Akademik Tips Beasiswa

Daftar Pertanyaan Wawancara Psikolog LPDP Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI) 2018 Beserta Jawabannya Bagian 1

Written by Arry Rahmawan

Hai sahabat pembaca semuanya, kali ini saya akan melanjutkan tulisan saya yang masih membahas strategi untuk mendapatkan beasiswa unggulan dosen Indonesia (BUDI) LPDP Luar Negeri 2018. Pada tulisan kali ini, saya akan membahas lebih detil pengalaman yang saya dapatkan pada saat mengikuti seleksi substansi yang diselenggarakan pada 11 – 13 Desember 2018 lalu. Oh ya, seleksi substansi ini lokasinya nanti bisa dipilih, dan saya memilih untuk tes di Jakarta. Lokasi tes tepatnya nanti ada di Student Center PKN STAN – Sekolah Tinggi Akuntansi Negara.

Pada artikel sebelumnya yang dapat Anda baca di sini, saya telah menjelaskan gambaran umum mengenai 3 tahapan seleksi beasiswa BUDI. Kali ini saya akan menceritakan pengalaman seleksi substansi yang membahas khusus tentang interview.

Sebelum sesi interview berlangsung, setiap peserta diwajibkan untuk melakukan verifikasi berkas yang diunggah pada situs LPDP. Jadi, pastikan pada saat seleksi substansi, membawa semua berkas – berkas asli dari dokumen yang kita upload ketika seleksi berkas awal. Beberapa contoh dokumen krusial antara lain seperti ijazah S2 asli, transkrip nilai S2, sertifikat IELTS/TOEFL, surat kesehatan, dan banyak dokumen lainnya seperti yang sudah saya sebutkan di postingan saya di sini. Ketika saya verifikasi berkas, di meja sebelah saya ada peserta yang verifikasinya lama banget. Ternyata setelah diusut, ada dokumen pernyataan LPDP yang tidak dia cetak dan tandatangani di atas materai. Padahal pada waktu itu jadwal wawancara gilirannya sudah dimulai dan karena ada dokumennya yang tidak lengkap, akhirnya dia tidak boleh mengikuti seleksi wawancara.

Jadi, verifikasi dokumen asli ini sifatnya adalah prasyarat untuk bisa mengikuti seleksi wawancara BUDI LPDP LN 2018. Kalau hasil dari verifikasi sudah menyatakan lengkap, maka formulir pendaftaran kita nantinya akan mendapatkan stempel lulus verifikasi, baru nanti kita boleh mengikuti seleksi substansi berikutnya.

Setelah menunggu kurang lebih 2 jam (jadwal verifikasi saya jam 1, sementara wawancara saya jam 3) kemudian masuklah saya ke ruangan interview. Saat masuk ke ruang interview, kita diperbolehkan membawa berkas yang diperlukan sebagai ‘senjata’ kita untuk menghadapi pertanyaan para interviewer. Selain membawa berkas untuk verifikasi LPDP, saya juga membawa portfolio riset, print out SCOPUS Index, dan buku ajar “Bermain untuk Belajar” yang saya tulis dan terbit pada Oktober 2018 lalu.

Berikutnya saya menghampiri interviewer, menyalami mereka dengan senyum dan sapa, lalu dipersilakan duduk. Entah lupa atau sengaja, para interviewer ini tidak memperkenalkan diri. Sehingga, saya tidak tahu siapa dan darimana institusi asal para interviewer ini. Saya diwawancara oleh 3 orang, di mana ada seorang ibu psikolog yang duduk di tengah, kemudian diapit oleh 2 interviewer di mana satu akademisi dan satu lagi dari LPDP.

Untuk ibu psikolog ini saya berikan kode Interviewer 1, bapak akademisi Interviewer 2, dan bapak LPDP interviewer 3, sesuai dengan urutan pada saat mereka bertanya.

Oh ya, saya juga melampirkan esai yang saya tulis untuk LPDP dengan judul “Kontribusiku bagi Indonesia” yang dapat diunduh di sini, sehingga sahabat dapat melihat mengapa pertanyaan interviewer menjadi seperti itu. Berdasarkan pengalaman saya ini, pertanyaan interviewer tentu akan berbeda apabila basis esai nya berbeda. Tips dari saya: tuliskan apa yang ada di esai sesuai dengan diri sendiri (tidak perlu ikut – ikutan orang, karena setiap orang unik) dan tulislah hal – hal yang benar – benar bisa Anda pertanggungjawabkan.

PERTANYAAN INTERVIEWER 1

  1. So, Arry… Before we start, can you tell me about yourself?

Dear sir/madam, first of all, I want to say that it is an honor for me to have an interview session with you. My name is Arry Rahmawan Destyanto, currently, I’m a lecturer and researcher at Industrial Engineering Department, Universitas Indonesia. As an industrial engineer, I have the unique interest beside the industrial engineering things, those are learning psychology and game design. This interest leads me to initiate SignifierGames, a new sub-research that focus to develop serious simulation game or SSG. SSG is the term coined for the simulation games that developed for the non-entertainment purpose. In addition, I’m describing myself as a self-motivated learner, responsible, and adaptive person. In my 2 years leadership at SignifierGames, we have produced about 3 copyrighted games, 5 scientific papers about serious simulation games, and published a book, with title “Bermain untuk Belajar” that published in October 2018. I have a plan to learn more about serious games, not only for learning purpose but also for supporting policy making. Because of this reason, I decided to continue my doctoral study to Delft University of Technology, as the remarkable institution that researching game for complex system design and analysis.

Can I show you the example of the game that we have developed?

Kemudian saya menunjukkan salah satu portfolio permainan yang memang sudah saya bawa dan saya niatkan untuk ditunjukkan kepada interviewer. Alhamdulillah interviewerpun kemudian menyetujui dan saya menunjukkan Project Management Game. Berikut adalah contoh gambar permainan PMG (lihat background fotonya)

(Tips: manfaatkan pertanyaan mendeskripsikan diri ini dengan sebaik-baiknya. Seringlah berlatih berulang bagaimana mendeskripsikan diri agar semakin lancar. Cara mendeskripsikan diri yang meyakinkan ini akan mengerucutkan pertanyaan – pertanyaan interviewer berikutnya)

  1. Based on your story so you’re a gamer?

Actually, yes. I’m a gamer in the past. Gaming is one of my hobbies, and after I’d become a lecturer, I’m continually trying to find out how to create a game that brings significant benefits to my society. Finally, I decided to become a researcher in simulation gaming.

  1. You said that you are the founder of SignifierGames, do you have any link or website for that?

Of course, I am. You can check it further on the www.signifiergames.com.

(Hati – hati dengan setiap pernyataan yang kita buat, karena interviewer akan mencoba mencari jejaknya secara online. Termasuk kalau kita ingin apply di suatu jurusan tertentu atau memilih profesor tertentu, interviewer akan mencoba langsung mengeceknya secara online)

  1. Do you have any difficulties or obstacles to develop this serious simulation game?

There are many difficulties that I found when developing this SSG. One of the main issues is the budget. The development of Serious Simulation Games needs many perspectives, not only from industrial engineering, but also from game designer, and learning psychology perspective view. Usually, we apply for a grant and can develop one game in the duration of 6 – 12 months.

However, there are bigger obstacles that I found more than budget, that is the lecturer who reluctant with the usage of Serious Simulation Gaming in their course materials. Many lecturers have the perspective that playing and studying cannot be combined together. This is the real obstacle for us, actually.

  1. As you said before, I am a kind of lecturer that reluctant to use a game for my class, what would you do?

I can understand why many people think that games cannot be combined with the study. The research shows that adult learner thinks that games as such a waste of time. So, I and my team are using the proactive way by publishing the book “Bermain untuk Belajar.” This book is published in October 2018 and containing our research why the simulation games are impactful for supporting learning effectiveness.

(Kemudian saya keluarkan buku “Bermain untuk Belajar” dari dalam tas, untuk kemudian diperlihatkan kepada interviewer.)

This is the book, you can check it if you’re interested 🙂

(interviewer mulai tersenyum dan mengambil buku yang saya tawarkan untuk dilihat-lihat lebih jauh)

  1. How can you be so motivated? Do you have any failures in your life?

I’ve written in my essay that I have a ‘near-death’ experience when I was in Junior High School. One day before I took a final exam, I have a heavy motorcycle accident that took me 6 months to recover fully. I’ve got my arm broken and my lips got medical stitch (dijahit). During my time in the hospital, I had a question like, “how if today is my last day? Am I ready to meet with my God and be responsible for all of the usage of my time?

After the accident, I become a more careful person with my time. I always think like, “what kind of contribution that I can give to the world today?” Because of that experience, until now, I become a self-motivated person and alhamdulillah can tackle my laziness.

  1. You said in your essay that you’re adaptive. How can you be adaptive when you’re facing a new challenge?

Yes, I’m considering myself as an adaptive person and one of the most effective approaches to becoming adaptive is by using other experience to learn. For example, In 2012, I became a delegate from Universitas Indonesia to attend ASEAN World Environmental Forum in Japan. As an Industrial Engineering students, I have the opportunity to speak in the ASEAN forum about my perspective to save the world and make the industry more environmentally friendly. That was the first time I’m going to Japan and I thought I’d good performance in there.

The key is the preparation and learning from other experiences. Before I went to Japan, I asked for advice and suggestion about what should I do from my friends and peers. I made many important notes and highlight, try to not doing the mistake twice. Because I usually learn from the other experience, I can formulate better and proper strategies when I’m facing a new challenge in my life.

  1. What’s the most important value in your life?

Since the accident and a near-death experience that I had in 2004, the most important and meaningful value in my life is ‘contribution’. To make greater contribution for my society, I should make myself smarter, stronger, and more capable as a lifelong learner.

  1. Can the book stay with us?

Of course, Mam. I’m excited because you have the interest to know more about what Serious Simulation Gaming is. I hope that this book can answer you question, why serious simulation game is capable to support learning activities. *smile*

(Bukunya kemudian dibawa oleh ibunya, untuk dibaca – baca lebih lanjut. Satu hal yang saya perhatikan kemudian adalah ibunya membaca halaman profil penulis di bagian belakang buku yang sepertinya ingin mengetahui saya lebih lanjut)

That’s enough from me and we can continue to the next interviewer.

Yap, itulah sesi pertama seleksi substansi wawancara beasiswa LPDP BUDI LN 2018. Jika dapat dilihat polanya, saya lebih banyak ditanyakan mengenai konfirmasi esai yang berjudul “Kontribusiku untuk Indonesia”. LPDP memang akan meminta kita membuat esai pada saat seleksi berkas di awal. Di esai tersebut, kita akan diminta untuk menuliskan sebuah esai singkat yang menceritakan siapa diri kita, apa value hidup kita, dan kontribusi apa yang sekiranya sudah kita berikan di masa lalu atau apa kontribusi yang akan kita berikan di masa yang akan datang.

Semoga tulisan ini bermanfaat buat rekan – rekan, khususnya yang ingin mendaftar beasiswa LPDP BUDI LN 2019 dan tahun – tahun berikutnya.

TIPS PALING PENTING dari saya di sesi wawancara dan juga penulisan esai yang sudah kita lakukan sebelumnya adalah “JADILAH DIRI SENDIRI.” Boleh saja kita melihat esai orang lain dan belajar dari esai tersebut, namun jangan sampai kita meniru juga apa yang ditulis orang lain karena kita berbeda dengan mereka. Buatlah esai yang OTENTIK, asli sesuai dengan diri kita sendiri. Sehingga nantinya, pertanyaan yang akan diajukan pada saat wawancara pun akan otentik dan sesuai dengan diri kita.

Berikutnya insyaAllah saya juga akan berbagi mengenai pertanyaan yang saya dapatkan dari interviewer kedua dari kalangan akademisi, atau lebih tepatnya dari seorang profesor. Penasaran bagaimana pertanyaannya? Doakan agar saya bisa memiliki waktu untuk menulis dan segera posting di blog ini.

BTW, adakah dari rekan – rekan yang sudah pernah juga merasakan tes seleksi substansi LPDP ini? Dipersilakan untuk berbagi di kotak komentar tentang pengalaman yang dialami, siapa tahu bisa juga dijadikan pembelajaran buat saya dan teman – teman yang lain.

Salam,
Arry Rahmawan

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0856 4087 9848 (Melinda) atau email ke arryrahmawan@ui.ac.id. Anda juga dapat terkoneksi langsung dengan Arry Rahmawan melalui beberapa jalur media sosial berikut ini:

Free Online Course di YouTube : Channel Arry Rahmawan
Free Kultwit di : Twitter @ArryRahmawan
Free Inspirational Quotes : Instagram @ArryRahmawan
Free Inspirational Notes : Grup Facebook

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen Kewirausahaan dan Manajemen Teknologi (Technology Entrepreneurship & Management) di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Selain menjadi dosen, Arry juga seorang trainer dan pembicara seminar di berbagai kampus, perusahaan, dan juga beberapa kementerian di Indonesia tentang inovasi dan kewirausahaan teknologi.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)eng.ui.ac.id

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

3 Comments

  • salam kenal mas arry, sy hafidz tmnnya andri wijayanto tekim politeknik UI 2009.

    ktnya mas andri jg kenal mas arry pas kuliah. dl sempat mw ngundang mas arry jg k tangerang ngisi acara Sahabat Muda Tangerang “SEMUT”. tp kbtln mas arry gk bs n berhalangan.

    ya dunia memang mngkn jd semakin sempit n borderless. sy yg ikutin mas arry dr blognya.. eh trnyt tmn sy di SEMUT, tmn satu angkatan mas arry pas kuliah.

  • sy ikutin blog mas arry dr 2016 atw 2017 gitu yah.. bnr2 keren n berkualitas artikel2nya.

    tp br sempet komen di postingan 2019 ni mas 😀

    maklum lah. mngkn sy karakteknya begitu. dr test DISC sih. ktnya tipikal org C. jd mngkn lbh seneng jd silent reader aja 😀

    Baru kali ini berani komen. krn kbtln artikelnya. bikin kepala, pundak, lutut, kaki sy kerasa lemes bgt.

    mpe baca artikel ni hampir sekitar 2 jam ni kynya.. dr jam 8 mlm td mpe skrg mw jam 10.

    krn kebanyak ngelamun n ngbayangin situasi inteviewnya. baca sharing pengalamannya interviewnya. jd ky baca novel deh..

    satu paragraf dicermati, dibayangkan, ditelaah, dipikir2, dan dibandingkan dgn pengalaman sy.

    sungguh beda jauh kualitas dan kontribusi sy dibandingkan mas arry.

    wajar dan tentunya berhak bgt mas arry dpt beasiswa itu.

    sedangkan sy sdh tersisih di seleksi administrasi LPDP 2015 dan 2017.

    gagal total 😀

    cb dibawa keep smile. stdknya beruntung bs baca artikel ini. jd ikt senang ajalah..

    mas arry dpt beasiswa LPDPnya.

    however in deepest my heart.. sedih jg ;(

    krn gk bs ky mas arry.

    intens baca artikel mas arry sktr 2017-2018, yg mengena n buat wawasan baru buat hdp sy. pas sy baca ebook mas arry yg simple produktif.

    ywdh deh. sy ikutin itu buat “100 impian”.. tempel ditembok kamar.. eh bsk lusanya dibaca istri.. punya impian bnyk n muluk2 amatt..

    waduuh, malu jg sih.. ywdhlah cm bs copas ceramahnya aa gym aja.. klw mimpi aja pelit,, gmn mw jd kenyataannya.. mimpi mah mimpi aja. mimpi mah gratis ni.. tinggal mimpi n ngayal aja dl 😀

    abis itu, dr tlsnnya mas arry.. yg kynya “Hidup ini singkat. Maka tinggalkan lah jejak karya sebanyak2nya”

    langsung deh, semangat nulis artikel dblog sy yg ala kadarnya. di awal april 2018 itu..

    cm krn kesibukan kerja, rutinitas sehari2, dan kemalasan lainnya. serta tdk bs manajemen waktu, menetukan skala prioritas, dan mengusai waktu detik per detiknya.

    jd back to basic..

    dan yah tetap hidup.. begitu2 aja deh mas.. kadang rajin.. kadang mls.. tp lbh bnyk malesnya kynya 😀

    jd gk ad karya apa2 deh. selain melakukan tugas dan kerjaan sehari2.

    tp mulai masuk ke komunitas bisnis jaringan sih. spy lbh fokus lagi mengejar impiannya. kalau dlm komunitas jg kan. bs lbh menjaga semangat untk lbh rajin mengejar target dan impiannya.

    thank you mas arry atas sharing interview LPDPnya.

    Maaf klw jd curhat d kolom komentarnya 😀

    Maaf klw jd bw aura negatif di kolom komennya..

    pdhl artikel n sharing pengalamannya mas arry bgs bgt ni 😀

  • Kebetulan malam ini dapat video motivasi dari grup wa bisnis jaringan itu. yang judulnya Motivasi pagi I Mulai pagi dengan Energi Positif dari youtube chanel Republic Creator

    Semoga Bait-bait motivasi ini. bisa memberikan auro positif di kolom komentar ini.

    Semoga kita menjadi lebih banyak bersyukur dan berusaha lebih baik dlm mewujudkan impian kita. saya juga akan repost di blog saya, agar saya selalu ingat motivasi ini. selalu bersyukur, tidak berkeluh kesah, dan berusaha dengan kemampuan terbaik sy.

    Let’s check it out..

    Tututplah Mata Anda sejenak
    Dan Tersenyumlah.

    Awali pagi ini dengan rasa syukur yang mendalam.

    Syukur karna hingga detik ini
    kamu masih bisa bernafas.

    Syukur atas penglihatan,
    pendengaran, serta kekuatan.

    Syukur atas kesehatan yang tak ternilai.

    Syukur atas Nikkmat yang
    Tdk bisa dihitung jumlahnya

    Hari ini akan menjadi hari terbaik dalam hidupmu

    “Today is going to be Great Day”

    Hari ini kesuksesan akan menghapirimu

    Hal besar akan terjadi hari ini,

    Hari ini akan menjadi pengalaman hidup yang luar biasa

    Hari ini engkau akan menang

    Hari ini engkau akan memukau banyak orang

    Apa yang kau rencanakan
    hari ini akan BERHASIL

    Jika hari kemarin

    Kamu merasakan kegagalan

    KEKECEWAAN

    Lupakanlah…

    Ikhlaskanlah…

    Hari ini adalah hari yang baru

    Hari ini adalah lembaran Baru

    TERUSLAH BERGERAK…

    BERLARILAH SEKENCANG-KECANGNYA

    Hanya orang yang bergerak maju mendekati impian

    Yang berkesempatan untuk tersandung dan terjatuh

    Orang yang duduk santai

    Memang tidak akan tersandung

    Tapi pasti tertinggal

    Tertinggal adalah istilah kita untuk orang yang menua tanpa menjadi mampu

    Dia mungkin berusia 40 tahun

    Tapi masih banyak alasan
    seperti masa remajanya

    Dan menyalahkan orang lain
    atas kelemahan hidupnya

    “LAKUKANLAH SESUATU”

    “BELAJARALAH HAL YANG BARU”

    Dorong kemampuanmu
    Hingga batas terakhir

    “KAMU PASTI MAMPU’

    “PASTI MAMPU”

    APAPUN YANG KAMU CITA2 KAN

    AKAN TERCAPAI

    BUKTIKAN PADA MEREKA

    YANG MEREMEHKAN MIMPI-MIMPIMU

    BUKTIKAN BAHWA MEMANG ENGKAU
    PANTAS MENDAPATKANNYA

    “BERJUANGLAH”

    TIDAK ADA YANG TIDAK MUNGKIN

    KELUARKAN SEMUA ENERGI DAN
    KEMAMPUAN TERBAIKMU HARI INI

    Ingatlah selalu doa2 orang2 tersayangmu

    Ingatlah selalu doa2 dan harapan orang tuamu

    JANGAN KECEWAKAN MEREKA

    Buat mereka bangga pada dirimu

    Jadikanlah tetes airmata
    yang keluar dari mereka

    addlah air mata kebahagian
    karena bangga melihatmu

    JADILAH MANUSIA TERBAIK

    TEBARKANLAH SENYUMAN

    Berkasihsayanglah engaku pada sesama

    Bantulah mereka yang butuh bantuan

    Sebab engkau adalah
    MANUSIA TERBAIK

    Isilah selalu pikiranmu dengan
    PIKIRAN POSITIF

    BUATLAH KEPUTUSAN

    Tentukanlah GOAL HIDUPMU sekarang

    Wujudkanlah ide2mu yang telah
    lama terpendam

    Beranilah mengambil tindakan

    Hapus keraguan yang menghambatmu

    Takutlah bila tidak melakukan
    Sesuatu

    Mereka yang sukses

    KARENA MEREKA MEMILIKI

    DAYA JUANG YANG TINGGI

    TIDAK ADA YANG BISA
    MENGHENTIKAN CITA2MU

    Sesekali engkau akan menemukan
    Rintangan

    Sesekali engkau akan terjatuh dan
    Merasakan kecewa

    SEGERALAH BANGKIT KEMBALI!..

    INGATLAH kembali Tujuan Hidup
    Dan Cita2 MU

    Ingatlah selalu aka nada harpan
    Di depan sana

    Jangan pernah berputus asa

    Selalu awali hari dengan vibrasi
    Positif

    Jauhkan keluh kesah dan
    Perbanyaklah Syukur

    Berhentilah menyalahkan seseorang

    Sukses tidaknya dirimu

    DIRIMULAH YANG BERTANGGUNG
    JAWAB

    “Optimisme adalah magnet
    kebahagian. JIka anda tetap
    positif.

    Hal-hal baik dan orang baik .
    Akan tertarik kepada Anda.”
    (Zig ZIglar)

    “Kita tidak harus hebat saat memulai,
    Tetapi kita harus memulai untuk
    Menjadi Hebat”
    (Zig ZIglar)

    “Kesulitan-kesulitan, penderitaan-penderitaan
    Dan ujian-ujian dalam hidup adalah
    Rahmat positif. Semua ini merajut
    Otot-otot menjadi lebih keras dan
    Mengajarkan kemandirian untuk menentukan
    Hidup sendiri”
    (William Matthews)

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!