High Performance Me

7 Kunci Sukses Bisnis ala Komunitas Tangan Di Atas (TDA)

Sudah kurang lebih 2 tahun saya bergabung di Komunitas Tangan Di Atas (TDA), sebuah komunitas bisnis yang menurut saya berbeda daripada komunitas yang lain. Saat komunitas bisnis lainnya senantiasa mengedepankan profit dan berorientasi pada uang dan materi semata, justru yang saya dapatkan di TDA adalah pengembangan karakter dan spiritualitas yang harus mendasari seseorang melakukan bisnis. Dengan semangat berbagi yang tinggi, TDA mengajarkan pada anggotanya untuk menjadi wirausahawan tangguh yang mencerahkan dan memiliki kontribusi positif bagi peradaban.

Inilah yang kemudian mendasari saya dan beberapa teman untuk menggagas komunitas TDA Kampus, sebuah komunitas yang mengadopsi nilai-nilai TDA namun dikembangkan khusus untuk mahasiswa. Satu hal yang saya suka dari pengusaha TDA adalah mereka terlihat sederhana, tidak banyak bicara, tetapi bisnis dan kontribusinya di mana-mana. 6 tahun berdiri, saat ini TDA memiliki lebih dari 20.000 simpatisan di lebih dari 20 wilayah di Indonesia. Apa sih kunci-kunci sukses bisnis ala Komunitas TDA ini?

Kunci sukses ini saya sarikan dari buku Keajaiban Tangan Di Atas yang ditulis langsung oleh founder TDA yaitu Pak Badroni Yuzirman dan Pak Iim Rusyamsi. Ada 7 rahasia sukses bisnis ala komunitas TDA dan menurut saya bisa diterapkan untuk bisnis Anda,

#1: REASON

Apa alasan Anda memiliki bisnis? Apa yang mendasari Anda untuk membuka usaha? Sekedar ikut-ikutan, mengejar materi, atau memang ada alasan lain yang kuat yang mengharuskan Anda berbisnis? Salah satu kunci keberhasilan dalam usaha adalah di saat mereka mampu menjawab pertanyaan ‘big why‘ mengapa mereka membuka usaha. Kalau menurut saya pribadi, untuk memiliki bisnis yang sustain, setiap orang harus memiliki spiritual reason yang jelas sesuai dengan tujuan hidupnya.

#2: BELIEF

Jika kita berpikir bisnis kita tidak akan sukses, maka hasilnya tidak akan sukses. Begitu juga jika kita yakin kita berhasil, maka kita berhasil menjalaninya. Meyakini pola pikir dan perasaan kita dapat menentukan bagaimana kita bersikap dan bertindak yang pada akhirnya akan mempengaruhi nasib kita. Hati-hati dengan keyakinan yang tumbuh dalam diri Anda. Arahkan dan pastikan untuk selalu mengisi diri dengan keyakinan yang positif.

#3: DREAMS

Bagaimanakah blueprint dari bisnis Anda? Layaknya seorang arsitek yang ingin membangun rumah, maka harus ada blueprint yang menggambarkan seperti apa jadinya rumah yang akan dibuat nanti. Sama seperti bisnis, sudahkah Anda memiliki arah dan visi yang jelas tentang bisnis Anda hingga 1, 2, 5, bahkan 10 tahun yang akan datang?

#4: STRATEGY

Strategi berbicara masalah teknis tentang pemetaan langkah, cara, dan rencana yang bisa dilakukan untuk menjemput impian. Setelah mimpi dibuat dengan jelas dan blueprint bisnis sudah terbentuk, saatnya membentuk perencanaan yang lebih detil dan teknis. Saya tidak percaya dengan mereka yang mengatakan bahwa pengusaha tidak perlu untuk mengetahui seluk beluk bisnis dengan detil. Menurut saya, justru setiap pengusaha harus mampu menguasai hal detil agar bisa menyusun strategi yang tepat untuk mengembangkan bisnisnya. Mulai dari analisa keuangan, perancangan model bisnis, perekrutan karyawan, analisa pasar, dan lain sebagainya.

#5: ACTION

Tindakan aksi merupakan jiwa dari Komunitas TDA. Dengan aksi kita merealisasikan berbagai konsep dan strategi dalam bentuk nyata. Ingat selalu prinsip 4AS dalam beraksi: kerja kerAS, cerdAS, ikhlAS, dan tuntAS.

#6: PERSISTENT

Persistent berarti kegigihan, pantang menyerah, dan disiplin. Jika bisa melakukan hal ini, maka onak dan duri tidak berarti apa-apa. Tidak ada yang mengatakan bahwa membuka bisnis itu mudah. Banyak tantangan dan ketidakpastiannya. Namun di balik itu semua, terdapat kebebasan dan keberlimpaan tanpa batas yang menunggu. Siapkah menghadapi tantangan yang ada?

#7: PRAY

Doa diperlukan untuk mengiringi langkah kita. Do Your Best and Let God Do The Rest. Berdoa walaupun diletakkan di kunci terakhir bukan berarti yang paling tidak penting. Dengan berdoa, berarti kita melibatkan kekuatan Allah di dalamnya. Apa yang tidak mungkin bagi Allah untuk mewujudkan sesuatu? Jika memang kita orang yang beriman, sudah pasti berdoa adalah senjata ampuh untuk memuluskan langkah bisnis Anda dalam lingkaran ridho Nya.

Yap, itulah 7 kunci sukses bisnis ala Komunitas TDA. Silakan dapatkan buku “Keajaiban Tangan Di Atas” terbitan Qultummedia untuk mengetahuinya lebih lanjut tentang komunitas ini. Oh iya, satu lagi. TDA punya acara “Pesta Wirausaha 2013” yang insyaAllah diselenggarakan tanggal 8-10 Februari di JIEXPO, silakan daftar jika ingin melihat betapa besarnya Komunitas yang menjunjung tinggi kesederhanaan ini.

Bagaimana menurut Anda?

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Bidang keilmuan peminatannya adalah simulasi bisnis, business model innovation, dan entrepreneurship development.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0856 4087 9848 (Melinda) atau email ke arryrahmawan@ui.ac.id.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!