High Performance Me

Dua Serigala dalam Hati Kita

Written by Arry Rahmawan

Dalam sebuah sesi coaching pengembangan diri, saya pernah ditanya oleh coach saya, “apakah kamu ingin meningkatkan kualitas hidup kamu dibandingkan dengan kualitas hidup yang sekarang?”. Wah, tentu saja saya mau sekali. Siapa yang tidak mau jika kualitas hidupnya menjadi lebih baik?

Kemudian coach saya melanjutkan, “jika begitu, coba saya lihat target-target hidup yang kamu miliki sekarang ini.” Lalu saya berikan target hidup tertulis saya kepada coach saya. Salah satunya adalah penghasilan bulanan dan juga target saya untuk menulis beberapa buku setiap tahunnya.

Saya memiliki target tahun ini menuliskan dan berhasil menerbitkan 3 buah buku. Coach saya ini berkata dengan enteng sekali. “Apakah 3 buku ini adalah batas maksimal yang bisa kamu hasilkan dalam setahun?”

Saya tertegun. Sepertinya tidak, itu bukan batas maksimal saya.

“Sepertinya bukan coach, tapi bagaimana saya tahu kalau itu sudah mencapai batas maksimal saya?”

Perbincangan selanjutnya menjadi sebuah perbincangan menarik buat saya.

“Bagaimana perasaanmu jika angka 3 ini ditambahkan 1, sehingga menjadi 4?” Coach mencoret angkanya dan menggantinya menjadi 4. Wow, entah mengapa perasaan saya menjadi semakin bersemangat. Rasanya saya masih optimis untuk menulis 4 buku dalam setahun. Coach kemudian menambah 1 lagi sehingga menjadi 5, dan saya pun semakin bersemangat. Sampai akhirnya ketika coach menulis angka 8 buku dalam setahun, saya mulai kicep. Saya tidak yakin bisa meraihnya.

Hal yang sama terjadi untuk aspek pendapatan saya dalam sebulan. Awalnya ditambah beberapa puluh persen, saya semangat. Kemudian dikali 2, dikali 3, dikali 5, sampai dikali 10, saya mulai merasa itu adalah sesuatu yang sulit untuk dicapai. Akhirnya saya tahu batas maksimal tentang target-target hidup saya. Coach kemudian berpesan,

“Banyak orang yang mendapatkan hasil standar dan kualitas standar dalam hidupnya, karena ternyata dia hanya memiliki impian-impian yang standar. Sampai akhirnya mereka bisa menyadari, bahwa diri mereka tidak sekerdil itu. Inilah cara untuk senantiasa meningkatkan kualitas diri, yaitu memasang sebuah target di mana bukan hanya kita mampu melakukannya, tetapi juga ‘mengalahkan’ diri kita dari target-target diri kita sebelumnya. Hanya saja masalahnya, apakah kita berani atau takut untuk menggapainya.”

Saya jadi teringat kisah dari kakek saya sewaktu saya kecil tentang 2 serigala yang ada dalam hati kita. 2 serigala ini selalu berkompetisi untuk saling serang agar mendapatkan wilayah kekuasaan. Saya pernah bertanya kepada kakek, serigala apakah itu? Kakek menjawab, 2 serigala itu adalah berani dan takut.

Serigala mana yang kemudian akan menang?

Ini kata kakek saya, “Serigala yang paling sering kamu kasih makan. Serigala kenyang yang kuat akan selalu menang daripada serigala lemah yang kelaparan.” Sungguh sebuah nasihat yang sangat oke.

Saya kemudian mendapatkan kisah-kisah gila tentang orang yang berhasil karena impiannya yang gila. Mulai dari orang yang ingin berpenghasilan sebesar US$ 1 juta, dengan menuliskan cek kosong atau rekening buku tabungannya sendiri. Hingga penulis-penulis terbaik yang memiliki produktivitas menulis yang jauh lebih tinggi dari saya, di mana mereka bisa menghasilkan 100 – 1000 judul buku dalam hidup mereka. Mereka adalah contoh orang-orang yang memang berani memutuskan sejak awal bahwa mereka bisa ‘menembus’ batas yang mereka ciptakan sendiri, dan mereka mendapatkan kehidupan mereka kelak seperti itu.

Ternyata, perbedaan nasib seseorang bisa jadi jauh layaknya bumi dengan langit hanya karena perbedaan mereka memberi makan serigala “berani” dan serigala “takut” dalam hidup mereka.

Bagaimana menurut Anda?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan.

Ingin Memulai Bisnis sejak Pelajar atau bahkan Kuliah? Dapatkan panduan wajib Studentpreneur Guidebook dengan membeli di toko buku Gramedia terdekat di kota Anda, atau memesannya di sini.

Datang dan saksikan perhelatan kewirausahaan terbesar tahun ini di Pestawirausaha TDA 2014. Informasi dan pendaftaran silakan klik informasi berikut ini.

GRATIS! Ayo Gabung di Komunitas Indonesia Berpijar!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen serta peneliti di Universitas Indonesia mengenai inovasi, kewirausahaan, dan strategi bisnis yang senang berbagi pengetahuan dan pengalaman yang dimilikinya. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!