Life Productivity

Membangun Pribadi yang Produktif

Membangun pribadi yang produktif merupakan hal yang diinginkan banyak orang. Produktif artinya adalah mampu untuk memanfaatkan potensi diri yang kita miliki sehingga kita bisa menghasilkan seusatu. Menjadi pribadi produktif tentu saja membuat Anda lebih banyak menghasilkan sesuatu dibandingkan orang lain. Lebih banyak capaian-capaian yang bisa Anda raih dibandingkan orang lain. Lebih banya prestasi dan karya-karya yang bisa Anda hasilkan dibandingkan orang lain. Dalam tulisan ini akan dibocorkan tips dan trik bagaimana membangun pribadi yang produktif.

Semakin banyak hal yang bisa Anda hasilkan dan tinggalkan untuk dunia, semakin panjang usia Anda. Saya mengambil contoh para ulama shalih zaman dulu terkait produktivitas hidup mereka yang luar biasa.

Contoh dari mereka yang produktif:

  • Imam Jalaluddin as-Suyuti dikabarkan telah menulis buku lebih dari 600 jilid sepanjang hidupnya
  • Imam Ibnu Taimiyah dikabarkan telah menulis 500 jilid buku sepanjang hidupnya
  • Imam Abu Bakar al-Anbari dikabarkan telah menulis lebih dari 400 jilid buku di sepanjang hidupnya.

Saya mengambil contoh dari orang-orang yang memang luar biasa memanfaatkan waktu mereka untuk mencapai produktivitas tertinggi. Bagaimana dengan kita? Jika kita mengambil konteks menulis, seharusnya tidak ada alasan produktivitas melemah karena sekarang akses informasi sudah semakin mudah dengan internet dan menulis sudah semakin cepat dan mudah dengan adanya komputer.

Jadi, apa asyiknya menjadi seorang yang produktif?

  1. Anda bisa menghasilkan lebih banyak karya, manfaat, dan kebaikan di dunia ini sebelum Anda dipanggil kembali oleh yang Maha Kuasa
  2. Hidup menjadi lebih semangat untuk berkarya dan akan memanfaatkan hidup dengan sebaik-baiknya
  3. Usia akan lebih panjang dari umur Anda di dunia. Ya, sebagai contoh adalah Steve Jobs yang sudah meninggal dan sudah tiada di dunia ini. Apakah orang masih mengingatnya? Ya, bahkan anak cucunya pun pasti akan mengenangnya sebagai orang hebat dan legenda dalam bidang teknologi dengan menciptakan Apple.
  4. Dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Waktu yang Anda miliki terbatas dan dengan menjadi produktif, Anda tahu bagaimana cara menggunakannya.
  5. Meraih kehidupan yang lebih seimbang dan prestatif. Prestasi dan capaian naik, potensi lebih tergali maksimal, dan hidup Anda menjadi tidak biasa.
  6. Dan lain sebagainya, masih banyak lagi loh!

Seringkali orang menginginkan sesuatu namun tidak memiliki alasan yang kuat untuk memperjuangkannya. Maka dalam prinsip utama ini, untuk membentuk sebuah pribadi yang produktif, diri kita harus tahu dan memiliki alasan kuat yang mendasari mengapa kita harus menjadi produktif. Beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mendapatkan alasan tersebut antara lain:

  • Menyadari bahwa waktu hidup sangat terbatas
  • Bertanya kepada orang yang produktif apa yang melandasi mereka bisa menjadi produktif seperti itu
  • Menjawab pertanyaan untuk apa manusia diciptakan.
  • Bertanya kepada kerabat atau teman mengapa mereka cenderung menghabiskan waktu mereka pada kegiatan yang tidak produktif (untuk mendapatkan sudut pandang yang berbeda)
  • Apa yang terjadi seandainya hidup Anda dihabiskan dalam kesia-siaan tanpa produktivitas sama sekali??

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, bahwa memiliki landasan yang kuat terhadap suatu hal akan memudahkan kita mengejar hal tersebut. Maka pastikan sebelum Anda beranjak ke bab selanjutnya, pastikan Anda sudah memiliki alasan kuat sekuat-kuatnya mengapa harus menjadi pribadi yang produktif. Jika perlu, tuliskan di kertas dan tempel di tempat yang sering Anda lihat agar selalu ada yang mengingatkan diri Anda agar selalu produktif.

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen serta peneliti di Universitas Indonesia mengenai inovasi, kewirausahaan, dan strategi bisnis yang senang berbagi pengetahuan dan pengalaman yang dimilikinya. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!