Innovation & Entrepreneurship

Mau Belajar Bisnis? Buka Saja PortalStudentpreneur.com!

Klub Facebook PortalStudentpreneur.com
Written by Arry Rahmawan

Senang sekali rasanya geliat kewirausahaan mulai tumbuh di kalangan anak – anak muda, khususnya mahasiswa. Mereka berlomba dan bercita – cita memiliki bisnis mereka sendiri. Saya menamakan mereka sebagai studentpreneur.

Mereka menggantungkan impian, mencoba untuk menjadi seorang yang berbeda dibandingkan orang kebanyakan. Di saat teman – teman mereka berpikir setelah kuliah nanti ingin kerja di mana, para studentpreneur justru saat ini sedang berjuang agar mereka bisa membuka lapangan pekerjaan saat mereka lulus kelak.

Bagi anak muda kebanyakan, meminta uang saat sudah kuliah itu masih wajar. Segala biaya kos – kosan, fasilitas, uang kuliah, dan jajan sehari – hari semua masih dibebankan kepada orang tua. Namun, untuk para studentpreneur justru mereka saat ini ingin membuat orang tua mereka bangga karena mereka bisa mandiri dan membiayai segala kebutuhan hidup mereka sendiri.

Bagi anak muda kebanyakan, saat kuliah mungkin masih waktunya senang – senang, foya – foya, serta menikmati masa muda. Sementara bagi studentpreneur, mereka mencoba untuk menempa diri dengan kedisiplinan tinggi agar impian mereka tercapai secepat mungkin.

Saya sendiri merasakan betapa menjadi studentpreneur sewaktu saya kuliah dulu betul – betul menantang. Waktu itu, saya  membuka bisnis pelatihan CerdasMulia Institute sambil menyelesaikan kuliah S1 dan S2 di Universitas Indonesia. Dulu jumlah entrepreneur muda belumlah sebanyak sekarang, dan akses untuk belajar bagaimana memulai bisnis sejak muda adalah sesuatu yang langka.

Karena  latar belakang tersebut, pada Oktober 2013 lalu saya menerbitkan sebuah buku yang berjudul Studentpreneur Guidebook. Buku itu sengaja saya tulis untuk memandu anak – anak muda (khususnya yang masih sekolah / kuliah) yang ingin memulai bisnis sejak muda. Namun, bukan hanya memulai bisnis, tetapi mereka juga harus ‘bertanggung jawab’ dalam kehidupan akademik mereka.

Di buku tersebut, saya menjelaskan bahwa berbisnis bukan hanya perlu ‘action’, tetapi juga ada ilmunya. Berbisnis itu memiliki pola – pola, bukan hanya modal nekat dan berani mengambil risiko untuk bangkrut.

Sayangnya, banyak anak – anak muda yang akhirnya kesulitan menemukan buku – buku semacam itu. Bahkan, buku Studentpreneur Guidebook saat ini peredarannya sudah sangat terbatas (Anda masih bisa mendapatkannya di Gramedia Margonda, Depok). Lalu, di mana para studentpreneur bisa belajar untuk bisa mengembangkan bisnis sambil kuliah?

Jawabannya, Anda dan anak muda Indonesia bisa belajar di PortalStudentpreneur.com! PortalStudentpreneur.com adalah platform belajar bisnis untuk anak muda yang saya kembangkan bersama tim berbasis buku Studentpreneur Guidebook.

Di PortalStudentpreneur.com, Anda bisa mempelajari berbagai macam tips dan trik bisnis untuk beragam kategori. Seperti misalnya belajar pola pikir / mindset, pemasaran, penjualan, pembuatan produk, branding, bahkan kepemimpinan dan SDM! Semua tips dan trik tersebut bisa Anda akses secara gratis!

Tampilan Muka PortalStudentpreneur.com

Tidak hanya itu saja, dengan mengakses PortalStudentpreneur.com, Anda pun bisa mengunduh ebook bagaimana membuat perencanaan bisnis yang efektif yang saya tulis bersama istri dan sahabat saya. ebook tersebut bisa Anda unduh secara gratis, dan bisa Anda gunakan untuk menyusun business plan yang menjual sehingga investor mau mengeluarkan uangnya untuk mendanai bisnis Anda.

Slide1

PortalStudentpreneur.com juga memiliki Klub Studentpreneur Indonesia, sebuah club online berbasis Facebook yang mengumpulkan berbagai studentpreneur Indonesia. Di klub tersebut, Anda bisa saling berdiskusi serta bertukar tips dan trik bisnis yang Ana miliki. Anda juga bisa mengakses berbagai macam arsip tips dan trik membangun bisnis yang tidak Anda temukan di tempat lain.

Klub Facebook PortalStudentpreneur.com

Jadi, tunggu apalagi? Buat Anda yang ingin belajar bisnis, atau kamu yang ingin menjadi pengusaha pelajar, segera perkaya ilmu kamu dengan berlangganan di PortalStudentpreneur.com, sebelum Anda keduluan dengan kompetitor Anda.

Semoga bermanfaat untuk membuat bisnis Anda semakin bertumbuh dan berdampak!

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan memiliki impian menjadi pendidik inovatif dan berdampak untuk memaksimalkan potensi sumber daya manusia Indonesia. Aktivitasnya saat ini adalah sebagai dosen di Universitas Indonesia, pengembang pembelajaran kreatif di SignifierGames.com, dan konseptor pelatihan inovatif di CerdasMulia Institute.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!