Inovasi dan Kewirausahaan Mata Ajar

Darimana Munculnya Kreativitas dan Inovasi?

Written by Arry Rahmawan

Pengalaman saya dalam memberikan pelatihan tentang kewirausahaan dan inovasi, hampir selalu mengalami kejadian serupa : peserta banyak yang merasa dirinya tidak kreatif dan inovatif dalam menghasilkan ide – ide baru.

Banyak yang menyangka bahwa kreativitas dan kemampuan berinovasi adalah bakat pemberian by default. Saya pun juga dulu merasa demikian. Begitu sulit untuk bisa berkreasi, namun begitu mudah dalam mengerjakan soal hitung – hitungan. Sepertinya saya tidak berbakat untuk hidup kreatif.

Namun ternyata memang sekali lagi ini bukan masalah bakat, tetapi kerja keras untuk melatih otot – otot kreativitas yang sudah diberikan Allah SWT kepada setiap insan manusia. Beberapa tips nya sudah saya tuliskan di artikel berjudul “Bagaimana Cara Menumbuhkan Kreativitas Bagi Entrepreneur” 4 tahun yang lalu (wah, lama juga yaa….)

Banyak dari kita yang menganggap diri kita tidak kreatif karena memang yang sering kita latih adalah otot – otot logis dan matematis. Sementara kreativitas umumnya muncul dari suatu hal yang abstrak, tidak terstruktur, dan bebas dari belenggu, dan otot – otot kreativitas ini jarang kita latih.

Pada mata kuliah Manajemen Teknologi yang saya bawakan di Universitas Indonesia, saya senang menggunakan kasus – kasus untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa. Salah satu kasus yang saya suka adalah penemuan Camera Pill atau kapsul yang di dalamnya ditanamkan kamera.

Untuk apa fungsi dari Camera Pill? Salah satu manfaat terbesar dari Camera Pill yaitu menjadi alat bantu untuk penderita radang atau sakit di bagian pencernaan, terutama usus. Kelainan pada usus, seringkali menimbulkan kesulitan bagi para dokter untuk menemukan di mana letak titik sakitnya.

Prosedur yang digunakan untuk melihat titik sakit ini dinamakan endoskopi, yaitu melihat daerah pencernaan dalam tubuh manusia menggunakan selang elastis yang di ujungnya terdapat kamera dan lampu.

Di saat prosedur endoskopi normal menggunakan selang yang di ujungnya terdapat kamera, terdapat seorang inovator yang berpikir, “mengapa tidak menggunakan kapsul untuk melihat bagian dalam tubuh?” Sehingga akhirnya terciptalah Camera Pill yang saat ini banyak digunakan untuk mencari titik sakit pada organ dalam manusia.

Siapakah orang kreatif yang menghasilkan inovasi Camera Pill? Orang tersebut adalah Gavriel Iddan beserta tim penelitinya. Menariknya, Iddan bukanlah seorang dengan latar belakang kesehatan, namun memiliki latar belakang insinyur, khususnya insinyur mesin (mechanical engineer).

Lalu, bagaimana mungkin seorang insinyur mesin menemukan inovasi seperti itu sementara di sisi lain tidak ada dokter yang ‘kepikiran’ untuk membuat Camera Pill?

Schilling (2012) mengemukakan bahwa hal tersebut bisa terjadi karena seorang insinyur yang tidak memiliki latar belakang kesehatan justru terbebas dari ‘belenggu solusi’ yang mengharuskan endoskopi itu pasti menggunakan selang. Belenggu solusi ini yang dibuang oleh Iddan dengan melakukan redefinisi masalah dan menemukan solusi baru yang betul – betul berbeda.

Sebagai tambahan, beberapa faktor lain yang membuat seseorang menjadi kreatif adalah sebagai berikut,

  • Kapasitas intelektual, yang bisa dibangun dengan banyak melakukan problem solving
  • Tingkat pengetahuan (memiliki informasi yang cukup dan memahami masalah dengan baik)
  • Gaya berpikir (selalu berpikir dengan cara atau jalan – jalan baru)
  • Kepribadian (percaya diri untuk menghasilkan dan berbagi ide kreatif)
  • Motivasi (memiliki keinginan kuat untuk memperbaiki kondisi yang ada), dan
  • Lingkungan (dukungan sekitar untuk menghasilkan ide – ide kreatif).

Kriteria – kriteria tersebut bisa coba kita cek dalam diri kita, berapakah masing – masing skornya? Misalkan 1 berarti sangat rendah, sementara 10 sangat tinggi. Semakin tinggi skornya, maka akan semakin mudah diri kita menghasilkan hal – hal kreatif.

Semoga bermanfaat untuk Anda, terutama para entrepreneur yang saat ini sedang berupaya untuk menghasilkan hal – hal kreatif.

Apakah ada sumber – sumber lain yang membuat seseorang menjadi kreatif dan inovatif? Yuk silakan share di kotak komentar di bawah.

Untuk mengundang saya sebagai narasumber seminar atau pelatihan kewirausahaan, silakan hubungi 085640879848 (Melinda) atau informasi seminar kewirausahaan oleh Arry Rahmawan.

Salam,
Arry Rahmawan
Lecturer & Researcher, Universitas Indonesia
Founder, SignifierGames.com & CerdasMulia Institute

Silakan temukan inspirasi lainnya dari saya melalui:

Free Online Course di YouTube : Channel Arry Rahmawan
Free Kultwit di : Twitter @ArryRahmawan
Free Inspirational Quotes : Instagram @ArryRahmawan
Free Inspirational Notes : Grup Facebook

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen serta peneliti di Universitas Indonesia mengenai inovasi, kewirausahaan, dan strategi bisnis yang senang berbagi pengetahuan dan pengalaman yang dimilikinya. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!