimpi belaka. Jangan hanya panas2 tahi ayam. dan ini merupakan ujian terberat bagi penulis muda yang baru memulai karirnya. ^_^

  15. Saya benar-benar tertarik dan terinspirasi dengan tulisan-tulisan anda . Terimakasih atas ilmunya yang begitu banyak menginspirasi . Saya juga suka gaya penulisan anda yang begitu enak untuk dibaca dan sangat mudah untuk dipahami .Saya juga tengah tertarik untuk menjadi seorang penulis , namun karena keterbatasan materi akhirnya ya nulis seadanya saja yang mungkin masih jauh dari kata bermanfaat apalagi inspiratif .

    Saya mengutip tulisan anda untuk kemudian saya tulis ulang dengan gaya saya dan saya publish di blog saya . Terimakasih untuk inspirasinya yang begitu bermanfaat .

  16. Saya ingin menjadi seorang penulis hebat ,yang bisa memberikan nilai fositif bagi orang lain namun saya sering kali menulis namun setengah jadi saja menurut anda saya harus bagaimana???

    • Menurut saya Anda perlu segera menyelesaikan tulisan Anda. Tips: perkecil dan cicil tulisan Anda, jangan dihabiskan seluruhnya sekaligus. Cukup tulis 2-3 jam per harinya lama-lama juga nanti tulisan Anda akan selesai.

  17. Assalamu ‘alikum wr wb.
    Daam empat hari terakhir saya ‘surfing’ di blog kang arry ini. Juga kultiwt dari akang memberikan saya motivasi kebaikan untuk dapt berbagi dengan sesama. Saya setuju dengan tips yang diuraikan oleh kang Arry, membaca sebagai salh satu faktor penting dalam membuat tulisan. Selain itu, jika boleh saya tambahakan, motivasi (cinta) mnjadi penting dalam menjaga konsistensi tekad kita untuk menulis. Akan lebih bijak dan kuat lagi ketika kita cinta untuk berbagi dan ‘memberi’ kepada sesama. Jika belum bisa secaea materi, ada baiknya kita berbagi inspirasi dan motivasi kebaikan melalui tulisan kita.
    Share n care to all
    Selamat menulis ;-)

  18. mas arry, orang yg tidak suka membaca, bisa jadi penulis gak? ;) terima kasih.

  19. Elfrida Nainggolan

    Thanks Inspirasinya bagus sekali…Smg dpt mengikuti jejak anda..

  20. Thanks buat motivasinya yea,,,

  21. Ass. p.arry..saya ingin sekali ..menumpahkan pengalaman pahit manis dalam bisnis hub teman dan pernikahan..namun saya bingung dimana tempat kolom karya.. agar tulisan kita ada respon dari rekan yang mungkin perlu informasi..atau sekedar ingin menikmati suka or tidak suka..mohon informasi.wassalam.

  22. Mas Arry bisa minta komentarnya terhadap tulisan2 di blog saya, saya masih pemula.
    Btw, thanks atas tips tipsnya (y)
    Salam kenal http://yusufismail91.blogspot.com/

    • Terima kasih banyak mas Yusuf sudah mengunjungi blog ini. Sama-sama, senang sekali bisa membantu dan salam kenal. Saya sudah mengunjungi blognya dan menurut saya blognya sudah memberikan beragam informasi menarik hanya saja perlu untuk dibuat lebih spesifik lagi topik tulisannya.

  23. assalaamu’alaikum wr wb, informasinya sangat2 bagus sekali yg membuat saya semangat kembali tuk menulis, judul2 sdh ada, sudah sejak lama tp masalahnya memulainya itu lho sangat sulit semoga dg adanya tulisan2 mas arry karya2 sy akan menjadi nyata dlm bentuk buku,insyaallah,ditunggu saran dan semangatnya, salam dari negeri amman, jordania

  24. Aku ingin membuat cerita kehidupanku menjadi sebuah cerita yang bagus.
    Apakah itu mungkin mas Arry?

  25. assallammualaikum wr. wb
    kang saya sedang membuat cerita dari kehidupan nyata saya dan saya publikasikan lewat blog kalo mau baca silakan kunjungin http://www.suneokambingjantan.blogspot.com
    dan bagaimana caranya meningkatkan rasa humor ? , karena sebagian dari cerita saya adalah cerita komedi dan saya ingin seperti raditya dika
    bagaiamana caranya menigkatkan rasa humor kita kamg ?

    • Waalaikumsalam wr wb, Arief..
      untuk tulisan-tulisan tentang humor baiknya kamu belajar memang dari yang terbaik, tapi jangan sampai kamu kehilangan ciri khasmu sendiri. Jadilah seorang comedian blogger yang unik. Kamu bisa cek kepada teman-teman terdekatmu apakah tulisan mu itu bisa menghibur dan meminta masukan mereka untuk diperbaiki di sebelah mananya. Karena yang namanya humor, asalkan tulisan itu bisa menghibur, apapun bentuknya tidak masalah.

  26. Tulisan yg sederhana saja, namun punya kekuatan yg dahsyat, sehingga saya terpaksa membacanya. diawalnya saya anggap biasa saja, padahal diakhirnya memang luar biasa. thx for artikelnya #inspiring :)

  27. Aku dari dulu ingin punya blog, tapi blum terlaksana impian itu karena bingung mau nulis apa :(

  28. http://www.suneokambingjantan.blogspot.com/
    baca blog saya mungkin aja terhibur dan tolong kasih saran bagimana blog saya ini

  29. satu pekerjaan kunci untuk menjadi penulis hebat adalah…

    “menulis setiap hari secara konsisten”.

  30. Gan, utk konsisten menjadi penulis apa rahasianya?

  31. Q sdh mmbwt novel, tp q bingung gmna carax menyebar luaskan karya tulis saya ini mas

  32. q dh bwt novel, tp sy bingung gmna caranya menyebarluaskannya

  33. Dapat ditiru banyak orang,spirit of my live

  34. aslm wr wb.. siang pak…trimakasih atas tipsnya sangat menginspirasi manambah tekad sy untuk menulis buku akan saya cb…pak sy ingin sekali menulis menerbitkan sebuah buku…..ingin sekali berbagi pengalaman cerita dan tidak ingin kehilangan moment2 trindah di pekerjaan saya..kehidupan saya barangkali bermanfaat untuk orang lain…..

  35. Assalam
    Tulisan Mas Ary sekarang terlihat mengalir dan apa adanya. Mudah dipahami dan tetap menginspirasi. Ko saya juga pengen menyisihkan waktu untuk menulis ya dan menjadi penulis. walaupun saya belum suka dengan dunia tulis menulis. hehehe

  36. wow… saya ingin menjadi seorang penulis seperti anda.
    bisa kah kita bertukar pikiran????

    • mas… saya sudah banyak menulis karya* saya, dari novel, cerpen, bahkan skenario drama mas.
      namaun saya bingung, saya ingin sekali karya* saya tadi bisa menghasilkan uang, mas tau bagaimana caranya??

      • Mudah saja, coba diajukan ke tabloid, majalah, atau koran. jika memang bagus mereka bersedia untuk membayar tulisan – tulisan kamu.

        Semoga membantu. :)

  37. wow….

  38. Dulu waktu kecil cita2 saya jadi penulis tapi tidak kesampaian dan hanya sebagai penulis untuk web usaha saya
    Terima kasih atas ulasan diatas, sangat bermanfaat

  39. semoga postingannya membawa berkah buat pembaca. salam

  40. wah, terimakasih banyak mas, tulisan ini sangat bermanfaat bagi saya :)

  41. Alhamdulillah, jika bermanfaat… Mohon untuk bisa dishare ke yang lain agar manfaatnya bisa semakin meluas… :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Konsultasi Gratis
Pesan kamu sudah dikirim! Terima kasih :)



4 + 10 =