High Performance Me

Kunci-Kunci Percepatan Bisnis

Written by Arry Rahmawan

Saya ingat sekitar 5 tahun yang lalu saya adalah orang yang hanya suka menjual sesuatu untuk bisa menambah uang untuk jajan. Saya memulainya dengan berjualan makanan ke kelas-kelas, membuka bisnis jual beli website, mengikuti bisnis internet marketing, yang hanya saya lakukan sambilan saja karena hanya ingin uang jajannya, hehe.

Pada waktu itu saya tidak menyangka bahwa kebiasaan-kebiasaan itu akan mengantarkan saya untuk bisa membuat sebuah bisnis yang menguntungkan. Waktu itu, tahun 2010 di mana perusahaan pelatihan yang saya bangun, CerdasMulia Leadership and Training Center resmi didirikan. Kliennya belum ada sama sekali, namun kami hanya ingin agar bisa memberikan value yang lebih terhadap para pelajar dan generasi muda Indonesia agar bisa memanfaatkan potensi terbaiknya. Modal nekat. Awalnya saya berjuang sendirian, mengirimkan proposal dari satu sekolah ke sekolah lainnya. Hingga akhirnya saat ini dengan 4 anggota manajemen inti dan 5 orang trainer, CerdasMulia sudah memiliki banyak klien dan pelanggan yang berasal dari institusi/lembaga dan bahkan korporat. Hampir setiap saat kami menerima tawaran – untuk memberikan pelatihan di berbagai kota di Indonesia. Proyeknya tidak lagi bernilai ratusan ribu atau juta, tapi puluhan dan ratusan juta rupiah.

Sungguh perjalanan 3 tahun ini memberikan banyak kecukupan kepada saya – alhamdulillah – secara materi. Belum lagi kemudian saya menulis buku Studentpreneur Guidebook yang diterbitkan secara nasional untuk memandu anak muda yang ingin memulai bisnisnya sedini mungkin. Saya sudah kebal terhadap orang yang kaget, apalagi klien yang baru pertama kali bertemu, bahwa saya masih seorang bocah ingusan berusia 22 tahun.

Ingusan, tetapi alhamdulillah sudah memiliki kecukupan untuk menghidupi diri sendiri. Cukup untuk memberikan kontribusi dan peluang kerja buat orang lain, memberi inspirasi melalui ribuan tulisan di berbagai pelatihan, media massa, buku – buku, and…. I’m still young! ^^

3 tahun transformasi dan saat ini masih terus berkembang. Tentu ada yang bertanya bagaimana saya di usia 22 tahun sudah memiliki bisnis yang settle, bisa bekerja di tempat yang sesuai dengan passion dan interest, memberikan inspirasi dan pelatihan bisnis di berbagai kota, masih sempat-sempatnya menulis artikel dan buku-buku, dan sekarang saya adalah mahasiswa pascasarjana – sambil menjadi dosen tamu muda di beberapa sekolah bisnis dari kalangan praktisi.

Banyak orang menganggap saya gila bagaimana semuanya bisa dicapai (hahahaha…). Tulisan ini akan membocorkan beberapa rahasia dari kunci-kunci percepatan bisnis yang saya lakukan. Hal apa yang sudah saya dapatkan, saya rasa perlu untuk membaginya kepada Anda.

Melibatkan Tuhan

Saya selalu ditanya oleh beberapa peserta seminar, “Kak, takut ga sih kalau usaha bangkrut?”. Saya selalu menjawab “tidak”, karena menurut saya bisnis saya merupakan titipan dari Tuhan dan bukan milik saya. Saya menjadi seperti sekarang ini atas berkah dan karunia Tuhan. Tugas kita hanyalah menjaga, menjalankan, dan memastikan dengan sebaik-baiknya bahwa titipan ini dirawat dengan jalan yang diridhoi Nya. Luruskan niat, berbisnis itu untuk pengabdian. Kepada siapa? Tentu kepada Tuhan. Jika bisnis yang kita bangun dan jalankan itu sebagai bentuk perpanjangan tangan Tuhan kepada kita, pasti Tuhan akan menjaga bisnis kita.

Doa Orang Tua

Teknologi yang semakin berkembang kadang membuat yang dekat jadi jauh, dan jauh jadi dekat. Saya dulu pernah mengalami hal ini di mana berdiskusi dengan orang tua rasanya jarang sekali. Sehingga, frekuensi antara cita-cita pribadi dan keinginan orang tua pun tidak seirama. Dunia berubah sejak saya mendiskusikan langkah-langkah saya membangun bisnis kepada orang tua. Ibu dan ayah setuju, didoakan, dan alhamdulillah selanjutnya banyak terjadi percepatan yang tidak dikira-kira. Luar biasa.

Meningkatkan Ibadah

Salah satu pengusaha yang saya kagumi, pemilik Simply Fresh Laundry yang outletnya sudah ratusan di seluruh kota pernah berkata seperti ini, “Kalau untuk meeting dengan klien saja kita bisa berjam-jamnya, mengapa meeting dengan Allah tepat waktu selama 15 menit sulit sekali? Layak jika sewaktu-waktu Allah ambil bisnisnya.”

Saya langsung merasa tersindir karena saya adalah orang yang kira-kira masih seperti itu. Ibadah pun ditingkatkan. Semakin ditingkatkan, sesungguhnya bukan waktu kita semakin berkurang untuk bisnis, namun Allah akan menjaganya dan menumbuhkannya dengan lebih banyak dan cepat.

Sedekah

Jika yang ini sepertinya pembaca tentu sudah lumrah. Saya membiasakan diri untuk mengaudit berapa uang yang saya miliki di akhir bulan, 10% nya saya sedekahkan sebesar apapun itu. Ini di luar zakat fitrah, maal, dan kurban tentunya.

Memperbanyak Silaturahim

Kita boleh sibuk dengan bisnis kita masing-masing, namun sediakanlah waktu untuk bersilaturahim ke berbagai orang agar bisa memberikan banyak percepatan bisnis, terutama dengan belajar dari pengalamannya. Orang bilang kalau pebisnis itu harus merasakan gagal, menurut saya pebisnis yang mengalami kegagalan yang sama dengan yang sudah dilakukan orang adalah pebisnis yang merugi – rugi harta dan waktu.

Meminta kepada Tuhan

Saya semakin yakin mereka yang memiliki bisnis yang bertahan lama dalah mereka yang menanamkan spiritualitas tinggi dalam bisnisnya dan yang paling penting adalah berani meminta kepada Tuhan (berdoa) agar bisnis selalu berkah dan berkembang.

Jika kita shalat atau beribadah lainnya, sudahkah kita coba untuk berdoa dengan khusyu’ dan percaya bahwa doa kita pasti dikabulkan?

Jika Anda merasa bahwa tulisan di atas bermanfaat, maka jangan sungkan untuk mengungkap semua rahasia membuka bisnis sejak masih muda dalam buku terbaru saya, STUDENTPRENEUR GUIDEBOOKKlik di sini untuk memesan, atau Anda dapat membeli langsung di toko buku terdekat di kota Anda.

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Bidang keilmuan peminatannya adalah kewirausahaan, inovasi, dan strategi bisnis. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!