Keilmuan

Dua Aspek Penting dalam Membangun Bisnis

Written by Arry Rahmawan

Dalam buku the Motivation Manifesto karya Brandon Burchard, salah satu penulis favorit saya – disebutkan bahwa setiap orang di dunia ini akan selalu termotivasi untuk melakukan sesuatu karena ingin meraih satu hal : Kebebasan (freedom)

Jika sekarang saya minta Anda untuk menebak : kebebasan apakah yang paling dicari oleh banyak orang? Inilah jawabannya : kebebasan keuangan dan kebebasan waktu

Kebebasan keuangan (financial freedom) maksudnya adalah sebuah kondisi di mana diri kita tidak lagi pusing – pusing memikirkan darimana uang akan datang. Setiap harinya dalam hidup kita, baik kita sedang bekerja ataupun tidak maka kita akan selalu memiliki uang.

Sementara kebebasan waktu adalah sebuah kondisi di mana diri kita memiliki kebebasan untuk melakukan suatu hal yang ingin kita lakukan tanpa harus khawatir terikat dengan hal yang membatasi diri kita. Entah kita ingin berlibur ke Bali, jalan – jalan di Jogja, dan lain sebagainya.

Hal paling menarik untuk mendapatkan kebebasan keuangan dan waktu tersebut adalah jika kita memberanikan diri kita untuk memulai membuka bisnis ataupun usaha secara mandiri.

Sayangnya, membuka bisnis dan menjalankannya tidak semudah membalik telapak tangan. Dalam perjalanan saya membangun CerdasMulia Group sejak tahun 2011 yang saat ini berkembang memiliki 4 unit usaha, diperlukan berbagai macam taktik dan strategi agar usaha kita tidak hanya jalan, namun juga bertahan.

Dalam memandang bisnis atau wirausaha, biasakanlah memiliki pola pikir bahwa hasil yang baik pasti selalu diiringi dengan kerja keras pula. Banyak orang yang kemudian ingin mendapatkan kebebasan finansial dan waktu hanya melihat hal – hal yang enak saja, tanpa memikirkan pengorbanan yang perlu dilakukan.

Berdasarkan pengalaman saya, ada dua aspek penting yang perlu kita kuasai sebagai seorang entrepreneur atau business owner agar bisnis bisa berjalan dan berkembang, yaitu : ASPEK TEKNIS dan NON – TEKNIS.

Aspek TEKNIS yang perlu dikuasai dalam membangun dan mempertahankan bisnis adalah :

  1. Pola pikir entrepreneur
  2. Penanaman kebiasaan (habit) seorang entrepreneur
  3. Motivasi dalam berbisnis
  4. Perencanaan bisnis
  5. Pengembangan produk
  6. Pemasaran dan Penjualan
  7. Branding
  8. Aspek legal
  9. dan lain sebagainya…

Apakah menguasai aspek – aspek di atas sudah cukup? Ternyata, belum tentu. Ada beberapa ASPEK NON – TEKNIS yang juga perlu dilakukan, antara lain:

  1. Niat membangun bisnis untuk mengabdi kepada Tuhan
  2. Meminta doa serta restu dari orang tua
  3. Menyedekahkan harta yang kita miliki
  4. Mengencangkan ibadah – ibadah seperti tahajud atau shalat dhuha
  5. Jujur dalam melakukan transaksi
  6. dan lain sebagainya…

Nah, selama ini dalam berbagai seminar yang saya ikuti kebanyakan orang masih fokus dalam mempelajari aspek TEKNIS saja dalam bisnis. Tentu ini sangat baik sekali, namun jika tidak diimbangi dengan aspek NON – TEKNIS, hal tersebut bisa jadi sia – sia.

Sebagai contoh, seorang teman saya sebut saja namanya A adalah orang yang dulunya sangat rajin sekali shalat dhuha. Sampai akhirnya dia mencoba untuk bisa menjadi seorang yang memiliki bisnis sendiri. Dia menghabiskan jutaan bahkan puluhan juta rupiah untuk bisa belajar ilmu – ilmu bisnis. Namun, karena kesibukannya belajar dan membangun bisnis itulah lama – kelamaan shalat dhuhanya mulai luntur. Di situ saya kemudian melihat setelah melakukan evaluasi selama 2 tahun, bisnisnya cenderung stuck dan berjalan di tempat.

Hal ini beda dengan B, di mana dia berupaya untuk bisa mengembangkan bisnis sendiri. Dia belajar ilmu bisnis dari buku serta praktik yang ada di lapangan. Tidak lupa dia mulai dengan niat yang lurus, meminta restu orang tua, ibadah dikencengin, dan sedekah diperbanyak. Tidak perlu menunggu 1 tahun, bisnisnya sudah melejit dan bercabang – cabang banyak. Pernah mendengar cerita seperti ini? Banyak contohnya.

Itulah dia dua aspek penting yang perlu kita ketahui dalam membangun bisnis, yaitu aspek TEKNIS dan NON – TEKNIS. Setelah membaca tulisan ini, mari kita sama – sama mulai menyeimbangkan aspek TEKNIS dan NON – TEKNIS agar bisnis kita bisa lebih berkembang dan bertahan.

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan.

Untuk mengundang saya mengisi seminar dalam event Anda, silakan hubungi 085640879848 (Melinda).

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Bidang keilmuan peminatannya adalah kewirausahaan, inovasi, dan strategi bisnis. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!