Blogging & Writing

Ikatlah Ilmu dengan Menuliskannya

Mengatasi Rasa Malas Menulis
Written by Arry Rahmawan

“Tahu kau mengapa aku sayangi kau lebih dari siapa pun ?
Karena kau menulis. Suaramu takkan padam ditelan angin,
akan abadi, sampai jauh, jauh di kemudian hari.”

(Pramoedya Ananta Toer)

Quotes di atas merupakan salah satu quotes favorit saya, yang secara tersirat membuka mata kita mengapa setiap orang, siapapun dia, harus menulis. Menulis, adalah salah satu cara paling mudah dan sederhana untuk meninggalkan jejak kebaikan di dunia. Dengan menulis itu pula, sesuatu yang kita tuliskan akan terus bertahan, tidak ditelan angin, akan abadi, sampai jauh, walaupun kelak kita sudah tiada.

Karena menulis merupakan salah satu ‘senjata’ terbaik untuk menginspirasi, bahkan mengubah hidup banyak orang, maka apa yang namanya ‘menulis’ dengan profesi seorang trainer adalah hal yang tidak dapat ditawar – tawar lagi. Bagi mereka yang ingin menjadi seorang trainer, maka menulis adalah sebuah hal yang wajib adanya.

Menulis, menurut sebagian besar orang mungkin adalah pekerjaan yang sangat sulit, membosankan, serta tidak menantang. Namun, jika kita memahami dengan lebih dalam, menulis ternyata bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Kita dapat menulis dimulai dari,

  • Hasil percakapan kita sehari – hari dengan orang di sekeliling kita
  • Hasil dari kita membaca buku, melihat berita, atau mendengarkan radio
  • Hasil dari pengalaman – pengalaman baru yang memberikan makna mendalam dalam hidup
  • Hasil dari proses atau perjalanan kita dalam meraih impian
  • serta masih banyak lagi sumber inspirasi lainnya.

Itulah mengapa para trainer muda alumni Young Trainer Academy diberikan fasilitas untuk membiasakan diri mereka dalam menulis, bahkan setiap hari. Salah satu fasilitas yang diberikan adalah adanya social media online, yaitu Young Trainer CircleSocmed khusus para trainer muda Indonesia. Di sana, mereka bisa menulis, saling berinteraksi, dan berbagi inspirasi satu sama lain.

Sekarang, salah satu situs favorit saya selain Google adalah membaca tulisan – tulisan menarik para alumni Young Trainer Academy di Circle! Jika di dalam ruangan pelatihan Young Trainer Academy saya adalah trainer dan mereka adalah trainee saya, maka di luar kelas justru mereka ini adalah guru – guru saya yang sangat luar biasa dengan tanpa lelah terus berkarya melalui tuilsan – tulisannya yang membuat saya tergerak untuk lebih baik.

Sebagai bentuk apresiasi atas tulisan – tulisan tersebut, setiap dua bulan sekali, tim CerdasMulia akan melakukan kurasi untuk memilih tulisan – tulisan terbaik di Circle. Tulisan tersebut didasarkan pada jumlah nominasi pembaca dan juga penilaian dewan juri, yaitu saya dan mas Dhika (keduanya adalah direktur dari CerdasMulia).

Berikut ini adalah penerima penghargaan Circle Writing Award 1 untuk para trainer muda Indonesia:

Penulis : Adi Triasmara (Alumni YTA 2, Founder Nusantara English)

Penulis : Albarra Eresmair (Alumni YTA 2, Storyteller, Direktur Qowsan Training)

Penulis : Anindya Rizqi Fauziyyah (Alumni YTA 3, Aktivis Dakwah)

Penulis : Febby Ulvia Agustine (Alumni YTA 2, Penulis Muda)

Penulis : Melinda Nurimannisa (Alumni YTA 1, Spiritual Entrepreneur)

Penulis : Saesar Agung Trawanda (Alumni YTA 4, Entrepreneur)

Penulis : Saskia Ratry Arsiwie (Alumni YTA 1, Aktivis Organisasi)

Selamat kepada para trainer muda yang telah berupaya dengan segala kesibukannya untuk tetap bisa menulis hal – hal yang inspiratif dan bermanfaat. Terima kasih telah memberikan banyak pelajaran berharga. Semoga tetap diteguhkan hatinya untuk terus melahirkan tulisan – tulisan yang bermanfaat. InsyaAllah untuk pemenang Circle Writing Award perdana ini tulisan – tulisannya akan dibukukan, agar manfaatnya bisa lebih jauh dirasakan banyak orang.

Bagi teman – teman yang ingin bergabung ke dalam jaringan Lingkar Trainer Muda, bisa mengikuti terlebih dahulu pelatihan Young Trainer Academy.

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah seorang yang memiliki passion dalam membangun sumber daya manusia Indonesia untuk menjadi pribadi yang cerdas (mengoptimalkan talenta) dan mulia (menghasilkan banyak karya nyata). Aktivitasnya saat ini adalah sebagai seorang dosen di Universitas Indonesia dan trainer di CerdasMulia Institute.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!