Life Skills

Cara untuk Membuat Blog yang “Stand Out”

Written by Arry Rahmawan

Adakah cara yang dapat membuat blogmu mencuat di atas rata – rata?

Sekitar 2 pekan lalu, saya mengikuti sebuah agenda mabit di Masjid Universitas Indonesia. Di sana saya sempat banyak ngobrol tentang kondisi – kondisi kekinian, apalagi yang sedang hangat tentang pilkada Jakarta. Tiba – tiba, teman ngobrol saya bilang seperti ini, “Ry, gue kemaren main ke blog lu bagus ya… itu trafficnya juga tinggi, gimana tuh caranya bikin blog begitu?”

Sering sekali saya mengalami kejadian mirip seperti kejadian tersebut. Ketika saya sedang ngobrol – ngobrol atau bicara dengan teman lama, tiba – tiba teman saya bilang pernah main ke blog saya. Atau ada teman yang tiba – tiba WhatsApp, bilang blog saya bagus dan penuh manfaat. Saya hanya bisa bersyukur, karena proyek blogging yang saya ciptakan sejak tahun 2012 ini bisa memberikan manfaat sedemikian besar.

Dengan pengunjung sudah mencapai 1 juta, kali ini saya akan berikan beberapa tips bagaimana membuat blog yang Stand Out. Tips membuat blog yang stand out ini bukan berarti blog saya sudah stand out, saya hanya ingin berbagi ilmu – ilmu blogging yang sudah saya pelajari dari tahun 2007 yang mudah – mudahan bermanfaat bagi sobat muda yang ingin menjadi seorang blogger.

Berikut ini adalah tips – tipsnya.

Tips #1 : Update Blog Secara Rutin

Sebenarnya ‘teori’ untuk membuat blog yang “Stand Out” itu sederhana, yaitu update blog secara rutin. Gampang kan? Tapi ya itu, penerapannya yang sulit. Hehe… Saran saya bagi sahabat yang baru memulai blogging, fokuskan terlebih dulu kepada content. Untuk desain blog, yang sederhana dulu tidak apa – apa, yang penting content di blog di update secara berkala. Dulu waktu awal mula nge blog, saya update content itu setiap hari. Baru setelah content nya banyak dan dirasa cukup, saya mulai update blog sekitar 3 hari hingga 1 minggu sekali. Content is king.

Tips #2 : Gunakan Citarasa Personal

Salah satu pertanyaan yang paling sering saya dapatkan dari blogger pemula, umumnya adalah, “gimana cara menulis konten yang baik?”. Jujur, dalam dunia blogging tidak ada aturan baku untuk menulis konten yang baik, karena setiap blogger memiliki caranya sendiri dalam menulis konten. Buat saya, menulis blog itu santai saja. Gunakan bahasa personal, sehari – hari juga boleh yang penting pembacanya paham. Hehe… Bisa dituliskan dalam bentuk narasi cerita, mulai dari yang ga formal, sampai yang paling formal sekalipun.

Tips #3 : Sesuaikan dengan Kebutuhan Pembaca

Seiring berjalannya waktu, ketika kita sudah biasa update konten secara rutin maka mulai peka terhadap kebutuhan pembaca. Maksud saya, coba buat konten yang tetep ‘kita banget’ tapi juga didasarkan pada apa kebutuhan pembaca.

Misal begini, ada dua blogger yang sama – sama suka update tulisan. Orang yang pertama, betul – betul menulis untuk dirinya sendiri. Orang kedua, menulis sambil peka terhadap kebutuhan orang. Ambil contoh, keduanya menulis tentang pengalaman pribadi dengan topik misalnya “memilih makanan enak”.

Orang pertama akan memberi judul, “kisah makan enak” dan orang kedua akan memberi judul “tips memilih makanan enak di Kota Bogor”. Google tentu akan mengindeks apa yang Anda tulis di blog. Kira – kira, manakah tulisan yang akan diketik oleh pembaca? Besar kemungkinan adalah yang kedua. Menyeimbangkan gaya bahasa kita dengan kebutuhan pasar menurut saya adalah salah satu seni dalam blogging yang penting untuk dikuasai.

Tips #4 : Berikan Update Kepada Pengunjung Blog Kita

Tips ini adalah tips efektif yang membuat blog ini bisa tembus 1 juta pengunjung dalam 3 tahun. Caranya adalah dengan memberikan konten khusus yang bisa ditukarkan dengan email pengunjung blog kita. Seperti misalnya buku SimplyProductive yang saya berikan secara cuma – cuma di blog ini. Untuk mengunduh ebook tersebut, pengunjung blog kita harus menukarkan alamat emailnya. Nanti, jika saya ada update terbaru di blog ini, saya akan blast email ke para pengunjung blog saya sebelumnya agar mereka kembali lagi ke blog ini.

Saat ini saya sudah memiliki kurang lebih 10,000 data pengunjung blog saya yang jika saya blast email, berpotensi mendatangkan pengunjung tambahan ke blog 3,000 – 5,000 orang dalam satu hari.

Tips #5 : Memperhatikan Desain Blog

Setelah keempat tips tersebut dilakukan, maka yang terakhir barulah kita memperhatikan tampilan di blog kita. Saya menyarankan untuk desain blog tetap pertahankan kesan simpel, bersih, dan cepat. Jadi kalau nanti Anda ingn memilih template blog, pastikan sederhana, tidak telalu banyak pernak – pernik, clean, responsive (mobile friendly) dan juga cepat eksekusinya. Dengan desain yang seperti itu akan membuat pengunjung blog kita merasa nyaman.

Baik sahabat, itulah tips yang bisa saya bagikan untuk membuat sebuah blog yang Stand Out. Semoga membantu untuk menjadikan blog yang Anda ciptakan semakin berdampak dari sebelumnya.

Ada tips lain yang perlu saya ketahui? Silakan bagikan tips tersebut di kotak komentar di bawah ya….

Salam,
Arry Rahmawan
Passionate Educator

Silakan temukan inspirasi lainnya dari saya melalui:

Free Online Course di YouTube : Channel Arry Rahmawan
Free Kultwit di : Twitter @ArryRahmawan
Free Inspirational Quotes : Instagram @ArryRahmawan
Free Inspirational Notes : Grup Facebook

Untuk mengundang saya memberikan seminar dan training untuk memaksimalkan potensi dan performa berkarya di tempat Anda, silakan hubungi CerdasMulia Institute di 085640879848 (Melinda). Anda juga bisa mengikuti pelatihan hidup lebih produktif secara online dari saya dalam program ProductiveME! Academy Online.

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Bidang keilmuan peminatannya adalah kewirausahaan, inovasi, dan strategi bisnis.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0856 4087 9848 (Melinda) atau email ke arryrahmawan@ui.ac.id.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!