Saturday , 20 December 2014
Home » Pengembangan Diri » Kata-Kata Sederhana yang Membuat Hidup Lebih Bermakna

Kata-Kata Sederhana yang Membuat Hidup Lebih Bermakna

Hati-hati dengan kata-kata! Yap, seriously! Dengan kata-kata, seorang dapat menjadi baik dan buruk, dengan kata-kata, seseorang dapat menangis dan tertawa, dengan kata-kata pula seseorang dapat menjadikan hidupnya lebih sejahtera ataupun benar-benar hancur. Semuanya berawal dari kata-kata!

Coba pikirkan hal yang lainnya. Ketika kita ingin mempererat persahabatan, melakukan kekompakan kinerja dalam tim kita, mendapatkan pekerjaan yang kita inginkan, membuat kita lebih bersemangat dan termotivasi, pemilihan kata-kata itu sangat penting dan dapat membuat perbedaan yang sangat berarti. Kata-kata itu mempengaruhi pikiran, perasaan, semangat, dan bahkan aksi nyata diri kita!

Mau tahu apa kata-kata yang sederhana namun memiliki dampak besar untuk membuat hidup Anda lebih bermakna? Di bawah ini Anda akan menemukan 8 kata-kata yang luar biasa tersebut. Ucapkan kata-kata ini di mana saja, sesering mungkin, entah Anda sebagai anak kepada orangtuanya, sebagai pemimpin kepada anak buahnya, atau sebagai seorang sahabat yang setia. Penasaran apa saja untuk membuat hidup lebih positif dan bermakna? Baca terus artikel ini selengkapnya!!

THANK YOU
Sebuah ucapan yang singkat, sederhana, tetapi memiliki banyak makna. “Terima Kasih”, adalah ucapan yang menyatakan bahwa kita mengapresiasi orang karena sesungguhnya kita merasa membutuhkan orang tersebut. Ucapan ini juga membuat orang lain senang, lho! Dengan catatan kita mengucapkannya dengan tulus. Oke? Biasakan mengucapkan terima kasih dalam setiap kesempatan di mana kita mendapatkan bantuan ‘sekecil apapun’ dari orang lain.

I FORGIVE YOU
‘Aku memaafkanmu’, ‘Kamu sudah dimaafkan’, jadilah pemaaf yang baik. Setiap orang, selalu senang terhadap orang yang mudah memaafkan kesalahan orang, dengan catatan bahwa kita pastikan orang tersebut tidak mengulangi kesalahan yang sama.

I LOVE YOU
Ucapan ini bukan hanya ditujukan untuk sepasang kekasih atau mereka yang sedang jatuh cinta, lho!’Aku cinta kamu’ atau ‘aku sayang kamu’ adalah ucapan yang sangat manis dan membersarkan hati. Saya pernah sangat terharu mendengar sebuah pernyataan dari film ‘Hafalan Shalat Delisa’, Delisa cinta ummi karena Allah. Langsung nyessss rasanya ingin sekali memberikan ucapan terbaik ini untuk ibu dan ayah. Langsung saya sms ayah dan bunda, menyatakan cinta, dan ketika pulang ke rumah disambut dengan baik dan hangat sekali.

I’LL HELP YOU
Serius, kata-kata ini adalah kata-kata konkrit yang menyatakan bahwa kita care terhadap orang lain. Daripada kita hanya memberikan semangat kosong dengan kata-kata “Semangat, Ya!!” (Ini pasti sering banget kita denger). Apaan sih? Semangat, ya! itu tidak membantu apapun! Gantilah dengan kata-kata “Apa yang bisa saya bantu?”. Cobalah dan lihatlah apa yang terjadi.

YOU CAN DO IT
‘Kamu pasti bisa melakukannya!’, ‘Kamu pasti bisa!’. Kata-kata ini, terbukti mampu mendorong seseorang yang tadinya tidak yakin dengan kemampuannya untuk menyelesaikan sesuatu menjadi bisa! Ya, banyak sekali keajaiban yang diakibatkan kata-kata ini. Seringkali banyak yang pernah curhat ke saya, dan cukup saya pakai kata-kata ini, mereka jadi lebih bersemangat dan BISA!

HAPPY BIRTHDAY!
Percaya ga percaya, orang itu ingin sekali selalu mendapatkan kejutan-kejutan dalam hidupnya. Apalagi saat momen ulang tahun yang cuma setahun sekali. Sebuah ucapan personal yang diucapkan dengan tulus tentang ‘Selamat ulang tahun’ ini, ternyata mampu untuk meninggalkan kesan yang sangat berbekas dalam setiap pribadi orang. Kalau memang tidak mungkin mengucapkannya untuk semua orang, maka cobalah dari orang-orang terdekat, sebagai tanda Anda perhatian terhadap mereka.

CONGRATULATIONS!
Waktu kita hidup itu sangat singkat, mengapa hanya kita habisi dengan ketidaksukaan terhadap kesuksesan orang lain. Ucapkanlah selamat dan apresiasi kepada orang yang melakukan capaian luar biasa! Apresiasi kerja mereka. Jika Anda seorang bos atau pemimpin, maka ucapkanlah selamat dan pujian terhadap hasil kerja mereka terhadap peningkatan sekecil apapun! Banyak sekali mereka yang sudah berprestasi menjadi down karena tidak merasa dihargai sehingga mereka tidak ingin berprestasi lagi.

I’M SORRY
Ketika suatu kesalahan dapat membuat seseorang luka dan sakit hati, maka kata-kata inilah yang dapat menjadi obat sebagai pertolongan pertama alias P3K. Jika memang kita dalam posisi yang salah, mengapa harus gengsi untuk meminta maaf? Gengsi itulah yang terkadang membuat kita jadi seorang yang keras dan tidak ingin mengalah. Orang lebih menghargai mereka yang berani mengakui kesalahan, ketimbang menjadi orang yang tidak pernah salah.

Semoga tulisan ini dapat menginspirasi agar kita menggunakan kata-kata dengan lebih bijak. Apa yang kita tabur, itulah yang kita tuai. Dengan mengetahui kata-kata yang berdampak besar ini, maka akan lebih mudah bagi kita untuk membuat banyak perubahan-perubahan positif dalam hidup kita.

Jakarta, 11 Januari 2011

—————————————————————

Arry Rahmawan, adalah presiden direktur Penerbit Andalusia Media Cendekia, wakil ketua Center for Entrepreneurship Development and Studies Universitas Indonesia, sekaligus praktisi pengembangan SDM. Telah mengantongi ribuan jam terbang sebagai pembicara dan khususnya untuk pelajar dan mahasiswa. Pendiri de’ Rahmawan Group dan Rahmawan Foundation yang bergerak dalam pengembangan pendidikan generasi muda. Untuk menghubunginya silakan kirimkan email ke arry.rahmawan@gmail.com atau follow twitternya di @arry2201

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Rahasia yang harus diketahui untuk Menjadi Pribadi Produktif

Sebagai langkah awal untuk menjadi seorang yang produktif, tentu kita perlu untuk mempelajari apa saja prinsip - prinsip dasar yang biasa dilakukan oleh orang yang memiliki produktivitas di atas rata - rata. Ebook ini akan menjelaskan kepada kamu tentang bagaimana cara menjadi seorang yang produktif dengan cara sederhana dan menyenangkan. Cukup masukkan nama dan alamat email kamu di bawah ini untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! :)

100% Aman dan Bebas SPAM. Link Download akan Dikirim Via Email.

About Arry Rahmawan

Arry Rahmawan merupakan pelatih dan pembicara publik di bidang pengembangan potensi, kewirausahaan, dan life skills. Menamatkan pendidikan formal S1 Teknik Industri Universitas Indonesia dengan kekhususan rekayasa sistem, pemasaran industri, dan service excellence. Saat ini mengenyam pendidikan S2 di Jurusan yang sama dengan kekhususan dinamika bisnis dalam organisasi. 6 buah buku telah ditulisnya, dan buku terakhirnya berjudul Studentpreneur Guidebook (GagasMedia) merupakan buku best-seller nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Konsultasi Gratis
Pesan kamu sudah dikirim! Terima kasih :)



3 + 7 =