High Performance Me

Hadiah Terindah Dalam Hidup

Bayangkan di depan Anda saat ini terdapat sebuah kotak hadiah yang tertutup rapat. Anda berdebar menebak-nebak apa isinya. Sekitar 4 tahun yang lalu, saya mendapatkan sebuah kotak serupa. Isinya, sangat luar biasa. Saya tidak pernah menduga akan mendapatkannya. Setelah membuka kotak tersebut, ternyata apa yang ada di dalamnya sangat-sangat mengubah hidup saya.

4 tahun lalu, saya menerima kotak itu. Berdebar-debar saat membukanya, dan benarlah bahwa isinya memang sangat spesial dengan harga yang juga mahal. Bayangkan, hadiah itu bernilai sekitar Rp40 juta rupiah (wow, mahal juga ya). Tidak hanya mahal, namun hadiah itu juga berdampak untuk hidup saya.

Semenjak mendapatkan hadiah itu, perlahan hidup saya mulai membaik. Bayangkan, dari sebuah hadiah yang sederhana, saya bisa mencapai impian-impian saya. Dulu, saya ingin sekali menjadi seorang penulis. Sejak mendapatkan hadiah itu, saya sudah menulis sekitar 650 artikel di dunia maya, 2 buku digital inspiratif, dan 1 buku panduan tentang kewirausahaan pemuda yang diterbitkan secara nasional. Bagaimana mungkin ada hadiah yang bisa berdampak hingga seperti itu?

Sejak mendapatkan hadiah itu, saya merasa hidup saya menjadi lebih produktif. Saya tidak berani lagi menghabiskan waktu dengan sia-sia. Saya selalu merencanakan hidup saya, dan satu per satu perencanaan hidup itu pun terwujud. Saya sudah memberikan pelatihan, workshop, dan seminar yang menginspirasi lebih dari 10.000 orang dalam 1 tahun. Banyak orang yang mengucapkan rasa terima kasih karena terinspirasi untuk membuat hidup mereka menjadi lebih baik. Banyak juga orang yang mengucapkan terima kasih berkali-kali karena menemukan buku saya yang membuat hidup mereka menjadi tercerahkan. Bahkan saya tidak sadar belum ada 2 bulan sejak peluncuran buku saya bisa menjadi sebuah buku best-seller.

Berasal dari hadiah itu pula saya jadi bersyukur dan bahagia. Follower akun media sosial saya terus bertambah. Setiap hari email-email masuk mengucapkan ucapan terima kasih dan keinginan untuk mengajak berkenalan. Berbagai macam media massa meliput saya dan juga tidak lupa saya menceritakan ‘hadiah’ yang mengubah hidup saya ini.

Oh iya, dari hadiah itu pula saya pun mencoba untuk hidup lebih dekat dengan keluarga. Dari yang tadinya hubungan saya dengan keluarga biasa-biasa saja, saya sekarang banyak menghabiskan waktu jalan-jalan bersama mereka agar hubungan lebih dekat. Tidak jarang, saya traktir keluarga yang sebelumnya jarang saya lakukan. Ternyata, hal tersebut membuat hari dan waku-waktu saya bersama keluarga lebih berkualitas. Saya senang, hadiah tersebut menjadi semacam pemicu untuk semakin mendekatkan hubungan saya dengan keluarga. Begitu pula hubungan saya dengan sahabat dan teman-teman saya. Saya semakin menyadari bahwa setiap hari itu indah, benar-benar bermakna, dan membahagiakan.

Maukah Anda dengan hanya membayar Rp40 juta Anda bisa mendapatkan sebuah hadiah yang membuat hidup Anda berubah menjadi lebih bermakna dan membahagiakan?

Beragam orang yang saya tanyakan demikian, tidak sedikit yang mengatakan mau (karena bagi mereka harga kebermaknaan dan kebahagiaan hidup jauh lebih mahal dari itu), sampai akhirnya saya memberi tahukan apa isi kotak hadiah tersebut….

Hadiah itu bernama Tension Pneumothorax

Anda mungkin berpikir bahwa itu adalah sesuatu yang keren dari namanya. Dan memang… keren.

Tension pneumothorax adalah sebuah kelainan yang ditemukan dalam rongga dada, di mana terdapat banyak udara atau gas di rongga dada yang membuat paru-paru tertekan dari luar, sehingga dampaknya adalah paru-paru tidak bisa mengembang.

Terbayangkah Anda, bagaimana rasanya ingin bernapas namun paru-paru Anda tidak bisa mengembang sempurna karena ada tekanan udara dari luar rongga dada?

Benar, selain rasa nyeri yang sangat… Saya seringkali tidak bisa bernapas. Dan inilah cerita uniknya: bahkan dokter pun tidak tahu darimana saya bisa terkena tension pneumothorax ini. Satu hal yang saya tahu bahwa penyakit ini sangat berbahaya. Selain mengganggu pernapasan, juga dapat mengganggu suplai oksigen ke dalam darah, yang besar kemungkinan akan menyebabkan kematian.

Waktu menerima ‘hadiah’ itu, saya benar-benar pasrah. Saya masih sangat muda, dan pada waktu itu saya pikir saya adalah orang yang sangat sehat. Saya benar-benar kaget, dan bahkan sempat menangis kalau-kalau membayangkan jika suatu malam saya tidur, maka itu adalah malam terakhir yang saya nikmati bersama orang tua saya.

Namun, saat itu saya tidak menyerah. Saya harus sembuh. Berbagai macam cara ditempuh. Dokter merekomendasikan untuk pengeluaran gas dengan selang, namun saya yakin bahwa Allah akan memberikan kesembuhan untuk saya tanpa saya harus ‘membongkar’ atau ‘melubangi’ tubuh saya. Setelah 3 bulan terapi alami, saya mendapatkan kesempatan kembali untuk bisa hadir di muka bumi ini. Saya sembuh. Benar-benar sembuh. Saya bersujud. Pengobatan sakit itu membutuhan dana yang cukup fantastis, Rp40 juta.

Awalnya saya melihat bahwa sakit itu adalah sebuah petaka. Seringkali saya juga frustrasi ketika saya kembali tidak bisa bernapas atau merasakan nyeri yang sangat saat saya menghirup udara. Tetapi akhirnya saya sadar, itulah salah satu hadiah terindah yang pernah Tuhan berikan kepada saya. Sejak saat itu saya tidak pernah lupa untuk berpesan kepada pemuda khususnya mereka yang seusia dengan saya, “kehidupan hari ini merupakan hadiah yang luar biasa Tuhan berikan kepada kita. Pun seandainya saat ini kita sedang dilanda ujian atau sakit, yakinlah bahwa ujian itu merupakan hadiah terindah pada saatnya dia terbuka nanti.”

Tulisan ini saya persembahkan untuk mereka yang sedang berjuang agar sembuh dari sakitnya atau sedang dilanda ujian yang begitu berat dalam hidupnya. Yakinlah bahwa hadiah tersebut akan indah pada saatnya nanti.

Bagi mereka yang saat ini sehat, maka saya berpesan, “nikmat Tuhanmu manakah yang kamu dustakan?”. Manfaatkan kesehatan yang kita miliki untuk menghasilkan karya-karya nyata yang dapat membuat bangsa ini menjadi lebih baik. Jangan sampai kita menyesal dan merasa bahwa semua sudah terlambat. Bahkan saya mendoakan agar pembaca sekalian tidak mendapatkan ‘hadiah’ seperti apa yang saya dapatkan, karena hadiah tersebut membuka dinding tipis yang selama ini memisahkan antara kehidupan dan kematian saya.

Pertanyaannya kemudian, apa yang akan kita pertanggungjawabkan jika kelak kita menghadapNya nanti? Sudahkah kita memiliki karya-karya yang bisa membuat pencipta kita bangga terhadap kita? Maka, mengapa kita tidak berhenti untuk melakukan hal yang tidak berguna sekarang juga? Let’s create our legacy right now.

Bagaimana menurut Anda?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow @ArryRahmawan.

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Bidang keilmuan peminatannya adalah kewirausahaan, inovasi, dan strategi bisnis. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!