Inovasi dan Kewirausahaan

Di Manakah Positioning Diri Kita?

Written by Arry Rahmawan

Sebagai seorang praktisi dan pelaku entrepreneurship di Indonesia, saya meraskaan betul pentingnya sebuah bisnis memiliki positioning. Ada yang pernah mendengar kata positioning? Apa pula yang namanya positioning itu? Positioning adalah sebuah deskripsi singkat tentang apa yang dilakukan bisnis kita dan mengapa bisnis kita ada.

Sebagai contoh, ketika saya ditanya tentang positioning dari CerdasMulia Institute, lembaga pelatihan yang saya dirikan dan berkembang saat ini, maka saya menjawab dengan simpel : CerdasMulia Institute is Young Inspirators Factory. Sebuah pernyataan singkat, namun menunjukkan apa yang kami lakukan dan mengapa kami ada. CerdasMulia Institute ada untuk menghasilkan anak – anak muda yang inspiratif dan bisa menularkan inspirasi kepada orang lain.

Memiliki positioning yang jelas dapat menjadi penyemangat tersendiri dalam menjalankan bisnis. Dalam menjalankan usaha yang sudah memiliki tim, sebagai seorang pemimpin kita perlu dengan mudah menjelaskan kepada tim ke mana kita akan mengarah dan ke mana kita akan menuju. Dengan memiliki positioning yang jelas, saya bisa dengan mudah menyemangati tim bahwa setiap pekerjaan yang kita lakukan adalah untuk menghasilkan inspirator – inspirator muda baru.

Bagaimana cara membuat positioning? Berikut ini akan saya beberkan prinsipnya.

  • Pendek. Membuat kalimat positioning itu tidak perlu panjang – panjang. Jika bisa tidak lebih dari 10 kata. Positioning dibuat singkat agar kita dapat dengan mudah mengulang atau mengingatnya.
  • Jelas. Kalimat positioning itu menjelaskan “what do you do?” dan juga “why do you exist?”. Kalimat itu tidak bertele – tele, langsung menjelaskan apa yang kita lakukan dan menjelaskan mengapa diri kita ada
  • Kebaruan. Gunakan pernyataan yang sebisa mungkin unik, belum ada, atau masih mengandung unsur kebaruan. Seperti misalnya inspirator factory menurut saya adalah hal baru dan belum banyak menemukan itu.

Sudahkah dalam bisnis kita menemukan positioning bisnis? Ketika kita menemukan hal ini, maka kita dapat lebih mudah untuk mengendalikan tim serta menjelaskan kepada pelanggan apa bedanya diri kita dibanding yang lain.

Bagaimana dengan Positioning Diri?

Saya sempat berpikir, jika di dalam bisnis sebuah positioning itu begitu penting, sudahkah kita memiliki positioning untuk diri kita sendiri? Wah, maksudnya apa? Maksud saya, sebagai manusia sudahkah kita memiliki positioning diri?

Memiliki positioning untuk diri kita sendiri dapat membuat hidup kita lebih bergairah, bermakna, dan juga selalu menjaga track hidup kita tetap fokus. Kita akan merasa bahwa memang diri kita diciptakan unik dan kita akan semakin mensyukuri keberadaan hidup kita di dunia.

Misalkan kalau tadi CerdasMulia Institute memiliki positioning : Young Inspirator Factory, lantas apa positioning dari seorang Arry Rahmawan?

Kalimat positioning hidup saya terangkum dalam 3 kata : Innovative Inspirator Maker. Saya mendedikasikan diri saya untuk terus berinovasi dalam rangka menghasilkan orang – orang yang bisa menjadi inspirator kebaikan untuk orang lain. Maka dari itulah saya mendedikasikan 5 tahun terakhir dan seumur hidup saya untuk berinovasi dan berkreasi dalam membuat program – program dalam rangka menghasilkan inspirator hebat di Indonesia.

Saya percaya, jika Indonesia yang memiliki sumber daya manusia berlimpah memiliki mental seorang inspirator, seorang penyalur kebaikan, insyaAllah negeri ini akan menjadi sangat dahsyat. Untuk itulah saya diciptakan, untuk mengasilkan banyak inspirator – inspirator muda baru.

Beberapa program yang telah saya ciptakan untuk menghasilkan inspirator – inspirator muda Indonesia antara lain,

Ini adalah beberapa foto saya bersama inspirator – inspirator muda Indonesia yang sangat luar biasa, di mana Allah memberikan kesempatan kepada saya untuk menjadi sarana lahirnya inspirator – inspirator muda ini:

Bagaimana dengan kamu? Sudahkah kamu memiliki positioning di dalam diri? Yuk di share positioning diri apa yang kamu miliki saat ini melalui kotak komentar yang ada di bawah. Saya sudah, dan merasakan hidup saya jadi penuh warna. Kamu juga pasti akan merasakannya.

Saya tunggu yaaa sharing nya….

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen serta peneliti di Universitas Indonesia mengenai inovasi, kewirausahaan, dan strategi bisnis yang senang berbagi pengetahuan dan pengalaman yang dimilikinya. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!