High Performance Me

Keuntungan Memelihara Tali Silaturahmi (Writing Challenge #5)

Written by Arry Rahmawan

Tahukah Anda Keuntungan Bagi Orang yang Memelihara Tali Silaturahminya?

Sahabat pembaca blog ArryRahmawan.Net, hari ini saya sudah sampai di salah satu kota yang paling saya sukai : Jogjakarta! Yuhuu! Saya selalu kangen banget nih untuk bisa pergi dan berkunjung ke kota ini. Beberapa program yang pernah saya gagas di masa lalu juga pernah saya kembangkan di sini, salah satunya adalah Komunitas TDA Kampus Jogjakarta dan Program Young Trainer Academy.

Walaupun sebenarnya jadwal saya untuk membawakan cara berbisnis sambil kuliah itu besok Sabtu (10/10), namun kali ini saya menyengajakan diri untuk datang lebih awal, yaitu Jumat pagi. Selain saya ingin menjaga stamina saat mengisi acara agar fit, saya juga ingin bersilaturahmi dengan beberapa rekan dan sahabat dekat saya yang ada di Jogjakarta.

Saya ingin menceritakan sedikit tentang kekuatan silaturahmi.

Tadinya saya berencana untuk merogoh kocek pribadi untuk menginap, namun saat sahabat – sahabat saya tahu bahwa saya ingin ke Jogjakarta pada hari ini, mereka segera menghubungi saya. Mereka bertanya kapan kereta saya tiba di stasiun, saya menginap di mana, dan selama di Jogja bersama siapa. Lalu saya jawab jujur saja bahwa sebenarnya saya sengaja untuk datang lebih awal, ingin menikmati kota Jogjakarta. Jujur saya belum menyiapkan segala transportasi dan akomodasi untuk berjalan – jalan ini, menginap saja bingung. Hehe…

Namun, sahabat – sahabat saya ini langsung menghubungi saya bahwa di hari Jumat dan Sabtu ini mereka sudah meluangkan waktu mereka untuk saya! Mereka mengosongkan agenda mereka, mereka menjemput saya di stasiun, mentraktir saya sarapan (saya tiba di stasiun pukul setengah 7 pagi), membawa saya jalan – jalan menikmati Kota Jogjakarta, mentraktir saya makan siang, dan menyediakan saya tempat kamar khusus untuk menginap. Semua saya dapatkan secara gratis! Hal – hal yang tadinya membuat saya berpikir akan merogoh kocek dalam, ternyata bisa saya dapatkan dengan cuma – cuma.

Sungguh saya merasa sangat bersyukur dan mendapatkan bukti nyata dari buah memelihara silaturahmi. Benarlah apa kata Rasulullah, bahwa orang yang memelihara silaturahmi akan dipanjangkan umurnya dan juga ditambahkan rezekinya. Memang benar – benar dahsyat.

Pada tulisan kali ini, saya ingin memperkenalkan kepada Anda sahabat – sahabat saya yang telah menjamu saya dengan begitu baik selama di Jogjakarta. Mereka sudah saya anggap seperti saudara saya sendiri bahkan. Mereka adalah Mbak Sevi, Mas Jek, dan Mas Iwan.

Awal perjumpaan saya dengan mereka bertiga diawali dari sebuah event pembukaan Komunitas TDA Kampus Jogjakarta di UIN Sunan Kalijaga, Jogjakarta pada Bulan Desember 2012. Di situlah kemudian saya mengenal mereka bertiga. Di event tersebut, saya ‘membimbing’ mereka bagaimana caranya membentuk dan menjalankan organisasi kewirausahaan untuk pemuda. Biasanya, saat saya membimbing pembukaan komunitas baru di wilayah tertentu, selanjutnya komunikasi akan dijaga secara online atau melalui WhatsApp.

Hal yang membuat saya salut dengan mereka bertiga adalah, selang beberapa bulan kemudian mereka berinisiatif untuk mengunjungi saya yang ada di Jakarta. Atau, setiap mereka ada event yang menyebabkan mereka ke Bandung atau Jakarta, mereka selalu menyempatkan diri untuk bertemu dengan saya. Apa yang kita lakukan mungkin bisa dilihat sebagai suatu hal yang sepele, yaitu makan – makan dan mengobrol singkat. Tetapi, hal ini begitu membekas di hati saya. Soalnya, saya jarang sekali menemukan orang yang seperti ini,

Orang kok ya rela datang jauh – jauh dari Jogja dan menyempatkan diri mengagendakan berjumpa dengan saya? Padahal saya tahu jadwal trip mereka di Jakarta juga sangat padat. Pernah juga bahkan saat mereka ke Jakarta (jauh – jauh datang dari Jogja), saat jadwal saya begitu sibuk justru mereka yang nyamperin saya ke Universitas Indonesia tempat saya mengajar.

Dari sinilah saya kemudian bisa merasakan betapa pentingnya menjaga tali silaturahmi yang telah tercipta. Diri kita mungkin saat ini sering menjalin tali silaturahmi baru dengan memanfaatkan berbagai perkembangan teknologi yang ada. Tetapi, saya benar – benar merasakan bahwa menjadi orang yang ‘dijaga’ tali silaturahmi nya dengan orang lain ini sangat membahagiakan diri saya. Menariknya, dalam rentang waktu 2012 – 2015 ini, walaupun kita dipisahkan oleh jarak, namun secara kekuatan silaturahmi justru semakin erat.

Maka dari itu, sesibuk apapun diri saya apabila bisa saya akan menyempatkan untuk mendengarkan curhat, cerita, atau sekedar obrolan di sela – sela waktu saya. Saya juga tidak sungkan memberikan berbagai macam saran untuk mereka.

Akhirnya, seiring berjalannya waktu terciptalah berbagai macam kolaborasi positif dari hasil silaturahmi kami. Beberapa di antaranya adalah berhasilnya program Young Trainer Academy di selenggarakan di Kota Jogjakarta. Salah satu keberhasilannya adalah berkat ketiga sahabat saya ini. Bahkan Young Trainer Academy di Jogja bisa diselenggarakan sebanyak 2 angkatan. Mantap!

Satu lagi, baru saja tadi saya ngobrol – ngobrol dengan ketiga sahabat saya ini bahwa ke depannya insyaAllah kami akan meluncurkan komunitas baru yang kami beri nama Komunitas Mari Berbagi (Mari Berbagi Community). Komunitas Mari Berbagi ini adalah sebuah komunitas sebagai tempat ajang belajar dan sharing bagi anggotanya dalam rangka membentuk insan Indonesia yang dia tidak hanya memiliki kapasitas ilmu yang dalam, tetapi juga memiliki keberanian untuk berbagi ilmu untuk mencerdaskan orang lainnya.

Dan pada hari ini, tepat pada tanggal 9 Oktober, saya berkesempatan langsung untuk melihat acara soft launching nya. Jujur, hari ini adalah hari yang menurut saya sangatlah panjang. Mulai dari dijemput, dijamu, diajak jalan – jalan, hingga adanya soft launching Mari Berbagi Community ini. Penasaran seperti apa bentuknya? InsyaAllah tidak akan kalah, atau bahkan bisa melebihi Komunitas TDA Kampus yang saya gagas sebelumnya. Tunggu grand launching nya pada Bulan November 2015! So, pantengin terus blog ini untuk informasi lebih lanjutnya, hehehehe….

Apakah Anda memiliki pengalaman menarik saat menjaga tali silaturahmi? Yuk, silakan ceritakan kisah Anda pada kotak komentar di bawah ya!

Semoga bermanfaat, salam CerdasMulia!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen serta peneliti di Universitas Indonesia mengenai inovasi, kewirausahaan, dan strategi bisnis yang senang berbagi pengetahuan dan pengalaman yang dimilikinya. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!