Life Productivity

Kunci Meningkatkan Produktivitas Kerja

Banyak pertanyaan masuk ke email pribadi saya tentang bagaimana meningkatkan produktivitas kerja kita, baik kita masih mahasiswa, sudah berkarir, atau memiliki peran lainnya. Banyak yang bertanya bagaimana produktivitas itu bisa terus dijaga, mengingat aktivitas saya saat ini sebagai seorang pemilik bisnis, mahasiswa pascasarjana, ketua beberapa komunitas baik lokal maupun nasional, dan juga masih akti menulis buku dan blog. Bagaimana membagi waktunya? Dengan waktu yang hanya 24 jam sehari, mungkinkah itu semua dilakukan?

Jawabannya tentu saja mungkin karena saya sudah mencobanya. Beberapa kunci produktivitas penting sudah saya tulis dalam buku saya yang bisa Anda download secara gratis, SimplyProductive. Dari sekian banyak prinsip yang ada, berikut ini adalah beberapa kunci produktivitas kerja paling penting menurut saya. Jika Anda mengikuti prinsip ini, insyaAllah pekerjaan Anda baik secara kualitas maupun kuantitas akan meningkat.

Kunci #1: Miliki Target dan Goals yang Jelas, Selesaikan Berdasarkan Prioritasnya

Kunci pertama ini mewajibkan kita semua untuk ‘menuliskan’ apa yang kita ingin capai dalam hidup ini, suka maupun tidak suka diri kita dengan menulis, hehe. Banyak orang ingin mencapai hidup produktif, namun tidak tahu apa yang ingin dicapai. Saran saya, ambil 1-2 lembar kertas kemudian buat 3 kolom. Kolom pertama berisi Big Goals (yang harus Anda capai lebih dari 5 tahun), Objectives (yang harus Anda capai 2-3 tahun untuk mendapatkan Big Goals), dan Targets (yang harus Anda lakukan dalam 1 tahun untuk mencapai objectives). Menjadi lebih jelas bukan apa yang ingin Anda capai? Saya membagi kertas menjadi 4, pertama adalah peran saya sebagai direktur CerdasMulia, kedua adalah peran saya sebagai mahasiswa pascasarjana, ketiga adalah peran saya sebagai ketua organisasi/komunitas dan terakhir adalah peran saya sebagai seorang penulis.

Kunci #2: Fokus pada Hasil Akhir

Kunci produktivitas kedua saya adalah fokus pada hasil akhir, bukan pada lamanya kita mengerjakan tugas. Dari goals yang Anda tuliskan di atas, sudahkah fokus pada hasil akhir? Contoh fokus pada hasil akhir adalah, misalnya sebagai seorang penulis saya harus menghasilkan 2 artikel blog setiap hari (hasil akhir), bukan menulis 2 jam sehari (tidak ada hasil akhirnya). Hal ini pun sama dengan membaca, misalnya. Fokuskan pada berapa halaman atau berapa buah buku yang Anda baca (hasil akhir), bukan pada berapa lama Anda membaca bukunya. Prinsip ini saya terapkan juga di CerdasMulia, di mana para staf manajemen dan trainer tidak perlu berada di kantor full time, namun yang paling penting adalah pekerjaan mereka beres dengan cepat. Fokus pada hasil akhir ini dapat membuat kita semakin cepat mengerjakan sesuatu, cobalah.

Kunci #3: Jangan Menghabiskan Waktu pada Hal-Hal Kecil

Memang pada saat perjalanannya nanti, kita akan banyak bertemu dengan hal-hal menggoda yang membuat kita menjauh dari target-target kita. Beranilah berkata tidak, jika memang harus terhadap hal-hal yang tidak sesuai atau inline dengan apa yang kita cita-citakan. Selain itu, mulailah untuk belajar mendelegasikan sesuatu kepada orang lain terkait hal-hal kecil, penting, namun menguras waktu kita. Sebagai contoh, saya kewalahan mengatur jadwal pelatihan, kuliah, meeting, dan lain sebagainya, namun saya tidak ingin waktu saya habis mengurus hal ini. Maka, saya merekrut asisten pribadi yang khusus mengatur jadwal saya sehingga hal-hal seperti itu tetap bisa berjalan tanpa harus mengganggu aktivitas lain yang dampaknya lebih besar terhadap goals dan target saya.

3 kunci ini menurut saya sederhana, dan bisa Anda coba untuk mendongkrak produktivitas hidup Anda.

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

*Anda ingin request tips dan trik bisnis untuk memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi? Silakan tinggalkan komentar Anda. Temukan artikel berkualitas seputar tips pengembangan bisnis, karier dan pencapaian hidup di ArryRahmawan.net setiap harinya.Klik di sini untuk mendapat kiriman artikel langsung ke email Anda. Gratis!

GRATIS! Ayo Gabung di Komunitas Indonesia Berpijar!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen serta peneliti di Universitas Indonesia mengenai inovasi, kewirausahaan, dan strategi bisnis yang senang berbagi pengetahuan dan pengalaman yang dimilikinya. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!